Hati-Hati, Inilah 5 Hacktools/ Aplikasi Yang Sering Digunakan Hacker

Hati-Hati, Inilah 5 Hacktools/ Aplikasi Yang Sering Digunakan Hacker |Di era digital saat ini hampir seluruh kebutuhan manusia dapat dilakukan dengan bantuan internet dan teknologi. Dengan demikian maka dapat dikatakan jika internet dan teknologi saat ini memang mampu untuk menghadirkan berbagai hal positif terhadap penggunanya.

Namun disisi lain,pastinya adapula hal negatif yang juga dapat di lakukan oleh internet dan teknologi, seperti misalnya penerobosan sistem keamanan, dengan maksud memata-matai, mencuri data atau hal buruk lainnya.

Yang mana hal tersebut di lakukan oleh para hacker yang tidak bertanggungjawab

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna internet pun harus dapat lebih wasapada terhadap ancaman yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab tersebut.

Para hacker sendiri biasanya akan meretas akun korbannya dengan memanfaatkan bantuan alat-alat hacking atau yang lebih sering disebut sebagai Hacktools.

Untuk mengetahui Hacktools apa saja yang biasanya digunakan oleh para hacker, anda dapat menyimak ulasan berikut ini:

Hacktools Yang Biasanya Digunakan Oleh Seorang Hacker

1. Nmap

Network Mapper (Nmap) adalah sebuah software yang biasanya digunakan oleh para hacker untuk mertas sistem keamanan jaringan komputer yang dimiliki para korbannya. Nmap sendiri memungkinkan para hacker untuk dapat mengeksplorasi dan menganalisa sistem keamanan pada suatu jaringan.

Hal ini dikarenakan Nmap memang diciptakan untuk dapat mengetahui kegagalan sistem yang ada pada berbagai server jaringan, seperi misalnya firewall, operation system, host, dan service.

2. Wireshark

Software paling umum yang biasa digunakan oleh para hacker sebagai sebuah Hacktools selanjutnya adalah Wireshark. Software Wireshark sendiri sudah sangat familiar dikalangan hacker pemula ataupun professional. Hal ini dikarenakan Wireshark dapat menjadi sebuah Hacktools yang bisa mengetahui data ataupun alamat IP yang ada pada server jaringan sehingga para hacker pun dapat dengan mudah mengacak-acak sistem keamanan pada jaringan tersebut.

3. John the Ripper

John the Ripper adalah sebuah Hacktools yang juga paling banyak digunakan oleh hacker untuk meretas password dari akun para korbannya.

John the Ripper sendiri merupakan sebuah software yang diciptakan dan difungsikan untuk mendeteksi sebuah password dari suatu akun. Oleh karena itu para hacker pun akan dapat dengan mudah mengetahui password dari akun milik korbannya.

Popularitas John the Ripper sebagai sebuah Hacktools pun semakin meningkat karena selain efektif untuk meretas password, software ini juga dapat diinstal di seluruh sistem operasi komputer, mulai dari Linux, Windows, ataupun Mac.

4. Metasploit

Hacktools selanjutnya yang juga paling sering digunakan oleh para hacker untuk melakukan aksi hacking adalah Metalsploit. Metalsploit merupakan sebuah software yang memiliki kemiripan dengan software John the Ripper.

Hal ini dapat terlihat dari fungsi Metalsploit itu sendiri, yaitu untuk menguji tingkat keamanan pada sebuah sistem jaringan.

Hal itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh para hacker untuk medeteksi kelemahan dari akun korbannya sehingga seluruh data yang ada pun dapat dengan mudah untuk diketahui dan diretas.

5. Nikto

Hacktools terakhir yang paling umum digunakan oleh para hacker adalah Nikto. Nikto merupakan sebuah software yang mampu mendeteksi sebuah hole yang ada pada suatu jaringan. Dengan demikian maka para hacker pun akan dengan mudah menganalisa titik kelemahan pada server tersebut sehingga database yang ada akan dengan mudah diretas.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar informasi, tentang berbagai aplikasi Hacktools apa saja yang biasanya digunakan oleh para hacker. Semoga bermanfaat

Leave a Reply