Penyebab Dan Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Cepat Panas

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Cepat Panas |Memiliki ponsel android memang tidak bisa dihindarkan dengan yang namanya Panas pada mesin ponsel, panas yang terjadi pada mesin ponsel android merupakan salah satu keadaan yang cukup biasa terjadi untuk setiap ponsel yang anda beli.

Dan bukan berarti ponsel yang mengalami panas pada saat digunakan merupakan ponsel yang mempunyai potensi untuk rusak kedepannya, belum tentu seperti itu.

Bisa jadi mesin ataupun proseccor yang digunakan terlalu berat untuk menjalankan beberapa aplikasi yang ada didalam ponsel, jadi wajar saja keadaan ponsel menjadi panas. Tapi perlu anda ketahui sebagai seorang pengguna ponsel android. Ponsel yang mungkin bisa jadi tiba-tiba panas saat digunakan mengalami gangguan tertentu yang tidak biasa anda alami.

Misalnya ketika anda terlalu lama menggunakan ponsel untuk bermain games, kemundian terlalu lama menggunakan ponsel untuk Chattingan sambil di charger.

Hal-hal seperti itu yang memicu ponsel android menjadi cepat panas. Nah ada beberapa hal penyebab ponsel android cepat panas dan juga cara mengatasinya. Berikut penjelasannya :

a. Terlalu banyak menggunakan aplikasi

Yang pertama penyebab ponsel android yang cepat panas adalah penggunaan aplikasi yang terlalu banyak didalam ponsel. Hal seperti ini yang membuat keadaan ponsel menjadi cepat panas, aplikasi-aplikasi berat seperti facebook, BBM dan lain-lain mudah sekali memicu ponsel menjadi lekas panas. Pasalnya aplikasi yang berukuran besar juga akan memakan RAM dan space yang besar.

Besar kemungkinan aplikasi ini juga mempunyai sistem kerja Of run yang artinya tetap akan berjalan walaupun anda sudah mematikannya. Biasanya pemberitahuan dan notifikasi yang selalu muncul dilayar ponsel akan memicu ponsel tidak berhenti bekerja atau beristirahat. Maka dari pada itu untuk mengurangi panas pada ponsel alangkah lebih baiknya instal aplikasi yang benar-benar dan memang penting untuk anda gunakan.

Jangan semua aplikasi di instal didalam ponsel dan kemudian mengaktifkan semua pemberitahuan yang ada. Jika terus-terusan seperti ini maka kinerja dari RAM dan proseccor ponsel lama-kelamaan akan semakin lemah dan ponsel akan sering kali restart sendiri.

b. Jangan gunakan untuk bermain games terus menerus

Yang berikutnya jangan sering kali menggunakan ponsel untuk kegiatan bermain games terus menerus, anda boleh menggunakan ponsel untuk bermain games. Namun ingat dengan batasan yang diberikan.

Jangan membuat mesin bekerja secara cepat, hal seperti ini akan membuat keadaan mesin tidak bisa bekerja dengan normal dan pada akhirnya membuat kinerja ponsel menjadi lambat dan cepat sekali panas.

Walaupun pada dasarnya spesifikasi ponsel anda cukup mendukung untuk kegiatan bermain games Tapi belum tentu juga games yang anda instal merupakan Games yang seluruhnya support dengan komponen ponsel android milik anda. Untuk karena itu pastikan selalu menggunakan ponsel dalam batasan yang wajar saja dan jangan terlalu dipaksakan dalam penggunaanya.

Instal games yang tidak terlalu berat, minimal untuk ukuran games sendiri sebelum diinstal adalah 100 MB dan jika sudah tidak lebih dari 200 Mb, hal ini untuk mengatisipasi terjadinya space yang penuh pada bagian RAM yang bisa mengakibatkan ponsel panas dan akhirnya mengalami restart sendiri.

c. Dicharger terlalu lama

Kebanyakan pengguna ponsel belum tahu benar bahwa ponsel yang dichager dalam waktu yang lama cukup berbahaya untuk kerusakan ponsel itu sendiri dan keamanan dari pengguna ponsel. Ponsel yang dicharger terlalu lama maka bisa jadi akan kelebihan daya dari kapasitas Normal yang seharusnya.

Lebih baik kalau anda ingin mengisi daya ponsel jangan ditinggal kemana-mana, perhatikan idealnya berapa jam anda biasanya mendapatkan posisi baterai ponsel penuh. Ini akan mengurangi dampak terjadinya pemanasan pada baterai.

Perlu anda ketahui bahwa ponsel yang cepat panas karena terlalu lama dichager mempunyai kemungkinan untuk rusak. Mulai dari kerusakan paling sederhana yaitu Pemanasan yang tidak akan berhenti, kemudian kembungnya baterai ponsel dan akhirnya meleduknya ponsel.

Antisipasi keselamatan ini mungkin seharusnya sudah anda dapatkan terlebih dahulu sebelum anda membeli sebuah ponsel android. Kemudian ingat kembali jangan mencharger ponsel di Busa ataupun di tempat yang lembab udara. Hal ini akan membuat ponsel sulit dalam bernapas layaknya manusia. Mungkin anda bisa mencobanya dirumah, meletakan ponsel terlalu lama di Kasur atau busa,

Pasti akan mulai panas. Berbeda ketika anda meletakan ponsel di Meja maupun di tempat yang dingin misalnya saja lantai dalam waktu yang cukup lama. Pasti tidak akan panas.

d. Salah Rooting

Yang berikutnya penyebab ponsel android yang cepat panas adalah kesalahan anda sendiri pada sata melakukan Rooting, rooting atau Jail Break merupakan suatu kegiatan yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan ponsel dengan performa yang bagus. Dengan adanya kegiatan Rooting seperti ini memungkinan semua orang bsia menginstalilasi ponsel aplikasi yang sebelumnya sama sekali tidak support menjadi lebih support.

Nah kesalahan dalam proses rooting ini tidak bisa dirasakan secara langsung, tapi pertahap. Misalnya jika menggunakan ponsel terlalu lama maka keadaanya menjadi panas padahal hanya dalam keadaan stand By saja, nah hal seperti ini patut anda curigai kenapa ponsel bisa panas hanya dalam keadaan diam saja ? berarti ada kesalahan tertentu pada komponen ponsel pada saat proses Rooting dijalankan. Lebih baik unrooting kembali jika anda menemukan kejanggalan seperti ini, dari pada semakin parah dan akhirnya membuat ponsel menjadi rusak.

e. Kesalahan instalilasi ROM

Yang berikutnya adalah kesalahan dalam melakukan instalisasi ROM android, kesalahan ini memang sering kali terjadi pada ponsel android yang tidak selamanya bisa support dengan ROM yang anda instal. Bisa jadi ada beberapa sistem komponen baik dari ROM maupun dari ponsel yang tidak bisa support satu sama lainnya, sehingga terjadi yang namanya Error sistem.

Pada saat seperti ini mungkin keadaan ponsel sama sekali tidak akan mati atau menunjukan gejala apapun. Yang pasti selalu ada notifikasi aplikasi berhenti bekerja dan seterusnya. Itu yang saya maksudkan sebagai kegagalan sistem yang perlu anda perhatikan dengan baik. Kegagalan sistem seperti itu tentu akan mempengaruhi komponen sistem lainnya yang begitu penting.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa ponsel android cepat sekali mengalami panas, jika anda mempunyai alasan lain yang bisa anda berikan maka silahkan tulisan dikolom komentar dibawah ini seperti apa penyebab ponsel android cepat panas lainnya. Yang pasti penyebab ponsel menjadi panas bukan hanya masalah faktor internal saja melainkan juga adanya campur tangan Faktor Eksternal yaitu dari anda sendiri yang menggunakannnya.

Lebih baik gunakan dengan bijak jika mempunyai ponsel android dan jangan menggunakan terlalu dipaksakan. Semoga informasi ini cukup berguna dan bermanfaat untuk teman-teman. Jangan lupa share artikel ini jika cukup bermanfaat. Terimakasih dan jangan lupa berkunjung kembali.

Leave a Reply