#6 Trik Mengamankan Akun Sosial media dari Hacker

6 Trik Mengamankan Akun Sosial media dari Hacker – Bagi orang yang tidak terlalu mengerti dengan IT, hacker memang menjadi ‘hantu’ yang menakutkan. Mengapa? Karena hacker yang suka iseng biasanya akan menjadi orang yang yang sangat merugikan, mulai dari pencemaran nama baik hingga mengakibatkan kerugian sebuah usaha.

Biasanya yang sering menjadi sasaran ini adalah sosial media, seperti facebook, twitter, instagram dan yang lain-lainnya. Cara yang terbaik menghindari kemungkinan hacker untuk ‘berulah’ adalah dengan mengamankan akun sosial media tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang tips mengamankan akun sosial media supaya terhindar dari keisengan para hacker. Sehingga Anda pun bisa tenang karena keamanan akun sosial media Anda terjaga. Adapun berbagai tips untuk mengamankan akun sosial media serangan para hacker iseng yang kami maksud antara lain:

6 Trik Mengamankan Akun Sosial media dari Hacker

1. Perhatikan Password yang Anda Gunakan untuk Akun Sosial Media

Password adalah hal yang bisa mengamankan akun Anda sehingga privasi Anda pun terjaga. Namun, kebanyakan orang tidak mau ribet dengan password sehingga mereka pun memasukkan password yang asal-asalan dengan alasan mudah diingat. Nah, password yang asal-asalan seperti ini dalam artian password yang tingkat kesulitannya rendah tentu akan memudahkan para hacker iseng untuk membobol akun sosial media.

Sehingga solusi yang terbaik untuk hal ini adalah usahakan pilih password yang komplek dan alangkah lebih baiknya lagi jika menggunakan kombinasi antara huruf, angka dan simbol bahkan huruf kapital dan huruf kecil. Misalnya ‘saYaSuk416#’. Memang password dengan kombinasi seperti ini akan susah diingat, tetapi ini akan lebih ampuh dalam mengamankan akun sosial media dari serangan para hacker iseng.

2. Jangan Gunakan Password yang Sama untuk Akun Sosial Media yang Berbeda

Menggunakan password yang sama untuk berbagai akun sosial media juga cukup untuk membuat akun sosial media tidak aman. Mengapa? Karena jika password yang sama digunakan untuk beberapa akun media sosial sekaligus juga akan memudahkan para hacker untuk membobol semua akun sosial media tersebut.

Sehingga apa yang akan terjadi? Jika hacker sudah berhasil membobol salah satu akun sosial media Anda, facebook misalnya, maka hacker juga bisa dengan mudah membobol twitter, instagram ataupun akun sosial media Anda yang lainnya. Nah, solusi untuk hal ini adalah sebaiknya Anda menggunakan password yang berbeda untuk akun sosial yang berbeda pula.

3. Hindari Menyimpan Data Akun di Browser Anda

Ini adalah tips yang ketiga yang bisa mengamankan akun sosial media Anda dari serangan para hacker iseng. Biasanya begitu Anda melakukan log ini ke akun sosial media Anda, facebook misalnya. Anda akan melihat layar komputer atau smartphone Anda yang menanyakan apakah Anda akan menyimpan password Anda di situs yang tengah Anda gunakan, bukan?

Nah, jika Anda melihat tampilan yang seperti ini, sebaiknya Anda memilih ‘tidak’, apalagi jika Anda menggunakan komputer untuk umum seperti di warnet. Karena jika Anda sampai memilih ‘ya’ tentu ini akan memudahkan para hacker untuk beraksi membobol akun sosial media milik Anda.

4. Perhatikan Website yang Anda Akses dengan Baik Selagi Anda Membuka Akun Media Sosial

Jika Anda mengenal Website Phissing, sebaiknya Anda memperhatikan baik-baik website yang akan Anda akses bersamaan dengan ketika Anda membuka akun sosial media Anda. Nah, istilah Website Phissing itu adalah istilah yang merujuk pada pencurian data termasuk password dan username dengan cara mengarahkan korban ke mengakses website yang didalamnya sudah terdapat aplikasi pencuri data.

Nah, cara yang terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan waspada dan senantiasa bersikap hati-hati serta jeli terhadap website apa yang akan Anda akses. Sehingga dengan demikian, akun sosial media Anda pun bisa lebih aman dari serangan hacker.

5. Ganti Pasword Secara Berkala

Biasakan untuk mengganti password secara berkala. Hal ini dilakukan agar mengecoh peretas yang sudah mengetahui password kita, Karena seorang peretas atau hacker menggunakan akun sosial kita terkadang diwaktu waktu tertentu. Dan password yang sudah didapatnya mereka simpan terlebih dahulu.

6. Hindari Login Palsu (Fake Login)

Login palsu atau fake login adalah suatu upaya yang dilakukan hacker untuk mengelabui pengguna sosial media menggunakan situs yang dibuat mirip dengan situs sosial media yang kita gunakan, metode ini dikenal dalam dunia hacker sebagai teknik phising.

Untuk menghindari hal ini, anda perhatikan alamat situs jika ada perintah login. Misalkan anda menggunakan sosial media facebook, kemudian ada form atau perintah login, perhatikan alamat url atau situs yang memrintah anda untuk login, jika alamat situsnya www.facebook.com itu benar situs resmi facebook, namun jika url nya www.facebook.tk atau www.facebookss.com ini perlu anda waspadai dan jangan memsuka password akun anda.

Nah, itulah 6 trik mudah yang bisa mengamankan akun sosial media milik Anda dari serangan para hacker iseng. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply