Alasan Mengganti Pin ATM secara Berkala

Alasan Mengganti Pin ATM secara Berkala – Mempunyai Kartu ATM bagi setiap orang merupakan salah satu hal penting yang benar-benar harus Dijaga. Dengan adanya ATM memudahkan semua orang untuk bertransaksi dengan orang lain baik menerima dan mengirim uang lebih mudah. Dari pada harus menggunakan bantuan Pos atau jaman dahulu disebut dengan wesel.

Memiliki kartu ATM tentu saja memungkinkan semua orang memiliki PIN atau kode rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik kartu ATM. Oleh karena itu setiap pemilik atau pemegang kartu ATM harus benar-benar bisa menjaga kerahasian PIN mereka sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Menjaga Keamanan pin ATM merupakan salah satu hal penting untuk setiap Nasabah bank demi menghindari yang namanya penyalahgunaan ATM oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kenapa Harus Mengganti Pin ATM Secara Berkala

Nah disini ada beberapa alasan yang perlu anda pahami dengan benar kenapa harus mengganti PIN ATM secara berkala setiap 1 bulan atau 2 minggu sekali.

a. Keamanan Kartu ATM anda

Yang pertama adalah untuk keamanan dari ATM anda sendiri. Mengganti PIN ATM setiap saat mencegah terjadinya pembobolan kartu ATM oleh orang-orang yang sama sekali tidak bisa bertanggung jawab. Penggunaan PIN yang mudah di terka oleh orang lain sama sekali tidak dianjurkan oleh Pihak BANK. Pihak Bank menyarankan kepada anda untuk menggunakan PIN yang sama sekali tidak bisa ditebak oleh orang lain namun mudah untuk anda Ingat.

Hindari menggunakan nomor pin yang berhubungan dengan tanggal Lahir anda dan orang tua. Kalau bisa Variasikan tanggal lahir anda dengan orang tua anda. Sehingga memberikan keamanan yang cukup sulit untuk di Bobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Internet Banking Untuk Transaksi Keuangan

b. Menjadikan Pribadi yang hati-hati dan waspada

Kemudian yang kedua adalah dengan mengganti PIN setiap saat. Hal ini menjadikan anda sebagai pribadi yang penuh dengan kehati-hatian dan tidak ceroboh dalam melakukan suatu kegiatan yang sifatnya merugikan diri sendiri. Dengan rajin mengganti PIN ATM setiap beberapa minggu sekali. Mengajarkan kepada anda bahwa hal yang sekecil mungkin jika dijaga dengan benar maka akan mebawa dampak yang positif kepada diri anda sendiri.

Untuk karena itu belajar disiplin dan hati-hati dalam menangani sesuatu menjadi alasan sendiri untuk setiap pribadi yang ingin hidup lebih aman. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan jika anda tidak ingin mengganti PIN setiap saat karena bisa jadi anda lupa dengan pIn yang anda buat.

a. Lakukan transaksi ATM dengan aman

Yang pertama yaitu dengan melakukan transaksi di mesin ATM dengan aman. Caranya yaitu dengan menutupi tombol ATM menggunakan tangan kiri dan tangan kanan digunakan untuk mengetikan PIN. Pastikan ketika anda masuk ke ATM tidak ada siapa-siapa yang mengikuti anda dari belakang.

Jika sebelumnya sudah ada yang mengincar anda. Cobalah untuk berhenti di tempat yang ramai orang dan tunggu hingga yang mengikuti anda pergi menjauh. Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk anda laukan demi keselamatan uang anda dan diri anda sendiri.

b. Lakukan transaksi di pagi atau siang hari

Hindari transaksi tengah malam. Misalnya pukul 10 malam keatas. Karena bisa jadi tindakan kejahatan terjadi di tengah malam. Untuk tips jika ada orang yang meminta anda memasukan PIN ke mesin ATM, Masukan PIN dengan cara terbalik. Hal ini memungkinakan alarm yang terhubung dengan Mesin ATM dan tempat anda berada bisa memberikan informasi kepada keamanan untuk membantu anda.

Nah itulah beberapa alasan kenapa anda harus mengganti PIN ATM secara berkala. Terimakasih.

Leave a Reply