Bagaimana Membuat Password yang Aman? Ikuti Tips Berikut Ini

Di zaman yang semakin canggih ini, hacker ataupun cracker semakin kreatif, berbagai carapun mereka lakukan untuk bertindak kejahatan. Mereka berusaha membobol akun email seseorang, akun sosial media dan berbagai tindakan kejahatan lainnya. Dan untuk itu, di bawah ini kami bagikan beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk membuat password yang aman, agar akun anda sulit di bobol.

1. Hindarilah membuat password yang pasaran

Cara pertama yakni anda harus menghindari pembuatan kata sandi yang sangat umum digunakan oleh orang lain (pasaran). Dengan kata lain membuat password pasaran itu artinya anda telah memberikan peluang besar kepada orang lain untuk membobol akun pribadi anda.).

2. Jangan pernah menggunakan kata bahasa inggris

Hacker akan mudah meneliti password akun seseorang dengan metode dictionary attack, maksudnya mereka akan mencoba mengacak kata yang bersumber dari kata Bahasa Inggris. Sehingga hindarilah membuat kata sandi dengan kata bahasa inggris populer seperti halnya ILoveYou, IMissYou, GoodBye, GoodMorning, Thankyou, dan lain sebagainya.

3. Buatlah password yang panjang

Password panjang dianggap akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga dari itu agar password akun Anda sangat kuat atau sangat aman maka buatlah password yang panjang. Semakin panjang password Anda maka akan semakin sulit pula hacker akan meretas akun Anda. Minimal password dibuat dengan memiliki 8 karakter dan juga maksimal sebanyak 16 karakter. Kalau memungkinkan lebih banyak lagi lebih baik asal Anda dapat ingat saja sama password tersebut.

4. Kombinasikanlah password anda dengan angka, huruf, dan juga karakter

Untuk menghindari metode Dictionary Attack saat hacker mencoba untuk meretas akun pribadi anda maka buatlah password dengan berdasarkan kombinasi angka, huruf, dan juga karakter khusus. Jika Anda dapat membuat password berdasarkan huruf biasa saja maka akan sedikit pula pilihan dalam mengkombinasikannya. Sebab jumlah huruf biasa ini hanya sekitar 26 karakter saja. Berbeda kalau Anda menggunakan semua karakter yang ada dalam keyboard anda, yakni dengan memiliki 95 huruf. Anda bisa leluasa dalam membuat kata sandi jika dasarnya dari campuran angka, huruf, dan juga karakter.

5. Untuk membuat Password Yang aman Janganlah menggunakan tanggal lahir

Ketika anda dihadapkan dalam membuat password saat membuat akun di internet biasanya maka anda akan pusing sendiri. Parahnya lagi ujung-ujungnya anda menentukan password berdasarkan tanggal lahir saja. Memang sangat mudah diingat password dengan tanggal lahir ini, tetapi sangat mudah juga orang lain membobol akun pribadi anda. Untuk mengetahui tanggal lahir seseorang biasanya bukan termasuk hal sulit. Untuk itu hindarilah password menggunakan tanggal lahir apapun alasan anda.

Baca Juga: #6 Trik Mengamankan Akun Sosial media dari Hacker

6. Janganlah Gunakan nama orang terdekat

Kebiasaan buruk lainnya yakni password dibuat dengan menggunakan nama orang terdekat, seperti halnya nama ayah, nama ibu, nama suami, nama istri, dan juga sebagainya. Orang-orang terdekat misalnya teman anda apakah sudah kenal betul dengan nama-nama terdekat disekitar anda? Tidak menutup kemungkinan juga jika kejadian akun diretas pelakunya adalah teman-teman terdekat anda. Maka dari itu stop membuat password berdasarkan nama orang terdekat anda.

7. Kombinasikan Upper dan juga Lower Case

Apa itu Upper Case dan juga Lower Case? Upper Case yakni huruf kapital sedangkan Lower Case merupakan kebalikannya ataupun huruf kecil. Akan lebih baik lagi kalau password yang dibuat dengan menggunakan kombinasi Upper dan juga Lower Case. Kombinasi ini sudah terbukti kalau hacker akan sulit menebaknya. Bandingkanlah contoh password ini : hanyamencoba dan juga HaNyaMenCoba, mana menurut Anda yang paling kuat keamanannya? Tentu saja contoh password yang kedua tersebut sangat baik, apalagi kalau Anda campur lagi dengan angka dan juga karakter khusus.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat password yang aman untuk akun anda. Semoga dapat bermanfaat informasi tersebut.

Leave a Reply