Cara Baru untuk ‘Membangunkan’ Google Assistant

Selama ini, fitur Google Assistant di perangkat Android bisa dibangunkan dengan perintah suara “OK Google”. Saat ini, ada cara baru untuk mengaktifkan asisten virtual tersebut dengan perintah suara lainnya. Kalimat yang lebih pendek menjadi salah satu alasan penambahan perintah suara ini.

Ya, sekarang pengguna bisa mengatakan “Hey Google” untuk mengaktifkan asisten virtual Google di smartphone Android mereka. Akan tetapi, pembaruannya akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, pembaruan baru akan dirasakan oleh para pengguna Android di Amerika Serikat.

Secara sekilas tidak ada perubahan yang terlalu signifikan. Namun jumlah suku kata membuat pengucapan “Hey Google” dinilai lebih praktis dan cepat. Kalimat “Hey Google” mempunyai tiga suku kata, dibanding dengan “OK Google”, yang mempunyai empat suku kata.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (24/10/2017), perintah suara “Hey Google” ini juga bisa digunakan saat ponsel dalam mode offline. Misal untuk menon-aktifkan aplikasi atau mengubah konfigurasi, seperti Bluetooth, WiFi, flight mode, memainkan musik, menambahkan agenda, dan sebagainya.

Bahkan yang terbaru Google juga menambahkan asisten virtual untuk membantu pengguna lebih cepat saat ingin mengirim pesan WhatsApp.

Bagi pengguna Android di Indonesia yang ingin merasakan pembaruan perintah “Hey Google” ini, harap sedikit bersabar, karena fitur tersebut akan dirilis secara bertahap di Play Store. Untuk memantau pembaruan ini, periksa Play Store di perangkat masing-masing pada bagian Updates.

Leave a Reply