10 Tempat Wisata Di Lebak Yang Menarik Dan Penuh Budaya

10 Tempat Wisata Di Lebak – Jenuh dengan pekerjaan di kantor, atau anda ingin memanjakan keluarga ? berlibur tentunya pilihan yang sangat tepat. Berbicara tentang wisata setiap orang punya rencana tersendiri di tahun 2017. Selain liburan berwisata juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Kabupaten Lebak bisa menjadi pilihan untuk anda.

Kabupaten lebak, terletak diantara pesisir pantai selan dan taman nasional gunung halimun, kurang lebih 200 Km dari ibukota Jakarta dan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi banten ini memiliki begitu banyak potensi wisata yang diantaranya wisata alam dan budaya. Berikut 10 destinasi wisata di kabupaten lebak yang sangat menarik dan cocok dikunjungi awal 2017 ini.

Inilah 10 Tempat Wisata Di Lebak Yang Perlu Kalian Coba

1. Baduy, salah satu suku yang ada di indonesia

Yang Pertama Tempat Wisata Di Lebak yaitu Baduy. Suku baduy berada di kaki gunung kendeng yang terletak di kecamatan leuwidamar sekitar 40 kilometer dari pusat kota rangkasbitung. Untuk sampai ke tempat tersebut menghabisakan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Suku baduy sendiri terbagi menjadi dua golongan yakni baduy luar dan baduy dalam. Untuk para wisatawan biasanya hanya sampai di baduy luar dikarenakan untuk sampai ke baduy dalam anda harus siap berjalan kaki dengan waktu tempuh 6 jam. Selain itu, baduy dalam yang masih memegang erat hukum-hukum adat sehingga lebih banyak larangan untuk para wisatawan.

2. Goa Sanghiang, pesona keindahan alam

Selepas dari baduy, kurang lengkap rasanya bila kita tidak menikmati keindahan alam di sekitar kabupaten lebak. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan pesona alam yang ada di kabupaten lebak saya rasa berwisata ke goa sangiang sangat cocok. Goa Sangiang ini juga Salah satu tempat wisata di lebak yang menarik bagi wisatawan luar.

Sebenarya goa sangiang sendiri merupakan objek wisata baru yang ada di kabupaten lebak, berada di kecamatan sobang dari rangkasbitung menuju arah kecamatan muncang.

Sebelum sampai ke goa tersebut dalam perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang eksotik. Sungguh perjalanan yang sangat menyenangkan satu tujuan namun dengan dua hasil.

3. Curug cipicung, 

Kalau berbicara keindahan alam tentu curug atau air terjun tidak dapat dipungkiri keindahannya, masih berada di kecamatan sobang kabupaten lebak.

Tepat berada di kawasan taman nasional gunug halimun terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih mencapai 80 meter lebih. Curug cipicung, begitu orang-orang menyebutnya dan tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata di lebak penuh dengan ke indahan alam.

Untuk mencapai tempat wisata ini wisatawan harus rela berjalan kaki sekitar satu jam perjalanan melewati persawahan dan beberapa kali menyebrang sungai cipicung yang mengalir dari curug cipicung. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena usaha anda akan terbayarkan setelah sampai di lokasi.

4. Rafting di Sungai Ciberang

Masih main air, bagi anda yang senang dengan olah raga ektrem, arung jeram bisa menjadi pilihan wisata berikutnya, wisata yang memacu adrenalin ini terletak di bantaran sungai ciberang tepatnya di kampung muhara kecamtan lebak gedong.

Memiliki lintasan 25 kilometer bagi mereka yang hobi tantangan dengan waktu 5 lima jam. Nah untuk pemula disediakn jalur yang lebih pendek sekitar 700 sampai 750 meter. Nikmati pula keindahan taman nasional gunung halimun di sepanjang perjalanan. Tidak disarankan untuk penderita penyakit jantung.

5. Pemandian Air Panas Savana

Tempat Wisata di Lebak berikutnya yaitu Pemandian air panas SAVANA. Untuk menghangatkan diri setelah rafting dan tentunya menghabiskan energi, saatnya memanjakan diri di kolam pemandian air panas savana, berendam di air hangat bukan hanya memberikan rasa rileks tetapi juga dapat memulihkan energi setelah menghabiskan tenaga di sungai ciberang.

Pemandian air hangat yang berjarak hanya beberapa kilometer dari tempat rafting ini tergolong sangat ekonomis, bayangkan saja pengunjung hanya dikenakan tarif hanya Rp. 7.000 per orang.

6. Seba baduy, tardisi nenek moyang

Masih berkaitan dengan suku baduy, seba baduy adalah sebuah tradisi tahunan yang diselenggarakan turun temurun hingga saat ini. Seba baduy sendiri merupakan sebuah wujud pengakuan terhadap pimpinan pemerintahan yang ada di kabupaten lebak bahkan provinsi banten.

Kegiatan yang diikuti oleh hampir seluruh warga baduy khususnya laki-laki ini adalah berkunjung ke pendopo bupati rangkasbitung dan gubernur di serang dengan memba beragam hasil pertanian dengan berjalan kaki.

Untuk dapat menyaksikan kegiatan seba baduy ini disarankan berkunjung pada sekitar bulan april, bagi wisatawan luar daerah kabupaten lebak. Bagi mereka yang menyukai tantangan bisa mengikuti prosesi seba baduy ini dengan berjalan kaki dan silahkan rasakan sendiri sensasinya.

7. Seren Taun, 

Satu lagi wisata budaya yang patut anda kunjungi di kabupaten lebak yaitu seren taun. Seren taun yang berarti tasyakuran atas hasil panen yang melimpah ini biasa dilaksanakan di beberapa kasepuhan yang ada di kabupaten lebak, tetapi yang lebih popular yakni seren taun yang ada di kasepuhan cisungsang.

Cisungsang sendiri terletak di sebelah selatan kabupaten lebak, jarak dari rangkasbitung kota krang lebih 153 kilometer dengan waktu tempuh 4 jam 30 menit dari pusat kota. Jadi untuk para wisatawan disarankan untuk menginap beberapa malam disana.

8. Kebun Teh Cikuya

Mungpung masih di ujung selatan Kabupaten Lebak, pastikan anda mapir ke kampung Cikuya, desa Hegarmanan Kecamatan Cibeber. Sebab di daerah ini terdapat perkebunan teh yang dikelola oleh PT. Harendong Green Farm.

kebun teh seluas 40 hektar ini berada diketinggian 700 sampai 1200 MDPL, tentunya ini bisa dikatakan sebagai puncaknya orang Lebak. Kebun teh ini biasa di sebut kebun teh Cikuya. Tempat ini juga termasuk tempat wisata di lebak yang sering di kunjungi.

9. Tanjung Layar Sawarna, 

Bersebelahan dengan Kecamatan Cibeber terdapat sebuah kecamatan yaitu Kecamatan Bayah, Kecamatan Bayah sendiri memiliki banyak pantai yang sangat indah untuk dikunjungi salah satunya adalah Pantai Tanjung Layar sawarna.

Terdapat batu karang yang menyerupai layar yang kemudian di sebut dengan Pantai Tanjung Layar, serta ombak besar yang identik dengan pantai di daerah selatan, menjadikan pantai ini layak untuk dikunjungi. selain itu jika anda berkunjung di waktu senja, anda akan disajikan dengan sunset yang sangat menggoda. Nah inilah salah satu tempat wisata di lebak yang banyak di gemari masyaraktnya.

10. Pantai Bagedur

Bukan hanya Bayah, di Kecamatan Malingping pun termasuk salah satu tempat wisata di lebak yang padat di kunjungi wisatawan lokal. Karena terdapat pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Bagedur, pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat luas, pengunjung biasanya memanfaatkannya untuk bermain bola pantai.

Keunikan lain disini yaitu ketika pantai tidak banyak dikunjungi wisatawan, di hamparan pasir tersebut kita bisa menyaksikan beberapa warga sekitar mencari kerang yang terbawa ombak ke bibir pantai.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Lebak yang bisa dikunjungi. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat berlibur di Kabupaten Lebak.

Leave a Reply