Diretas pada 2014, Akun Imgur Bocor Hingga 1,7 Juta Pengguna

Baru-baru ini, dunia siber dihebohkan dengan kabar peretasan laman berbagi foto, Imgur, yang telah berlangsung pada tahun 2014. Pihak Imgur menjelaskan bahwa ada sekitar 1,7 juta akun yang berhasil dibobol. Yang mengejutkan adalah pihak Imgur baru saja menyadari terjadinya peretasan tersebut.

Seperti dikutip CNET, Senin (27/11/2017), Imgur baru menyadari adanya peratasan ini dari seorang peneliti keamanan bernama Troy Hunt pada 23 November 2017 lalu. Hunt, yang merupakan pengelola layanan “Have I Been Pwned”, memang bertugas untuk memberikan informasi tentang terjadinya peretasan.

Walaupun akun yang bocor mencapai lebih dari 1 juta, Imgur menegaskan bahwa tidak ada informasi pribadi yang berhasil didapatkan oleh peretas. Hal ini dikarenakan pihak Imgur tidak meminta data-data pribadi dari pengguna saat pendaftaran.

Kasus peretasan yang telah terjadi beberapa tahun lalu itu pun tengah melewati proses investigasi. Pihak Imgur sendiri menduga bahwa hacker menggunakan metode brute force untuk menjebol sistem enkripsi password lama mereka. Akan tetapi pengguna tidak perlu khawatir karena algoritma tersebut telah diperbarui tahun lalu.

“Kasus ini kami sedang kami investigasi. Perkembangannya akan kami informasikan secepat mungkin,” begitu pernyataan dari Imgur.

Troy Hunt pun memuji Imgur yang merespons cepat notifikasinya itu meski di Amerika Serikat tengah menjalani liburan Thanksgiving. Akun-akun yang terkena dampak pun segera dilindungi dan pernyataan atas kejadian peretasan itu langsung diumumkan kepada publik dalam waktu kurang dari 24 jam.

Leave a Reply