Cara Mengatasi Tombol Home Di Iphone Yang Error Dan Tidak Berfungsi

Moriuz.com – Cara Mengatasi Tombol Home Di Iphone Yang Error. Apakah anda pengguna Iphone? Dan pernahkan mengalami masalah atau kerusakan pada perangkat iphone anda? Jika anda pengguna iphone yang sudah lama, saya yakin anda pernah mengalaminya. Berbicara mengenai kerusakan pada iphone tentunya tidak jauh dari komponen yang bermasalah pada iphone itu sendiri.

Banyak jenis kerusakan atau permasalahan yang sering atau kadang terjadi pada salah salah satu perangkat besutan apple ini. Namun pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kerusakan atau error pada tombol home di iphone.

Perlu diketahui akibat dari tombol home atau tombol menu yang eror pada iphone anda, biasanya akan mengalami kinerja tombol home tersebut tidak berfungsi dengan baik. Seperti kurang resonsif pada saat ditekan, dan kemungkinan juga terjadi tak berfungsi sama sekali.

Oleh karena hal itu, sebelum membahas pada inti permasalahan, ada baiknya kita mengetahui hal- hal apa saja yang dapat mengakibatkan error, atau mengenali penyebab – penyebab tombol home di iphone menjadi rusak atau tidak responsive.

Penyebab Tombol Home Di Iphone yang Tidak Berfungsi

Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan error atau rusak pada tombol home di iphone, diantaranya: terlalu sering di gunakan sehingga membuat tombol menjadi macet karena plat didalamnya tidak kembali ke posisi normal. Untuk mengurangi penggunaan alangkah baiknya gunakan fitur “Assistive Touch”. Fitur ini merupakan Virtual Home dari perangkat iphone, sebenarnya fitur Assistive Touch di rancang untuk pengguna yang mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat iphone tersebut. Misalnya pengguna yang sudah lanjut usia karena penglihatannya kurang begitu baik.

Selain itu factor yang menyebabkan tombol home tidak responsive atau error, karena adanya kotoran atau debu yang sudah tertumpuk, sehingga berakibat kinerja pada tombol home di iphone itu sendiri tidak maksimal.

Dan Penyebab berikutnya adalah karena posisi body pada iphone anda tidak tertutup rapat. Mengapa bisa terjadi demikian? Bisanya masalah seperti ini terjadi apabila baterai dalam iphone anda sudah menggelumbung alias hamil.
Iphone yang baterainya sudah menggelumbung atau hamil bisanya di bagian casing atau body pada iphone itu sendiri tidak rapat, karena konektor tombol home tersebut mengangkat dan tidak terhubung dengan board diabagian dalamnya.

Itulah beberapa penyebab umum yang dapat mengakibatkan tombol home di iphone anda menjadi error dan tidak berfungsi dengan baik. Namun anda tidak perlu khawatir atau panik atas permasalahan tersebut. Karena ada beberapa cara untuk memperbaiki tombol home di iphone dengan kerusakan- kerusakan seperti yang saya jelaskan tadi. Silahkan mencoba cara- cara untuk memperbaiki tombol home di iphone berikut ini:

Beberapa Cara memperbaiki Tombol Home di Iphone (Home Button)

Untuk masalah memperbaiki tombol home di iphone yang mengalami macet atau error sebenarnya banyak cara yang mesti di coba oleh anda. Beberapa cara tersebut silahkan anda simak berikut ini:

1. Dengan Cara Mereset Iphone Anda.

Cara pertama untuk melakukan perbaikan tombol home atau Home Button yang bermasalah pada iphone anda yaitu dengan cara melakukan reset atau restart di perangkat iphone anda. Anda pasti bingung dengan cara ini karena bagaimana untuk melakukan reset sedangkan tombol home nya saja error.

Memang untuk melakukan reset pada iphone biasanya dengan cara menekan tombol power dan tombol home, tetapi anda jangan menyerah begitu saja, karena ada cara lain untuk mereset iphone tanpa menggunakan tombol home seperti biasanya. Caranya dengan mengubah teks menjadi bold dari aksebilitas di menu pengaturan. Karena dengan mngubah font tersebut akan melakukan soft reset otomatis pada perangkat iphone anda. Bagaimana cara untuk reset tanpa tombol home di iphone yang dimaksud?

