10 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

10 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak– Laptop telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi beberapa orang, lebih-lebih bagi para pekerja kantoran maupun pelajar. Bahkan masyarakat umum pun kini mulai mahir menggunakan laptop. Namun, tidak banyak orang yang mengerti bagaimana cara perawatan laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

Pada saat ini mungkin banyak laptop yang harganya memang lebih terjangkau. Jadi, mungkin ‘kesehatan’ laptop ini disepelekan oleh pemiliknya.

Padahal, ada beberapa komponen laptop yang perlu dirawat secara khusus agar laptopnya bisa bertahan lama. Apalagi daya tahan laptop tidak seperti PC atau komputer personal, yang umumnya bisa sampai bertahun-tahun.

Nah, sebagai solusinya, disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini supaya laptop kesayangan Anda tidak cepat rusak.

Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

ips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

1. Tidak Memaksakan Kinerja Laptop

Dengan makin berkembangnya dunia video game, saat ini banyak orang yang membeli laptop hanya sekadar untuk bermain game. Sayangnya, banyak juga yang tidak menyadari bahwa tidak semua laptop cocok untuk aktivitas berat seperti bermain game.

Memaksakan kinerja laptop secara berlebihan, termasuk untuk bermain game, bisa mengakibatkan komponen laptop rusak. Gejala awalnya biasanya adalah overheat dan lama kelamaan salah satu komponen laptop tersebut akan rusak Terutama VGA dan Memori.

Baca Juga: Inilah 9 Tanda Kerusakan RAM pada Laptop dan Komputer

2. Jangan Langsung Menutup Laptop Setelah di Gunakan

Bagian LCD/ Layar pada laptop merupakan bagian yang sering terjadi kerusakan. Nah untuk menghindari masalah ini, lebih baik anda jangan membiasakan menutup laptop jika suhu laptop tersebut masih dalam keadaan panas atau hangat. Karena udara panas yang keluar dari dalam keyboard dapat merusak LCD laptop.

3. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur Atau Bantal

Menggunakan laptop di atas kasur sudah menjadi suatu kebiasaan pengguna laptop saat ini. Mungkin salah satu alasannya karena main laptop di kasur bisa sambil tiduran.

Sebenarnya hal ini tidak baik dilakukan karena dapat menyebabkan laptop tersebut jadi rusak. Karena sirkulasi udara yang keluar akan terhambat, dan debu yang menempel di kasur akan masuk dan menumpuk sehingga sistem pendingin akan terganggu. Atau jika tidak ada tempat lain solusinya gunakan fan khusus laptop, dan letakan laptop tersebut diatas Fan pada saat digunakan.

4. Jangan Membebani Laptop Dengan Barang Berat

Hal ini sering dianggap sepele oleh pemilik laptop. Padahal menaruh barang berat di atas laptop bisa menyebabkan kerusakan di beberapa bagian. Terutama pada bagian layar.

Saat meletakkan laptop di dalam tas pun sebaiknya dipisah dengan barang-barang lain. Itu sebabnya di tas-tas saat ini ada wadah yang untuk laptop. Anda juga bisa menggunakan tas khusus laptop.

5. Rutin Membersihkan Optical Drive

Optical Drive atau komponen DVD ROM ini sangatlah rentan terhadap debu. Jika jarang dipakai, bisa saja banyak debu yang menempel di bagian ini. Akibatnya, pembacaan data dari CD atau DVD bisa terganggu.

Oleh karena itu, dianjurkan supaya Anda membersihkan Optical Drive secara rutin. Gunakan kain yang halus, bila perlu dengan cairan pembersih khusus. Selain itu, saat memasukkan CD atau DVD lakukanlah secara berhati-hati agar lensa optiknya tidak mudah rusak.

6. Rutin Membersihkan layar laptop

Selain bisa rusak karena tertekan benda berat, layar laptop juga bisa rusak karena goresan atau kotoran yang menempel. Untuk itu, bersihkan layar laptop secara rutin. Gunakan juga cairan pembersih layar monitor supaya debu-debu yang menempel bisa hilang. Khusus untuk melindungi layar dari goresan, Anda bisa membeli pelindung layar.

7. Mengamankan Software

Kerusakan bukan hanya bisa terjadi dari segi hardware, tetapi juga software. Kabar buruknya, kerusakan software terkadang juga akan menular pada hardware.

Untuk itu, jangan pernah mengunduh sembarang software dari internet untuk menghindari serangan virus. Supaya lebih aman, disarankan supaya Anda menggunakan Antivirus yang terbukti ampuh.

8. Hindari penggunaan terlalu lama

Bukan hanya tidak baik dampaknya untuk kesehatan tubuh, namun penggunaan laptop yang terlalu lama ternyata juga bisa mengganggu ‘kesehatan’ perangkat itu sendiri. Berbeda dengan komputer yang dapat digunakan hingga 24 jam, laptop membutuhkan waktu lebih lama untuk beristirahat.

Sebaiknya gunakan laptop seperlunya saja. Jika digunakan terlalu lama, maka biasanya akan sering terjadi overheat dan ujungnya kerusakan pada baterai dan perangkat lalinnya.

Bagaimana bisa mengetahui apakah laptop mengalami overheat atau tidak? Coba rasakan saja suhunya. Jika kurang puas Anda gunakan saja software HWMMonitor agar tahu pasti berapa suhu laptop Anda.

9. Jangan Mematikan Laptop Secara Mendadak.

Mematikan laptop secara mendadak maksud dari poin ini adalah mematikan komputer tanpa menggunakan tombol Shutdown/ Turn OFF.

Biasanya, hal ini terpaksa dilakukan ketika dalam kondisi atau kedaan yang terburu- buru sehingga anda begitu aja mematikan komputer dengan cara langsung menekan tombol power laptop.  Jika hal ini sering dilakukan tidak menutup kemungkinan, lama kelamaan hardisk laptop akan cepat rusak. dan data anda sulit untuk di selamatkan.

10. Gunakan Software Utility untuk Perwatan system.

Di point terakhir ini, untuk merawat laptop anda agar awet dan tidak mudah rusak, yaitu dengan cara menginstal aplikasi atau software utility untuk perawatan sistem, diantaranya: Tune Up Utility, system mechanic, Advenced Sistem Optimizer dan masih banyak lagi aplikasi- aplikasi utility yang anda bisa gunakan.

Baca Juga: Cara Merawat Sistem Android Pada Smartphone Yang Sering Lag dan Hang

Kesimpulan

Intinya, laptop bukanlah perangkat yang kinerjanya bisa diforsir selama 24 jam. Ada beberapa komponen laptop yang rawan rusak, terutama baterai, layar, Optical Drive, bahkan harddisk pun bisa rusak jika laptop digunakan secara berlebihan sampai mengalami overheat. Kalau sudah demikian, Anda pasti akan repot sendiri. Oleh karena itu, rawatlah laptop Anda sebaik mungkin.

Leave a Reply