Penyebab Laptop Hang / Lag dan Jurus Termudah Mengatasinya

Berbagai Penyebab Laptop Hang / Lag dan Solusi Terbaik Mengatasinya |Hang atau lag adalah masalah yang sudah sangat familiar bagi para pengguna laptop hal ini tentu sangat menjengkelkan karena bisa mengganggu aktivitas kita apalagi di saat – saat yang mendesak.

Untuk mengatasi hal ini penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut anda jadi tahu tindakan terbaik untuk mengatasi laptop hang atau lag.

Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan

Aplikasi yang berjalan di depan atau belakang dekstop akan menyedot kapasitas RAM.

Jika aplikasi yang anda jalankan terlalu banyak, tentunya kapasitas RAM akan semakin menipis.

Ini lah yang menyebabkan performa laptop menurun yang ditandai dengan timbulnya lag atau hang.

Oleh karena itu usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi .

Tutup aplikasi yang tidak digunakan terutama yang berjalan di latar belakang (cek menggunakan task manager).

Anda juga harus cermat dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan RAM yang tertanam dalam laptop.

2. Startup program

Startup program adalah program atau software yang langsung terbuka dan berjalan pada saat laptop pertama kali dihidupkan.

Hal ini membuat RAM langsung termakan cukup besar disaat kita belum menjalankan program yang diinginkan.

Beberapa aplikasi yang memiliki fitur startup antara lain seperti Steam, antivirus, dan lain-lain. Solusi untuk mengatasi hal ini cukup mudah.

Anda hanya perlu menonaktifkan fitur startup ini dengan masuk ke System Configuration Utility, lalu pilih service and startup.

Disini anda bisa mematikan seluruh fitur startup yang ada pada komputer. Selain itu anda juga bisa mematikan fitur startup ini secara langsung dari program yang bersangkutan.

3. Terlalu banyak temporary file

Terlalu banyak menyimpan temporary file atau file yang bersifat sementara juga bisa menjadi penyebab hang dan lag pada laptop. Anda bisa menemui file – file ini di folder Documents and setting yang terletak pada Local disk “C”.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan pembersihan manual dengan cara menghapusnya Atau anda juga bisa membersihkannya secara otomatis menggunakan software pembersih.

4. Terinveksi virus atau malware

Kedua masalah klasik komputer ini juga bisa menimbulkan lag atau hang pada laptop. Memang ada beberapa malware dan virus yang dirancang untuk memperberat kinerja laptop.

Seperti yang baru-baru ini terjadi dimana ada virus yang mampu menyelundupkan trash file berukuran ratusan giga.

Satu – satunya solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan membentengi laptop anda dengan anti virus yang kuat dan terupdate. anda juga perlu memperbarui anti virus tersebut secara berkala agar dapat mendeteksi virus – virus jenis baru.

5. Hardware mengalami overheat

Menggunakan laptop terlalu lama juga bisa menurunkan kinerja laptop yang ditandai dengan timbulnya lag atau hang.  Ini dikarenakan beberapa hardware laptop mengalami overheat atau panas berlebih.

Umumnya komponen hardware yang mengalami overheat ini adalah prosesor (CPU) dan VGA (ketika bermain game) untuk mengatasi hal ini anda bisa memasang sistem pendingin berupa kipas atau vaccum cooler.

6. Terlalu banyak program keamanan

Program keamanan atau security program memang baik untuk melindungi laptop dari serangan virus dan malware. Namun terlalu banyak menginstall aplikasi ini juga bisa menurunkan kinerja laptop.

Oleh karena itu disarankan untuk menginstal satu aplikasi anti virus yang mampu bekerja secara optimal.

Hal ini efektif untuk mengurangi penggunaan RAM dan memaksimalkan performa laptop anda.

Demikian 6 penyebab Penyebab Laptop Hang / Lag beserta cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply