Biografi Dan Kisah Sukses Andy Rubin, Seorang Penemu Android

Kisah sukses Andy Rubin menjadi salah satu cerita dibalik terciptanya sistem android. Kemudian kisah kesuksesan dari Rubin ini semakin menjadi fenomenal setelah perusahaan terbesar google membesarkan android sekaligus penemu dan pengembangnya.

Andy Rubin adalah sosok penting dibalik terciptanya sistem Operasi Mobile yang bernama android. Kita juga sudah mengetahui sistem operasi android telah berkembang cukup pesat hingga sudah menguasai hampir separuh dari dunia teknologi komunikasi.
Sebelum membahas kisah sukses Andy Rubin dengan android. Sekilas di bawah ini juga tak ketinggalan perjalanan android bersama Andy Rubin.

Sosok Dibalik Android Bersama Kisah Sukses Andy Rubin

Begitulah namanya Andy Rubin yang dikenal sebagai sosok serial pengusaha di dunia startup. Andy Rubin lahir di Chappaqua New York. Memang sebelum terkenal dengan sosok di balik cerita android ini, biografi andy Rubin tidak terlalu banyak tercatat di beberapa situs salah satunya dari wikipedia.

Pria yang merupakan putra dari seorang ahli psikolog ini memang memiliki passion di bidang marketing. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis ayahnya yang bergerak di bidang penjualan perangkat fotografi dan gadget.

Latar Belakang Pendidikan Andy Rubin

biografi perjalanan sukses penemu android

Andy Rubin

Secara basiclly Andy Rubin adalah seorang lulusan komputer dengan status programer. Andy Rubin lulus pada tahun 1981 di Horace Greeley High School di New York. Sekolah Rubin ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Amerika. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Utica College dengan mengambil jurusan Ilmu komputer dan lulus pada tahun 1986.

Di sini juga merupakan sekolah yang telah meluluskan orang-orang hebat seperti, David P. Weber, Frank Lentricchia dan David F. D’Alessandro. Di sekolah ini kemampuan programmer dari Rubin semakin tak terbendung. Di sini juga Rubin tercatat sebagai lulusan terbaik kedua.

Ia juga merupakan pecinta teknologi. Sudah ada banyak aneka produk teknologi yang ia ciptakan sebelum android salah satunya adalah, tangan robot, pemeriksa retina dan masih banyak lagi. Dan kemudian dia menciptakan sistem operasi android, kala itu namanya masih berkiprah di Google Phone.

Perjalanan Karir Andy Rubin

Beberapa berita biografi Andy Rubin juga menyebutkan bahwa ia pernah bekerja di perusahaan Apple. Ia bekerja di perusahaan Apple sebagai manufaktur pada tahun 1989.

kisah sukses andy rubbin

Eric Schmidt, Andy Rubin dan Hugo Barra

Setelah pernah menjadi karyawan dari Apple, ia membangun perusahaan Artemis Research pada tahun 1995. Perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan yang membuat program acara televisi yang digabungkan dengan teknologi internet.

Selanjutnya setelah Microsoft mengakusisi perusahannya ia memproduksi robot, namun sayangnya pekerjaannya itu tidak berlangsung lama. Masih pada tahun yang sama kemudian ia kembali membangun sebuah perusahaan dan berhasil membuat sebuah perangkat yang memiliki sistem kerja seperti ponsel.

Baca Juga : Biografi Dan Kisah Sukses William Tanuwijaya Pemilik Tokopedia

Andy Rubin menyebut produknya bernama sidekick. Lagi-lagi produknya tersebut dibeli oleh microsoft. Kemudian di sinilah cikal bakal dari Android.Pada waktu itu andy Rubin memberikan sebuah kuliah tamu tentang keunggulan dari sidekick tepat waktu itu juga pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin juga mengikuti jalannya perkuliahan. Kedua pendiri Google tersebut tertarik dengan ide Rubin.

Kemudian ia kembali fokus menata perusahaan baru yang bernama Android Inc. Hingga pada tahun 2005 google resmi membeli Android Inc Andy Rubin hingga sampai saat ini dan produknya juga sudah menjadi sistem operasi di dunia smartphone.

Perjalanan android bersama kisah sukses Andy Rubin

Andy Rubin mengembangkan sebuah sistem operasi android setelah keluar dari Danger Inc. Tujuan utama dari mengembangkan android adalah ia ingin membuat sebuah platform sederhana dan juga fleksibel juga mudah untuk di upgrade yang digabungkan dengan berbagai pengembangan perangkat.

