#5 Jenis Hacker dan Teknik Yang Biasa dilakukan Hacker

5 Jenis Hacker dan Teknik Yang Biasa dilakukan Hacker |Hacker adalah seseorang yang mempunyai skill tinggi dalam dunia komputer, menguasai berbagai bahasa pemrograman, sistem dan kemampuan luar biasa lainnya. Nah, buat anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang hacker, berikut ini ulasan singkat mengenai jenis- jenis Hacker dan Teknik yang biasa dilakukan Hacker dalam aksi peretasannya

5 Jenis Hacker dan Teknik Yang Biasa dilakukan Hacker

A. Jenis – jenis Hacker

1.  Script Kiddie Hacker

Hacker jenis ini tidak terlalu menguasai sistem komputer. Namun bukan berarti jenis hacker ini tidak dapat menembus sistem komputer. Mereka memaanfaatkan software buatan orang lain untuk menembus suatu sistem jaringan komputer.

2. Hactivist Hacker

Kemampuan jenis hacker ini digunakan untuk menyebarkan pesan-pesan yang bersinggungan dengan politil, sosial, agama serta ideologi. Biasanya mereka melakukan tekni deface pada setiap website yang berhasil diretas untuk menampilkan pesan-pesan tersebut pada website yang menjadi korban retasan hacker.

3.  Grey Hat Hacker

Jenis hacker ini tidak memiliki ketetapan prinsip. Karena Grey hat Hacker selalu berada ditengah antara White hat dan black hat. terkadang hecker ini bisa memiliki etika dalam menumbus sisten, tetapi juga terkadang melanggar aturan hukum.

4. Black Hat Hacker

Jenis hacker ini bersifat merusak keamanan suatu sistem jaringan. Mulai dari pencurian identitas, menghapus file dan berbagi kerusakan lain yang sangat merugikan. Jenis hacker ini disebut jug cracker.

5.  White Hat Hacker

Jenis hacker ini ini sangat teguh pada prinsip dan etika yang ditetapkan. Tujuan white hat hacker hanya untuk menguji ketahanan suatu sistem jaringan. Kebanyakan jenis hacker ini memiliki profesi konsultant keamanan suatu serve atau website.

B. Teknik yang biasa dilakukan hacker

1. Social Engineering

Media sosial merupakan target utama seorang hacker dalam menyebarkan virus komputer. Meskipun bisa dikatakan bukan merupakan teknik penghackingan namun media sosial dapat dijadikan umpan perangkap dari hacker untuk para pengguna.

2. Distributed Denial of Service

Teknik hacking yang satu ini dikenal dengan nama DDOS. Tennik ddos merupakan teknik yang dilakukan hacker dan digunakan agar sistem pada suatu jaringan tidak dapat diakses kembali. Prinsip kerja seorang hacker dengan menggunakan teknik ddos yaitu dengan memberikan sejumlah paket data secara tidak terbatas kepada server yang menjadi tujuan. Hingga akhirnya server tersebut tidak mampu lagi menerima lalu mengalami Down System sehingga sistem tidak dapat diakses kembali. Hacker jenis ini biasa berkoloni dalam pengerjaanya.

3. Phising Technique

Phising adalah suatu teknik yang digunakan untuk tujuan mendapatkan suatu email dan password suatu akun sosial media. Para hacker melakukannya dengan membuat replika halaman yang sengaja diciptakan untuk mengetahui email dna passwor pengguna sosial media yang menjadi sasaran. Akun media yang sering menjadi sasaran twitter, instagram.

4. Bruteforce Technique atau WP Bruteforce

Teknik yang satu ini biasa dilakukan para hacker pada website yang berasal dari wordpress. Prinsip kerja teknik yang satu ini dilakukan dengan cara “manual”. Sebab teknik ini dilakukan dengan cara main tebak suatu password beserta usernya yang berasal dari sebuah website.

Teknik WP bruteforce dibuat atas dua program. Dimana program pertama merupakan “sang eksekutor” dan program yang lainnya merupakan suatu list keyword yang digunakan untuk menebak-nebak user name beserta passwordnya. Listnya bisa didapat dari google.

5. Deface technique

Teknik defice ini merupakan teknik yang dilakukan oleh para Hacker setelah berhasil meretas sebuah website. Teknik dilakukan dengan sengaja untuk meninggalkan “jejak” peretasan pada website yang telah diretas dengan cara menukar tampilan halaman yang telah didesign hacker tersebut. Zone-H merupakan tempat khusus bagi hacker untuk menunjukkan hasil dari defacingnya.

6. SQL Injection

Teknik SQL Injection dilakukan dengan cara memanfaatkan eror sistem pada website tersebut. Teknik SQL merupakan teknik yang sifatnya sangat mudah dan sederhana yang dilakukan oleh para hacker. Teknik ini memanfaatkan google dork untuk mencari suatu website yang sifatnya mudah untuk diretas.

Demikianlah pembahasan tentang jenis Hacker dan Teknik Yang Biasa dilakukan Hacker, semoga bermanfaat

Leave a Reply