Cara Hemat Kuota Internet di Smartphone Supaya Lebih Irit

Cara Hemat Kuota Internet di Smartphone- Paket data internet kini seolah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Hampir semua aktifitas yang dilakukan di Smartphone bergantung dengan teknologi internet. Bahkan, tanpa kuota internet, Smartphone canggih pun  yang ada ditangan  akan terasa biasa saja. Karena sudah menjadi kebutuhan, itulah mengapa paket data rasanya harus selalu kita miliki.

Namun, jika kita boros dalam menggunakannya, dapat berdampak pula dengan melambungnya pengeluaran kita. Agar uang kita tidak habis hanya untuk hal ini saja, maka penggunaan data internet sebaiknya dikontrol. Nah, bagaimana mengontrol penggunaan paket internet agar lebih hemat? Simak tips hemat kuota internet berikut ini!

cara hemat kuota internet

  1. Baca Situs Kapanpun secara Offline Dengan Chrome

Ketika smartphone terhubung ke jaringan Wifi, sempatkan pula untuk browsing hal-hal menarik. Jika sudah menemukan situs yang menarik, simpan saja dulu halaman tersebut dan baca di lain waktu secara offline. Jika masih ada waktu, kamu bisa lakukan hal yang sama dengan menjelajah situs yang berbeda. Cara menyimpan halaman untuk dibaca offline dengan Chrome yaitu, buka situs yang ingin dibaca secara offline di Chrome > tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas/ menu > pilih print > lalu save as pdf. Simpan di folder Smartphone mana saja untuk dibawa di lain waktu tanpa menyedot paket data.

  1. Hati-hati Dengan Aplikasi yang Boros Data

Tidak semua aplikasi ramah dengan kuota internet kita. Ada beberapa aplikasi yang dapat menguras cepat paket data kita. Jika ingin hemat kuota internet, penggunaan aplikasi yang menyedot data sebaiknya jangan menggunakan data seluler, tapi gunakan Wifi.

Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dulu aplikasi mana yang banyak menguras paket data di Smartphone. Pilih Settings > Data Usage > scroll kebawah dan lihat aplikasi mana yang paling besar penggunaan datanya. Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan jarang sekali digunakan, lebih baik di uninstall saja.

  1. Gunakan Data Saver pada Chrome Agar Hemat Kuota Internet saat Browsing

Umumnya, smartphone android sudah dilengkapi dengan aplikasi google chrome didalam perangkatnya. Untuk kamu yang suka browsing menggunakan Chrome, supaya lebih hemat kuota internet, coba sekarang aktifkan fitur penghemat data yang sudah tersedia di browser ini. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Chrome > pengaturan / settings > penghemat daya/ data saver, lalu geser tombol aktif ke posisi ON.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Memori Penyimpanan Smartphone Dengan Mudah

  1. Gunakan Aplikasi Sosial Media yang Lebih Ringan Supaya Lebih Hemat Kuota Internet

Aplikasi sosial media menjadi salah satu faktor borosnya kuota internet. Tapi, kamu jangan khawatir, karena kamu tetap bisa hemat kuota internet meski rajin update di sosmed. Caranya bisa menggunakan aplikasi sosial media yang lebih ringan, adapula yang cukup melakukan pengaturan mudah pada aplikasi. Untuk Facebook dan Twitter sebaiknya ganti aplikasi tersebut dengan Facebook Lite atau Twitter Lite yang bisa didownload di Play Store.

Sedangkan untuk Instagram, hanya perlu melakukan beberapa pengaturan. Untuk Instagram, silahkan buka Profile > Options > Cellular Data Use > Aktifkan Use Less Data. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan saat terhubung dengan data seluler saja dan tidak berfungsi saat menggunakan Wifi.

  1. Jangan Aktifkan Update Otomatis pada Aplikasi Kalau Ingin Hemat Kuota Internet

Aplikasi android yang kita install terkadang terdapat pembaruan, bahkan adapula aplikasi yang sering sekali mengalami pembaruan. Nah, apabila kita aktifkan Auto Update Apps maka aplikasi yang kita miliki akan melakukan pembaruan secara otomatis, sehingga paket data kita akan tersedot tanpa kita sadari. Terlebih bagi kamu yang menginstal banyak aplikasi.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan agar hemat kuota internet yaitu dengan menonaktifkan Auto Update Apps di PlayStore. Jika ingin memperbarui aplikasi, sebaiknya gunakan jaringan Wifi saja. Caranya, masuk ke Google PlayStore -> Settings -> Auto Update Apps -> Pilih Auto Update Apps Over Wifi atau Do not Auto Update Apps.

Selain cara diatas, kita juga bisa mengaktifkan opsi limit kuota internet pada perangkat smartphone yang kita miliki. Sehingga ketika penggunaan sudah melebihi batas kuota yang ditentukan, maka secara otomatis akan muncul notifikasi tentang penggunaan data yang melebihi batas.

Tidak hanya itu, kita juga bisa melakukan pengaturan dengan mematikan data seluler secara otomatis bila pemakaian kuota internet sudah lebih dari batas yang ditetapkan. Namun, jika tidak terdapat fitur tersebut pada smartphone androidmu, kamu bisa menggunakan aplikasi My Data Manager untuk pengaturan penggunaan data seluler atau aplikasi serupa lainnya.

Dengan menghemat penggunaan data  internet pada smartphone, secara tidak langsung kita sudah mengirit beberapa rupiah biaya pengeluaran. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply