#4 Trik yang Biasa Dilakukan Hacker Untuk Meretas Suatu Akun

4 Trik yang Biasa Dilakukan Hacker Untuk Meretas Suatu Akun |Hacker adalah sebutan bagi orang yang memiliki ketrampilan dalam meretas atau membobol keamanan suatu web atau akun. Pada zaman modern ini, keberadaan hacker sudah mulai dimanfaatkan oleh berbagai instansi, yang mana biasanya tugasnya adalah mengamankan sistem dari gangguan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan dalam beberapa kasus hacker juga dipekerjakan di bagian militer untuk meretas sistem jaringan musuh ketika berperang. Namun, meski hacker sudah banyak dimanfaatkan untuk hal baik, tetap saja kata hacker masih memiliki kesan kurang baik, karena nama tersebut terlanjur identik dengan hal buruk.

Hal ini tak luput dari banyaknya kerusakan atau kasus pencurian data yang sering dilakukan oleh oknum ini.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangkal serangan hacker, salah satunya adalah mengenali cara mereka saat meretas akun. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan pada anda beberapa cara yang sering digunakan hacker untuk meretas suatu akun.

Cara yang digunakan oleh para hacker untuk meretas suatu akun

Trik yang Biasa Dilakukan Hacker

Edited by moriuz

1. Mengirimkan email

Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan para hacker untuk meretas komputer korbannya. Email yang dikirimkan oleh hacker ini juga tidak seperti email pada umumnya. Email tersebut umumnya tidak disertai subject, isi, atau pengirim yang jelas.

Namun ada juga hacker yang mengirimkan email berisi sesuatu yang bisa memancing korban untuk mengklik link yang dicantumkan. Nah, pada link ini lah sang hacker biasa menyelundupkan virusnya. Jika sudah diklik, maka virus secara otomatis akan menyebar ke seluruh komputer dan menyebabkan berbagai kerusakan pada komputer tersebut. Tidak hanya itu, beberapa virus atau malware juga memiliki kemampuan mencuri data yang ada pada komputer terinfeksi.

2. Interaksi langsung

Seorang hacker juga sering tanpa ragu berinteraksi langsung dengan calon korbannya. Cara ini umumnya terjadi di media sosial. Hacker yang menyamarkan identitasnya membujuk calon korban dengan memberi iming-iming berupa hadiah atau hal menarik lainnya.

Korban hacker ini biasanya diminta untuk memberikan password dan username akun tertentu. Selain itu hacker juga bisa memerintahkan si korban untuk mendownload file tertentu yang ternyata berisi virus dan malware.

3. Phising

Cara ini juga cukup sering digunakan para hacker untuk mendapatkan data pribadi dari korbannya. Pada teknik ini hacker menggunakan software yang mereka rancang sendiri untuk membuat halaman berisi kolom log in palsu dari sebuah media sosial atau web lain yang memungkinkan penggunanya memiliki akun.

Teknik phising ini adalah teknik hacking yang paling berbahaya karena halaman yang dibuat oleh para hacker tersebut benar – benar mirip seperti aslinya. Akibatnya secara tidak sadar korban akan mesubmit password dan username dan memberinya secara cuma – cuma kepada sang hacker.

Teknik memancing korban ini paling sering dilakukan pada media sosial dan halaman internet banking untuk mencuri uang korbannya.

4. Teknik menebak

Teknik terakhir yang sering digunakan para hacker untuk mencuri password adalah dengan menebaknya. Sebenarnya cara ini tidak membutuhkan keahlian atau aplikasi khusus. Si hacker hanya menebak – nebak berbagai kemungkinan password yang digunakan oleh korban.

Namun hacker tidak serta merta langsung menebak password korbannya. Sebelumnya mereka pasti sudah membuat survey sederhana tentang berbagai kemungkinan password yang digunakan korban. Umumnya hacker macam ini sebelumnya sudah mengenal dekat dengan korbannya.

Untuk mengatasi teknik hacker ini, sebaiknya jangan gunakan password yang umum diketahui orang lain seperti nama, tempat tanggal lahir, dan sebagainya.

Demikian sedikit info tentang teknik yang sering digunakan oleh hacker. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply