Cara Memperbaiki Masalah Error 5011 Pada Printer Canon MP237 MP258, MP287

Moriuz.com – Masalah Error 5011. Canon terus berinovasi dalam dunia percetakan, salah satunya dengan memproduksi printer canggih Canon MP258, MP287, dan MP237. Ketiga tipe tersebut memiliki kemampuan multifungsi.

Selain dapat digunakan untuk mencetak berbagai macam data, printer Canon ini juga bisa dipakai untuk melakukan scanner atau pun foto copy. Hal ini tentu sangat membantu pekerjaan manusia terutama para mahasiswa dan pekerja kantoran. Karena tidak perlu lagi pergi ke rental tempat foto copy atau pun warnet untuk melakukan scan dokumen atau foto.

Karena kedua tugas tersebut sudah bisa diselesaikan sekaligus oleh printer Canon MP258, MP287, dan MP237 ini. Namun sayangnya printer Canon MP287, MP258 dan MP237 ini masih memiliki beberapa kelemahan di bagian scanner salah satunya sering terjadi masalah Error 5011. Error ini terjadi karena scanner tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini akan kami jelaskan beberapa penyebab error dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara reset Printer Canon type E400 tanpa Software Resetter, yang Perlu anda Coba

Penyebab dan mengatasi masalah error 5011 Canon MP287, MP258  dan MP237

  1. Scanner unit mengalami kerusakan, satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti scanner dengan yang baru.
  2. Gerakan scanner terganggu, kemungkinan besar penyebab masalah ini adalah scanner yang kotor. Maka solusinya ialah bersihkan scanner dengan hati – hati. Gunakan bahan yang halus dan ketika membersihkannya jangan terlalu kasar karena scanner memiliki beberapa bagian yang sensitif
  3. Kabel data Flexible scanner bergeser atau ada yang putus, solusinya, lepaskan kabel scanner lalu bersihkan dengan hati – hati, setelah itu pasangkan lagi. Jika kabel putus, maka anda harus menggantinya dengan yang baru
  4. Main board printer rusak di bagian blok scanner, maka anda harus mengganti bagian board dengan yang baru.

Untuk mendeteksi salah satu penyebab masalah di atas, anda harus memiliki spare part OK yang dapat digunakan untuk melakukan tester atau percobaan.

Itu dia beberapa penyebab nasalah error 5011 atau P22 pada printer Canon MP258, MP287, dan MP237, semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply