Cara Mencegah Virus Di Handphone Android, Lakukan Tips Jitu ini!

Cara Mencegah Virus Di Handphone Android, Silahkan Lakukan Cara Jitu ini! – Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, kini keberadaan ponsel pintar atau smartphone bisa digunakan sebagai media hiburan bagi para penggunanya. Bermain game, mendengarkan musik serta membaca berita pun bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Keberadaan aplikasi pihak ketiga memang sangat membantu para pengguna untuk mengoptimalkan kinerja mesin ponsel. Sayangnya, penggunaan aplikasi yang terkoneksi dengan jaringan internet tersebut, sering di manfaatkan para hacker untuk memasukkan virus berbahaya yang bisa merusak sistem smartphone.

Nah, berikut ini akan kami bagikan Cara Mencegah virus di handphone android . Silahkan disimak.

Cara Mencegah Virus Di Handphone Android

1. Selalu Update OS dan Aplikasi Bawaan Smartphone

Melakukan update software atau firmware pada ponsel android anda sangat lah penting. Ini merupakan salah satu bentuk proteksi yang dapat anda lakukan pada smartphone anda. Anda dapat menggunakan layanan purna jual dari smartphone yang anda pakai untuk melakukan update software atau sistem operasi android terbaru.

Selain itu, penggunaan jaringan Wi-Fi yang ada di sekitar anda dapat dimanfaatkan untuk mengupdate aplikasi yang terisntal di ponsel android anda.

Untuk beberapa ponsel android, perintah update software muncul dalam bentuk notifikasi saat ponsel menemukan sistem terbaru. Tetapi anda juga bisa melakukan pengecekan pada system update pada menu setting untuk mengetahui software atau firmware yang sedang anda gunakan saat ini.

2. Minimilisir Terkoneksi Dengan Wifi Gratis

Intensitas tinggi pada ponsel yang terkoneksi dengan Wifi menjadi kesempatan bagi para hacker untuk menyusupkan virus berbahaya ke ponsel Android anda. Terutama bagi ponsel android yang masih menggunakan platform sistem operasi Android versi 2.3 ke bawah.

Aplikasi Client Log in yang menggunakan aythentication protocol masih memiliki sistem keamanan yang rendah.
Penggunaan aplikasi pihak ke tiga SSH Tunnel yang dapat anda download di playstore bisa dijadikan solusi untuk melindungi ponsel android anda dari serangan hacker ataupun virus berbahaya yang ada di aplikasi ponsel yang mungkin akan anda gunakan.

3. Waspadai Aplikasi yang meminta Data Pribadi

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga untuk ponsel android yang meminta akses data pribadi pengguna ponsel. Kami sangat menyarankan anda untuk lebih berhati – hati serta melakukan pengecekan ulang terhadap aplikasi tersebut. Pengunaan akses data pribadi sering digunakan oleh para hacker untuk mengakses informasi pada ponsel untuk menyisipkan virus pada software serta mengambil data – data penting lain yang ada di ponsel android anda.

Baca Juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Cepat Panas

4. Pengaturan Keamanan Perangkat

Pengaturan keamanan perangkat pada ponsel android sangatlah penting. Ini bertujuan untuk melindungi ponsel dari virus berbahaya yang sering menyerang ponsel berbasis os android seperti malware. Pihak Google sudah menyediakan Verify Apps pada menu setting tiap ponsel android. Fitur Verify Apps ini akan memverifikasi “kebersihan” dari tiap aplikasi yang akan anda pasang.

5. Selalu Menggunakan Aplikasi dari Penyedia Software Yang Terpercaya

Menghindari aplikasi bajakan menjadi salah satu cara mencegah smartphone android dari virus berbahaya. Sangat disarankan bagi para pengguna ponsel android untuk lebih memperhatikan testomi atau informasi tentang aplikasi yang akan anda pasang.

Penggunaan aplikasi berbayar memiliki jaminan keamanan bagi ponsel anda dari serangan virus berbahaya yang mungkin bisa mencuri data atau informasi penting yang tersimpan dalam smartphone android anda.

Dan jangan Lupa selalu menggunakan Aplikasi dari Penyedia layanan download software yang terpercaya seperti google playstore

6. Gunakan Antivirus versi terbaru (selalu diupdate)

Penggunaan anti virus versi terbaru merupakan solusi yang tepat untuk mecegah smartphone anroid dari serangan virus berbahaya. Banyak pihak ketiga yang menawarkan jasa ini. Tapi pilihlah aplikasi anti virus dengan versi terbaru untuk mendapatkan proteksi yang lebih tinggi.

7. Hindari Komputer yang terinfeksi Virus Ketika Transfer File dari Komputer

Melakukan Transfer file/ data dari computer ke smartphone atau sebaliknnya dari smartphone ke computer memang hal yang umum dilakukan oleh pengguna smartphone. Hal ini perlu diwaspadai Karena Komputer tersebut bisa saja sudah terinfeksi virus.

Kemudian virus tersebut akan masuk ke smartphone anda ketika anda memindahkan file seperti foto, music atau data yang lainnya.

Gunakanlah computer pribadi untuk transfer file ke smartphone anda, jangan gunakan computer yang digunakan bersama. Seperti dikantor, warnet dan sekolah.

Demikian di atas ulasan singkat mengenai  cara mencegah Virus di handphone android. Semoga salah satu dari tujuh cara diatas dapat anda gunakan sebagai solusi yang sedang anda cari. Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply