5 Tips Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone Dengan Mudah

Tips Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone- Salah satu permasalahan dari Smartphone yaitu terbatasnya memori penyimpanan. Meski total memori yang tersedia di Smartphone kamu sudah terbilang cukup besar, namun tetap saja sering ditemui kata kurang. Terlebih buat kamu yang aktif mengumpulkan foto ataupun video, dan file-file lainnya di dalam Smartphone bahkan tidak hanya ada ratusan, tapi bisa mencapai ribuan dan belum termasuk dengan aplikasi yang terpasang di dalamnya.

Jika memori di Smartphone sudah penuh, kita akan kesulitan untuk menginstal aplikasi lagi yang kita inginkan. Tidak hanya itu, performa smartphone pun akan berkurang, smartphone akan menjadi lambat atau lemot. Sebenarnya, ada solusi yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan memori dalam Smartphone. Nah, berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat memori penyimpanan Smartphone yang kamu miliki.

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone

menghemat memori penyimpanan smartphone

  1. Hapus Pesan Lama yang Tidak Penting Jika Ingin Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone

Pesan lama yang tetap bertahan di dalam smartphone kita, juga bisa menambahkan beban pada memori kita. Apabila banyak terdapat pesan lama yang tidak begitu penting, sebaiknya dihapus saja untuk menghemat memori penyimpanan smartphone kamu. Tidak perlu menghapusnya satu per satu, karena sangat memakan waktu. Kamu bisa menuju ka pengaturan pesan, setelah itu ceklis tulisan hapus pesan lama  dan tentukan batas pesan pada tiap percakapan.

  1. Sering-sering Membersihkan Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara informasi atau data atas aplikasi yang pernah diakses. Cache juga berguna untuk membuat proses akses data dan penggunaan aplikasi menjadi lebih cepat. Karena pada cache tersimpan data histori penggunaan aplikasi, password, username, dan data lainnya yang pernah diakses. Namun, bila cache dibiarkan menumpuk terus menerus, lama-kelamaan hal tersebut dapat memenuhi memori kita. Maka dari itu, rajin-rajinlah cek cache terlebih pada aplikasi yang sering kamu gunakan. Bila memori cache sudah banyak, kamu hapus saja, lumayan untuk menambah space memori kosong beberapa megabytes. Cara menghapus cache tidaklah sulit. Kamu perlu masuk ke menu setting/ pengaturan –> apps/aplikasi –> pilih aplikasi yang ingin cachenya dibersihkan –> clear cache/hapus cache.

Baca Juga: Cara Merawat Sistem Android Pada Smartphone Yang Sering Lag Dan Hang

  1. Gunakan Aplikasi yang Dapat Membantu Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone

Aplikasi yang kini banyak tersebar di Google Play Store, juga ada lho yang bisa digunakan untuk membantu menghemat memori penyimpanan Smartphone. Dengan bantuan aplikasi, tentu kerjamu akan terasa lebih ringan. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, berikut 4 aplikasi menghemat memori penyimpanan yang kami rekomendasikan untuk kamu.

  1. SD Maid – System Cleaning Tool

SD Maid memiliki fitur tambahan yaitu Corpse Finder yang dapat digunakan untuk mencari dan menghapus data atau file peninggalan aplikasi yang pernah kita uninstall.

Silahkan download SD Maid – System Cleaning Tool disini.

  1. CCleaner

Kamu mungkin tidak begitu asing dengan aplikasi yang satu ini. Karena CCleaner merupakan salah satu aplikasi yang juga memiliki versi desktop dan sangat populer. CCleaner ini bisa kita manfaatkan untuk membersihkan data sementara, thumbnail, cache, dan data aplikasi yang sudah tidak dipakai.

CCleaner bisa didownload disini.

  1. Gallery Doctor

Gallery Doctor merupakan salah satu aplikasi buatan AVG Labs. Aplikasi ini berguna untuk menghapus foto-foto yang tidak berguna atau foto yang kurang bagus. Gallery Doctor akan melakukan pencarian pada foto yang tersimpan di Smartphone. Kamu juga masih bisa menentukan foto mana yang sebaiknya disimpan dan dibuang.

Kamu bisa mendownloadnya disini.

  1. Backup Data Menggunakan Layanan Cloud

Semakin hari, koleksi foto atau video kita akan semakin bertambah. Bila memori penyimpanan smartphone kita sudah penuh. Namun kamu tidak berkenan menghapus koleksi foto atau video yang kamu miliki. Nah, berarti saatnya kamu untuk mambackup koleksi foto atau video milikmu ke media penyimpanan berbasis cloud. Kamu bisa menginstall media penyimpanan berbasis cloud seperti Google Photos, Google Drive, Dropbox, dan media serupa lainnya di Google PlayStore secara gratis. Dengan begitu data kamu akan lebih aman dan dapat dilihat kapan saja.

  1. Beri Batasan Pada Kualitas Foto dan Video untuk Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone

Kualitas suatu foto dan video juga mempengaruhi ukurannya. Semakin tinggi resolusinya akan semakin besar pula ukuran filenya. Maka dari itu, sesuaikan kualitas foto atau video yang dibuat dengan keperluannya. Bila tidak terlalu perlu atau hanya untuk koleksi probadi atau untuk postingan di social media, kamu bisa membatasi kualitas atau resolusinya.

Memori penyimpanan Smartphone yang penuh, tidak hanya mengganggu kita saat akan menyimpan sesuatu yang baru. Tetapi juga dapat membuat kinerja Smartphone menjadi lebih lamban. Nah, semoga kelima tips diatas dapat membantumu yang memiliki masalah dengan terbatasnya kapasitas memori penyimpanan Smartphone yang dimiliki.

Leave a Reply