Cara Kerja Asuransi Mobil dan Alasan Kenapa Perlu Membelinya

Moriuz.com – Pastinya semua pemilik kendaraan sudah faham tentang betapa pentingnya asuransi untuk kendaraan miliknya. Pemilik asuransi mobil akan merasa aman karena mendapatkan perlindungan oleh perusahaan asuransi dari berbagai jenis resiko yang mengancam kendaraannya. Seperti yang kita tahu bahwa tiap saat potensi resiko, entah itu menabrak, ditabrak atau resiko lainnya akan selalu membayangi, terlebih jika kita sering berkendara dijalan raya.

Cara Kerja Asuransi

Pada dasarnya cara kerja asuransi mobil adalah saat anda membayar premi pada perusahaan asuransi, maka dana anda dan dana nasabah yang lain akan dikumpulkan menjadi satu dana dalam jumlah yang besar. Kemudian, pihak perusahaan asuransi akan mengelola dana yang terkumpul untuk kemudian uang dari dana tersebut akan diberikan sebagai bentuk kompensasi pemegang polis, apabila sewaktu-waktu terjadi hal buruk/musibah.

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil, ada baiknya kita menengok terlebih dahulu bagaiman undang-undang yang mengatur tentang pengemudi yang ada di Indonesia. Dalam Undang-Undang No. 34 Tahun 194, pengemudi di Indonesia wajib mendapatkan asuransi kecelakaan (setidaknya dari asuransi pihak ketiga). Sedangkan untuk jenis pertanggungan yang lain seperti kebakaran, pencurian ataupun jenis-jenis resiko yang lain, maka hal itu merupakan pilihan dari pemilik kendaraan atau pengemudi itu sendiri.

Diluar gencarnya sosialisasi akan keselamatan berkendara baik oleh pihak kepolisian maupun masyarakat umum, ternyata masih banyak terjadi kecelakaan di jalan raya. Data-data yang terkumpul menyatakan bahwa tingkat kecelakaan kendaraan bermotor di jalan raya tidak mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, meskipun kita sebagai pengemudi sudah berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi segala peraturan berlalu lintas, namun hal tersebut tidak menjamin keselamatan kita seutuhnya jika ternyata dalam prakteknya masih banyak pengemudi lain yang mengemudikan kendaraannya dengan ceroboh.

Tingginya angka kecelakaan tidak membuat orang untuk lebih waspada terhadap keselamatan diri dan orang lain di jalan. Resiko kecelakaan tidak hanya menyangkut nyawa seseorang, tapi juga potensi kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan. Dan sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan potensi akan biaya kerusakan kendaraan pada motor mereka jika terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, memiliki asuransi kendaraan sangat penting, mengingat dengan asuransi mobil akan memberikan jaminan dengan meringankan beban finansial yang diakibatkan oleh kecelakaan atau kehilangan mobil. Selain itu, dengan asuransi mobil, anda juga terhindar dari resiko pengguna jalan lain yang ceroboh.

Membandingkan Asuransi Mobil

Saat ini banyak terdapat ragam produk asuransi mobil berbagai pilihan. Anda bisa memilih produk asuransi yang menurut anda cocok dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Setiap perusahaan asuransi akan mempunyai metodenya sendiri dalam menentukan biaya premi dan jenis perlindungan yang akan diberikan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah jenis asuransi yang bisa memberikan anda banyak proteksi namun tetap dengan besaran premi yang tidak menguras kantong.

Agar lebih mempermudah anda dalam menentukan produk asuransi mobil mana yang akan diambil. Berikut ini adalah poin-poin utama yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil produk asuransi mobil sebuah perusahaan.

1. Apakah ada layanan pertambahan nilai, misalnya penggantian uang transport saat mobil direparasi.
2. Apakah ada kemudahan dalam memperbarui asuransi? Misalnya bisa dilakukan via online
3. Apakah proses klaimnya mudah?
4. Bagaimana dengan jumlah dan lokasi bengkel yang menjadi rekanan?
5. Dan bagaimana layanan perusahaan terhadap konsumennya selama ini?

Itulah beberapa poin penting yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi pesertas asuransi mobil.

Leave a Reply