Cara Membuat Blog di WordPress & Blogger Step by Step gratis dan mudah

Cara Membuat Blog di WordPress & Blogger Step by Step gratis dan mudah – Ngeblog sudah menjadi aktifitas yang banyak diminati oleh para penjelajah dunia maya saat ini. Banyak orang membuat blog, yang tentunya dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Dari beberapa penyedia platform blog, WordPress dan Blogspot lah yang paling banyak di minati. Nah buat kalian yang awam dan masih pemula sedang mencari panduan cara membuat blog di worpress dan blogspot, berikut ini saya akan bagikan tutorialnya.

A. MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS

Modal utama untuk mempunyai akun blog di WordPress adalah email. Jadi pastikan email yang Anda pakai untuk mendaftar di WordPress adalah email yang active. Setelah urusan email tidak ada masalah, bisa dilanjut ke tahapan-tahapan berikut dibawah ini :

1. Step pertama kunjungi alamat website WordPress di www.wordpress.com . Tunggu layar computer loading dan akan terbuka gambar seperti di bawah ini

cara-membuat-blog-wp1

@copyright by mukidi

2. Masukkan nama blog yang Anda pilih ke kolom yang sudah disediakan. Misalkan, mukidi.wordpress.com. Lanjutkan dengan klik tombol “ Buat Situs Web “ Kalau proses pendaftaran nama blog lancar tanpa hambatan, artinya nama blog yang Anda pilih belum ada yang pakai, otomatis nama blog itu milik menjadi Anda.

3. Setelah itu Anda harus meluangkan waktu sebentar untuk mengisi semacam form identitas untuk akun blog Anda, seperti gambar di bawah ini :

 

cara-membuat-blog-wp2

@copyright by mukidi

 

Kolom email : masukkan alamat email Anda

Kolom Nama Pengguna ( User Name ) : Anda bisa menggunakan nama asli atau boleh juga nickname (mukiditop88). User Name ini diperlukan sewaktu akan login ke akun Anda dan masuk ke dashboard WP (WordPress). Kalau user name Anda ditolak, berarti sudah ada yang menggunakannya. Kalau tidak ada masalah, Anda bisa lanjutkan ke langkah berikutnya.

Password : kata sandi (password) diperlukan untuk menjaga kerahasiaan akun Anda. Pilih password yang mudah diingat agar tidak mengalami kesulitan untuk masuk ke akun Anda sendiri.

Alamat Blog : masukkan nama/ alamat blog yang Anda masukkan di awal tahapan tadi. Kalau alamat blog yang Anda masukkan di langkah awal tadi available ( tersedia), belum dipakai oleh orang/ pengguna lainnya, akan ada tanda centang warna hijau. Tapi kalau sudah ada pengguna lain yang duluan memakai nama / alamat blog yang Anda pilih, maka yang keluar adalah tanda centang merah.

cara-membuat-blog-wp5

@copyright by mukidi

Klik Buat Blog : kalau alamat/ nama blog Anda tidak bermasalah, lanjutkan dengan mengklik “Buat Blog” dilajur kolom “Gratis” . Setelah langkah itu Anda lakukan, WordPress akan mengirimkan email verifikasi ke email Anda.

Setelah urusan pengisian form identitas blog selesai dan Anda sudah verifikasi email yang WordPress kirim , Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya .

4. Mengatur / sesuaikan Blog
Untuk mengatur/ menyesuaikan isi dan tampilan blog, ada 4 langkah yang harus Anda selesaikan

Langkah pertama:

Anda diminta untuk mengisi 3 kolom isian.
Kolom pertama : Judul Blog Anda
Kolom ke dua : slogan atau tag line blog Anda
Kolom ke ketiga : pilihan bahasa yang digunakan

membuat-blog-wordpress-wp3

@copyright by mukidi

Langkah ke dua:

pilih tema blog
Ada puluhan tema gratisan yang disediakan oleh WP. Anda bisa memilih tema sesuai selera Anda atau tampilan seperti apa yang diinginkan untuk blog Anda .

cara-membuat-blog-wp4

@copyright by mukidi

Langkah ke tiga:

sesuaikan tema
Setelah Anda memilih tema tertentu, lanjutkan untuk tekan tombol Sesuaikan . Kalau nanti Anda tidak sreg dengan tampilannya, Anda dapat memilih tema gratisan lainnya dan mengganti tampilannya dengan mudah.

Langkah ke empat:

menghubungkan ke media social ( optional)
Sobat dapat menghubungkan blog Anda dengan media sosial lainnya misalkan, facebook atau twiter. Tapi pilihan ini optional, artinya Anda bisa menghubungkannya atau tidak. Setelah Anda menentukan pilihan, klik tombol berikutnya. Anda akan diminta untuk kembali melakukan verifikasi yang dikirim melalui email. Coba check inbox email Anda untuk melakukan verifikasi / konfirmasike WP.

5. Setelah Anda melakukan verifikasi / konfirmasi email yang dikirim WP ke email Anda, berarti account blog Anda di WordPress sudah active dan Anda sudah sukses mempunyai blog di WordPress. Akan Ada tampilan seperti foto di bawah ini

cara membuat blog wp 6

@copyright by mukidi

B. MEMBUAT BLOG DI BLOGGER/ BLOGSPOT

Sama dengan WordPress, modal utama yang harus dimiliki untuk bisa membuat blog di Blogger adalah email. Mendaftar ke Blogger relative lebih mudah bila dibandingkan dengan mendaftar ke WordPress. Kalau Anda memiliki akun gmail, akan lebih dimudahkan karena Blogger terintegrasi dengan layanan Google. Kalau Anda belum punya akun gmail, disarankan untuk buat dulu akun gmail Anda. Setelah itu, lanjutkan ke tahapan sebagai berikut :

1. Kunjungi url berikut ini : www.blogger.com

2. Login dengan akun gmail Anda

membuat blog di blogger

@copyrught by mukidi

3. Jika Anda belum membuat profil akun Google+, silahkan buat/ di isi dulu. Setelah itu bisa dilanjut untuk daftar Blog. Ada 2 opsi untuk mendaftar
Sobat dapat mendaftar menggunakan nama profil Google+ Anda
Sobat dapat menggunakan nama samaran atau nickname dengan meng-klik Profil terbatas

membuat blog blogspot

@copyright by mukidi

4. Tahapan selanjutnya adalah klik ke Blogger. Kemudian klik menu “Blog Baru”

membuat blog di blogspot

@copy right by mukidi

5. Isi kolom detail informasi blog Anda seperti foto di bawah ini

membuat blog blogspot

@copyright by mukidi

6. Setelah semua kolom informasi Anda isi, berarti blog Anda sudah jadi. Mau lihat penampakkannya, klik saja # See the Blog atau Lihat Blog # . Selanjutnya, Anda sudah bisa mulai blogging.

membuat blog di blogspot

@copyright by mukidi

Nah di atas telah kami bagikan panduan membuat blog di worpress dan di blogger secara step by step. Semoga bermanfaat.

sumber referensi: maxmanroe.com dan sugeng.id

Save

Save

Save

Save

Save

Save

One Response

  1. jenisanjing

Leave a Reply