Apple Akan Produksi iPad versi Murah untuk Tingkatkan Penjualan Tablet?

Sumber anonim, yang mengetahui betul rantai pasokan Apple, menyebutkan bahwa raksasa teknologi Amerika Serikat itu tengah mempertimbangkan untuk merilis iPad 9,7 inci dengan harga lebih murah pada tahun 2018 mendatang.

ipad murah

Foto: PETER MACDIARMID/GETTY IMAGES

Adapun harga yang dibanderol untuk iPad versi murah ini hanya USD 259, terpaut cukup jauh dari harga saat ini yaitu sekitar USD 329. Harga tersebut dinilai terlalu mahal, sehingga pengurangan mencapai USD 70 dinilai akan cukup untuk menarik lebih banyak konsumen agar membeli tablet dari Apple tersebut.

Dikatakan oleh sumber tersebut kepada DigiTimes seperti dikutip Mashable, Jumat (1/12/2017), iPad versi murah ini diharapkan bisa meluncur ke pasaran pada kuartal kedua tahun 2018. Selain telah mempunyai kelompok konsumen sendiri, Apple kemungkinan juga ingin coba mengeksplor pasar ke sektor jasa dan industri.

Namun belum diketahui pasti apakah akan ada perubahan dari segi hardware atau desain untuk memangkas harga jual. DigiTimes hanya menyebutkan bahwa produksi iPad akan dialihkan ke produsen Taiwan, Compal Electronics, yang sebelumnya juga pernah menangani klien-klien besar seperti Toshiba, Lenovo, Acer, Dell, dan Hewlett-Packard.

Di sisi lain, penjualan tablet memang tengah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih iPad kalah bersaing dengan Microsoft Surface di pasaran untuk kali pertama di tahun ini. Harga yang lebih murah mungkin bisa membantu iPad untuk bisa bersaing di pasar tablet dan menjangkau konsumen lebih luas. Jika isu ini benar, maka era Tablet mungkin akan berlanjut lebih lama.

Leave a Reply