Cara reset iphone tanpa tombol Home

Dengan cara mengubah teks menjadi tebal/ bold: pilih menu setting, klik general kemudian pilih “Accessibility”, lihat di bagian Bold Text pindahkan posisinya menjadi ON. Jika ada pesan, klik continue. Tunggu beberapa detik karena iphone anda sedang melakukan soft reset. Perlu digaris bawahi cara melakukan reset ini hanya belaku untuk OS iOs 7 dan iOs 8, karena versi yang lain saya belum pernah mencobanya.

Selain itu ada cara lain lagi untuk reset iphone tanpa menggunakan tombol home yaitu dengan cara me reset jaringan di iphone (reset Networking setting). Hal ini juga dapat anda lakukan ketika mengalami masalah pada jaringan data internet anda. Langkah- langkah nya yaitu; Buka menu setting, klik general, lalu pilih reset, kemudian pilih “Reset Network Setting”, maka akan anda pemberitahuan permintaan persetujuan.

Nah cara- cara berikut tadi merupakan cara untuk memperbaiki tombol home di iphone, dengan cara melakukan reset iphone.

Namun jika dengan cara mereset tetapi tombol home belum saja normal coba lakukan cara lain lagi. Silahkan simak cara lain selanjutnya.

2. Dengan Cara Kalibrasi

Tombol home di iphone juga mempunyai titik jenuh seperti halnya touchscreen dan baterai. Jadi membutuhkan kalibrasi agar lebih optimal lagi kinerjanya. Apalagi setelah digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Nah untuk cara meng kalibrasi tombol home anda bisa melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan teman atau teknisi handphone. Caranya buka aplikasi bawaan iphone seperti “weather” , “stock” dan “calender”, kemudian tekan tombol power lama hingga muncul perintah “slide to off” sampai sini biarkan saja sejenak anda jangan di menggesernya atau mematikannya, lalu tekan tombol home yang lama hingga perintah “slide to off” tadi hilang.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Iphone, Terbukti Berhasil

3. Dengan Membersihkan Kotoran atau Debu Didalamnya

Jika cara diatas anda tidak berhasil juga, coba dengan cara mebersihkan debu didalamnya. Debu atau kotoran yang melekat pada tombol home di iphone menjadi salah satu factor kerusakan atau error. Karena semakin lama iphone itu kita gunakan maka kemungkinan besar akan semakin banyak kotoran yang menempel didialamnya. Apalagi pengguna iphone tersebut sering berkeringat atau sering menggunakannya setelah memegang makanan yang berminyak. Nah untuk mengatasi hal ini anda bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih, seperti cairan cleaner, alcohol, atau anda bisa juga gunakan cairan pembersih kacamata.

Caranya lumasi tombol home dengan cairan pembersih, olesi dengan sentuhan pelan menggunakan ujung jari. Atau agar lebih afdol lagi anda bisa membuka cassing caranya buka 2 baut yang di bagian bawah. Untuk membuka 2 baut tersebut anda membutuhkan Obeng khusus Iphone, anda bisa mendapatkannya di penjual sparepart handphone harganya sekitar 5-15ribuan.

4. Periksa Kerapatan Cassing

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas mengenai penyebab tomol home di iphone error. Salah satunya ialah karena kondisi baterai yang sudah kembung atau hamil, sehingga membuat posisi kerapatan casing iphone menganggang.
Jika terjadi seperti demikian akan berakibat tombol home tidak berfungsi dengan baik. Dengan posisi casing menganggang maka konektor atau fleksibel tombol home tidak menyentuh ke bagian board didalamnya. Untuk mengatasi hal ini anda bisa coba mengganti baterai yang sudah kembung dengan yang baru. Baterai iphone anda bisa membelinya di tokopedia atau bukalapak harganya sekitar 50ribu sampai `150 ribuan. Harga tersebut tergantung tipe iphone dan kualitas keaslian baterai.

Demikian saya jelaskan penyebab dan cara memperbaiki tombol home di iphone yang error atau rusak. Jika beberapa cara diatas tidak berhasil anda lakukan. Kemungkinan besar tombol home anda mengalami kerusakan yang fatal di bagian fleksible tombol home iphone anda.

Jika terjadi demikian saya rekomendasikan anda mengganti fleksible tombol homenya. Anda bisa membelinya di tokopedia atau bukalapak harganya sekitar 20 ribu sampai 50 ribuan. Atau agar lebih mudah lagi anda bisa membawanya ke tempat service Hp untuk mengganti fleksible tombol homenya.

Sekian pembahasan mengenai tombol home di iphone yang error. Jika ada penjelasan yang sullit dipahami anda bisa bertanya melalui kolom komentar. Namun jika artikel ini bermanfaat, silahkan anda share di akun media sosial anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply