Cara lain menghemat Memori Internal untuk Smartphone Murah (Low-End)

Cara Menghemat Memori Internal untuk Smartphone (Low-End) – Ruang penyimpanan memang ada batasnya. Terlebih untuk smartphone yang harganya murah. Pastinya ada konskwensi yang harus anda terima. Dan salah satunya adalah kapasitas internal memori yang pas-pasan. Atau lebih tepanya sangat minim, bila di bandingkan dengan kebutuhan penggunanya.

Jika kita tidak bijak dalam mengatur hal tersebut, sangat mungkin kinerja smartphone anda akan tidak maksimal. Karena biasanya, jika kita asal menumpuk file hingga mendekati daya tampung memorinya, menyebabkan smartphone jadi lemot bahkan besar kemungkinan akan sering hang atau eror. Tiba-tiba semua aplikasi yang sedang aktif, berhenti. Dan sejurus kemudian, biasanya akan restart sendiri.

Jika kondisi ini terjadi pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan penggunanya bukan? Belum lagi efek jangka panjang yang ditimbulkan, sangat mungkin jika kejadian ini terus menerus terjadi, akan menyebabkan smartphone anda rusak. Nah untuk mengatasi masalah seperti itu saya mencoba berbagi dalam artikel ini. mengenai cara Menghemat Memori Internal pada smartphone yang tergolong smartphone low end. Silahkan simak Cara cara berikut ini:

Langkah- Langkah Yang Perlu Dilakukan untuk Menghemat Memori Internal di Smartphone Low End

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Ada beberapa aplikasi penting yang harus ada dalam smartphone dan adapula pula beberapa aplikasi tambahan yang sebenarnya kurang perlu diinstal. Terutama jika ada aplikasi yang sebenarnya tidak anda butuhkan sama sekali, yang bahkan anda belum pernah menggunakan aplikasi tersebut sama sekali.

Jadi untuk apa tetap di pertahankan jika tidak ada manfaatnya, segera hapus saja dan anda bisa mendapatkan tambahan ruang lagi, untuk menampung aplikasi atau file yang memang sangat diperlukan. Dalam hal ini, anda harus selektif dalam memilih dan menghapus mana aplikasi yang tidak anda butuhkan dan mana yang benar-benar dibutuhkan. Jika memang sewaktu-waktu, dibutuhkan anda bisa kembali menginstalnya.

Oya, salah satu jenis aplikasi yang memakan uang cukup banyak yaitu aplikasi dalam bentuk game. Bahkan untuk game yang mempunyai grafis tinggi, bisa memakan memori menjadi ukuran 1 GHz lebih.

Jadi pikir ulang, apakah game tersebut memang benar-benar anda butuhkan, atau bisa di ganti dengan yang lain yang tidak terlalu memberatkan memori anda. Dalam menyimpan aplikasi tertentu, anda memang di sarankan menyimpannya di bagian memori internal. Tapi tentunya hanya untuk aplikasi yang sifatnya wajib aja, dan anda tidak punya pilihan lain.

Untuk aplikasi yang menurut anda tidak masalah jika di pindah di memori tambahan atau eksternal, kenapa tidak anda lakukan? Semakin sedikit file yang mengisi internal memori. Tentunya smartphone anda akan lebih enteng saat di gunakan.

2. Beralihlah ke streaming

Bagi anda yang ingin Menghemat Memori Internal tidak ada salahnya jika anda beralih ke streaming. Dengan adanya 4G lite yang kini tengah marak digunakan, maka internet lebih menyenangkan dengan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Bagi anda penggemar musik, anda bisa menggunakan Joox atau spotify untuk memainkan musik yang anda inginkan. Sementara untuk melakukan streaming video, anda bisa mengandalkan hooq, youtube, netflix, serta iflix. Akan lebih baik lagi jika anda menemukan lokasi wifi untuk online. Alhasil, kuota data juga akan lebih banyak terselamatkan.

Penggunaan wifi umumnya bisa di temukan di ragam fasilitas umum seperti halnya kampus, sekolah atau bisa pula di rumah makan dengan tujuan menarik minat pelanggan. Jadi jika menurut anda paket data bukan masalah, (karena memanfaatkan jaringan wifi), maka akan lebih bijak jika anda simpan saja file yang anda butuhkan ke tempat penyimpanan online.

3. Menggunakan ruang penyimpanan eksternal dengan menggunakan USB OTG

Dalam melakukan melakukan streaming, paling asyik menggunakan 4G karena lebih cepat dengan koneksi internet yang tentunya lebih stabil. Meski demikian, bagi anda yang menggunakan smartphone 3G, tidak perlu khawatir. Karena anda bisa menikmati multimedia offline menggunakan USB flash drive melalui jalur OTG.

Penggunaan USB flash drive, dapat membuat ruang penyimpanan tidak terlalu banyak digunakan. Cara ini bisa dilakukan dengan memindahkan file multimedia yang anda miliki ke penyimpanan eksternal. Dan bila sudah selesai anda gunakan, tinggal copot saja, usb flash drive tersebut. Mudah bukan?

4. Lakukan back up pada foto juga video milikmu

Bagi anda yang memiliki smartphone dengan kondisi internal memori yang terbatas, dan juga diperparah dengan minimnya kapasitas eksternal memori juga, maka idelanya anda memanfaatkan coud storage untuk melakukan back up file video maupun foto-foto milikmu. Pastinya anda melakukan hal ini saat menggunakan jaringan wifi, agar paket datamu tidak kebobolan.

Jika cara di atas tidak bisa anda lakukan karena tidak menemukan jaringan internet gratis, maka anda harus rela repot sedikit, untuk memindahkan secara berkala, file-file yang ada pada smartphone anda ke dalam laptop/komputer di rumah.

Nah, bagaimana? banyak cara kan mengakali keterbatasan internal memori pada smartphone kamu. Jika memang belum ada dana untuk membeli smartphone baru yang sesuai dengan kebutuhan kamu, setidaknya cara di atas akan sedikit membantu.

Save

Leave a Reply