Android mulai dikenal sebagai sistem operasi mulai dari versi 1.0 dan cupcake hingga saat ini bernama android nougat. Android pertama atau yang benar-benar android adalah sebuah telephone ponsel bernama G1.

Ponsel tersebut memiliki konsep yang sangat sederhana karena hanya sebagai sebuah percontohan. Selain itu juga belum ada developer perusahaan yang mau membuat ponsel dari apa yang disebut dengan open source. Itulah saat dimana waktu yang kurang menyenangkan dalam sejarah perkembangan android.

Kemudian pada tahun 2007, perusahaan Google belum menemukan siapapun, termasuk Verizon tidak mau, Sprint yang tidak tertarik, dan AT&T yang tidak langsung menjawab jelas. Juga ini termasuk T- Mobile yang memproduksi G1 sebelumnya.

Selanjutnya perusahaan kembali menjual kontennya dari apapun yang ada di dalamnya. Perusahaan Google tidak boleh mengembangkan kontennya di dalam apa yang mereka buat. Satu- satunya harapan ialah T- Mobile yang sebelumnya sudah mengerjakan G1.

Rubin membuat sebuah perjanjian dengan T-Mobile

Enam bulan sudah tim Android mencoba meyakinkan perusahaan tersebut lagi. Menurut sumber Business Insider: mereka tak mau berurusan dengan Google. Di sinilah peran kekecewaan dari Andy Rubin. Namun akhirnya ia sukses dengan menyakinkan CEO T-Mobile yakni Robert Dodson untuk berturut serta mengembangkan G1 kembali. Ia membuat sebuah perjanjian dengan T-Mobile.

Dimana ia juga terbantu karena ada Nick Sears yang dulu juga merupakan eksekutif marketing bersamanya. Lagi-lagi ia tersandung masalah. Ketika Andy Rubin sedang mengembangkan idenya, CEO Apple yakni Steve Jobs memamerkan smartphone produksinya.

Langkah Rubin bersama tim bergegas untuk mengubah semua komponen yang ada di dalam android. Kemudian jadilah satu smartphone yang berbeda dengan sebelumnya. Di versi pertama tidak ada touch screen dan keybord berada di layar yang bisa dislide. Lain pihak, Apple meluncurkan touch screen pertama yang dihubungkan dengan sistem kerja komputer. Dimana peluncuran Apple merupakan bagian terdalam di produk Google.

Di sana Rubin kembali berpikir apakah ingin meluncurkan produk ini tanpa sentuhan?

Meskipun tim dari Android dapat dikatakan sukses dengan mengikuti alur iPhone dan memangun jalurnya sendiri. Namun, di luar dugaan disadari bahwa iPhone punya andil. iPhone secara eklusif dibangun dibawah bendera AT&T.

Ini merupakan sebuah revolusi mencengangkan tapi menjadi masalah bagi Varizon. Perushaan ini tak punya senjata untuk menyaingi iPhone mereka. Disaat iPhone dipaksa untuk diproduksi, ada pemikiran, ini akan jadi masalah bagi mereka perusahaan pembuat ponsel.

Di bawah pimpinan Andy Rubin android sudah mampu menguasai lebih dari separuh teknologi smartphone di Dunia. Bahkan dengan melihat perkembangannya juga sudah bisa mengalahkan Windows Phone dan iOS yang unggul lebih dulu.

Hal ini membuat Andy Rubin menjadi salah satu pejabat tinggi di Google yaitu Vice President Android Inc. Namun pada tahun 2013 Andy Rubin lagi lagi berubah haluan, ia diangkat menjadi bagian dari divisi robotic di Google.

Sebagai penemu dari berbagai produk teknologi, tak lupa Rubin mendaftarkan produk temuannya agar memiliki hak paten. Contohnya, di Danger Inc. Andy Rubin memiliki tiga buah paten yang didaftarkan pada tahun 2000. Paten paten ini berkaitan dengan metode dalam rekayasa teknologinya pada robotik.

Sekian merupakan kisah sukses Andy Rubin dengan perjalannanya bersama android. Dari kisah di atas tentunya semoga pembaca mendapatkan pelajaran atas kegigihan dari Andy Rubin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply