2 Cara Kompres Gambar, Hingga Lebih Dari 50% dan Kualitas Tetap Jernih

Cara kompres gambar sebenarnya dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari cara yang termudah hingga cara yang cukup rumit. Bicara masalah hal ini sebenarnya sudah banyak sekali blog- blog yang menulis artikel membahas mengenai cara atau trik untuk mengompres gambar, baik itu untuk blog maupun untuk kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu saya sebagai seorang blogger ingin berpartisipasi dan berbagi juga kepada anda mengenai bagaimana cara kompres gambar untuk kebutuhan blog. Terutama kepada anda yang baru terjun ke dunia blogging.

Apa itu kompres gambar? Dan mengapa orang melakukannya? Jika anda seorang blogger atau orang yang aktif di dunia desain grafis, mungkin hal ini bukanlah hal yang mesti di cari lagi. Namun khusus buat anda yang masih pemula dan belum mengetahui hal ini, kompres gambar merupakan tindakan untuk mengecilkan kapasitas gambar atau bobot gambar.

Dengan melakukan ini gambar/foto yang di kompres akan berkurang kapasitasnya tanpa menghilangkan kualitas dan kejernihan gambar tersebut. Biasanya melakukan kompres gambar tersebut dilakukan oleh para blogger agar halaman blog yang disisipkan gambar tetap terjaga kecepatan loadingnya.

Oya kompres gambar yang di maksud dalam pembahasan ini adalah upaya mengecilkan kapasitas gambar atau bobotnya. Bukan mengecilkan ukuran gambar, karena berbeda sekali antara mengecilkan ukuran/ resize dan mengecilkan kapasitas gambar. Mengecilkan ukuran gambar adalah merubah dimensi gambar tersebut dari ukuran besar ke ukuran kecil, sedangkan mengecilkan kapasitas gambar atau kompres gambar lebih cenderung mengurangi bobot/ kapasitas gambar tanpa merubah ukuran besar atau kecilnya gambar.

Selain itu ada yang Perlu anda ketahui juga, sebuah blog atau website tanpa adanya gambar atau foto tentunya tidak akan terlihat menarik. Sebagian besar pengunjung blog akan tertarik dan berlama- lama di blog anda jika blog tersebut disertai gambar pendukung.

Baca Juga : Penggunaan Format dan Ukuran Gambar Yang Di Rekomendasikan Untuk Blog

Maka dari itu anda wajib kompres gambar terlebih dahulu sebelum gambar disisipkan ke blog anda. Hal ini agar blog tidak mengalami loading lama dan kecepatan loading tetap terjaga.

Seperti yang saya katakan sebelumnya banyak sekali cara kompres gambar untuk kebutuhan blog. Dari masing- masing cara tersebut tentunya tidak lepas dari ketiga tools yang biasa orang gunakan. Di antaranya:

  • Kompres gambar menggunakan aplikasi pengolah gambar atau foto.
  • Kompres gambar menggunakan situs online.
  • Kompres gambar menggunakan plugin dari wordpress.

Namun dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan 2 cara kompres gambar menggunakan aplikasi pengolah gambar, yaitu menggunakan Adobe Photoshop dan Microsoft Office Picture aplikasi bawaan Ms.office. karena kedua aplikasi ini merupakan cara terbaik dan mudah menurut saya pribadi.

Dan mengenai plugin terbaik dan situs kompres gambar mana saja yang banyak digunakan, saya akan bahas di artikel selanjutnya.

2 Cara Kompres Gambar Yang Mudah Dan Praktis

Kompres gambar Untuk Blog Menggunakan Adobe Photoshop.

1, Buka Aplikasi Photoshop
2. Klik Menu File Lalu Open
3. Pilih gambar yang akan dikompres di drive atau folder.
4. Sekarang gambar sudah berada di lembar kerja photoshop.
5. Kemudian klik menu file lagi Pilih Export lalu klik Save For web

Kompres gambar menggunakan photoshop
6. Setelah itu maka akan muncul dialog save for web, di dialog pada bagian kanan atas ada pilihan
Original, Optimized, 2-Up, 4-Up. Silahkan klik di bagian 4-Up maka anda akan melihat tampilahan opsi hasil kompres gambarnya.

7. Pada bagian 4 gambar tersebut di bagian bawahnya masing- masing ada keterangan berapa kapasitas dan kecepatan loading persecondnya. Pilih sesuai kebutuhan anda, semakin kecil semakin cepat, namun anda juga harus menjaga kejernihannya.

8. Atau jika ke 4 gambar tersebut belum sesui dengan kebutuhan anda, anda bisa naik turunkan komposisi melalui perngaturan yang berada di bagian kanan. Perhatikan hasilnya, berapa detik dan berapa kapasitas yang akan di hasilkan setelah di kompres. Anda bisa melihatnya pada bagian bawah gambar.

9. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan, pilih gambar tersebut dengan cara klik pada bagian gambar yang akan di pilih selanjutnya klik save.

Kompres gambar Menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture

  1. Buka aplikasi Microsoft Office Picture.
  2. Klik File>>open dan pilih gambar yang akan di kompres.
  3. Klik menu Picture, lalu klik Compress Pictures.
  4. Setelah itu maka akan muncul diaolog Compress pictures settings.
  5. Di pilihan Compres For: anda pilih Web pages lalu tekan OK.
  6. Maka gambar akan di kecil sesuai kebutuhan web, lalu klik save.
    Sekarang lihat hasilnya.

Nah demikianlah 2 cara kompres gambar di atas sudah saya jelaskan, dari hasil tersebut saya sudah coba dapat mengompres gambar hingga lebih dari 50% dan hasilnya bagus dan kualitas gambar tetap bagus dan jernih. Saya sangat merekomendasikan kedua cara tersebut karena cara tersebut sangat mudah dan praktis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply