Cara Mengetahui Kecepatan Loading Gambar, Penting Untuk Blogger Pemula!

Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar – Dalam dunia blogging gambar adalah salah satu elemen penting pada sebuah blog. Blog maupun web yang menggunakan gambar tentunya memberikan nilai lebih pada blog itu sendiri.

Misalkan ketika anda membaca berita pada sebuah situs, situs A memberitakan suatu kejadian tetapi dalam halaman tersebut tidak menyertakan gambar, sedangkan situs B memberitakan suatu kejadian menggunakan gambar kronologis dalam kejadian tersebut.

Berita mana yang akan anda baca? pastinya anda akan memilih untuk membaca terlebih dahulu sajian berita dari situs B. Nah inilah mengapa gambar menjadi elemen terpenting dalam sebuah web ataupun blog.

Selain hal tersebut di atas, dalam teknik penerapan ilmu seo pun, gambar juga mempunyai peranan penting dalam optimasi pada sebuah blog. Itu artinya sebuah blog bisa terbantu dalam upaya optimasi pada mesin pencari atau search engine google.

Sementara itu ada pendapat lain mengatakan bahwa sebuah blog yang banyak menggunakan gambar maka akan menambah beban loading blog itu sendiri,memang benar pendapat tersebut. Karena dalam setiap gambar masing-masing mempunyai spesifikasi yang berbeda.

Perlu ketahui pada setiap gambar yang akan anda sisipkan mempunyai kualitas resolusi yang berbeda. Dan dalam menyisipkan gambar ke blog yang sedang anda kelola wajib untuk diperhatikan performa dari gambar itu sendiri, karena kecepatan loading gambar yang akan disisipkan dalam artikel akan berpengaruh pada kecepatan blog tersebut.

Perhatikan Kecepatan Loading Gambar Sebelum posting artikel!

Biasanya seorang blogger untuk mengatasi hal tersebut mempunyai teknik tersendiri. Berbagai upaya dilakukan untuk memperkecil kecepatan loading gambar, seperti mengedit dan mengkompres gambar. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk mengehmat ruang hosting yang tersisa.

Mungkin bagi para Blogger yang sudah mahir untuk mengetahui kecepatan loading gambar pasti bukan permasalahan buat mereka. Namun saya berbagi hal ini untuk anda yang masih pemula atau masih baru terjun di dunia blogging.

Biasanya seorang blogger pemula tidak memperhatikan masalah kecepatan loading gambar pada blog yang sedang dikelolanya. Karena menurut pengalaman saya, jangankan fokus pada pengelolaan gambar, untuk update artikel per hari nya saja banyak menyita waktu.

Oleh Karena itu bagi anda yang pemula dan belum mengetahui bagaimana cara nya untuk mengetahui kecepatan loading gambar, saya akan mencoba berbagi hal ini pada anda. Simak caranya berikut ini:

Bagaimana Caranya untuk mengetahui Kecepata loading Gambar?

  1. Untuk mengetahui kecepatan loading pada gambar pada pembahasan kali ini, pertama anda harus menginstal aplikasi/ software Adobe Photoshop.
  2. Setelah Aplikasi Photoshop di instal di laptop/ pc anda, jalankan aplikasi photoshopnya.
    Selanjutnya buka gambar yang di cek kecepatan loading gambarnya, dengan cara klik FILE >> OPEN, pilih gambar yang akan di cek.
  3. Jika gambar sudah tampil di photshop, klik FILE >> SAVE FOR WEB & DEVICE

    Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar

    Tampilan Pada Photoshop

  4. Setelah akan tampil seperti gambar dibawah ini:
Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar 06

Tampilah Setelah Klik Save for Web

5. Perhatikan yang berada di sebelah pojok kiri bawah menunjukan besaran file yang di hasilkan dan kecepatan loading gambar per second/ detik.

Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar 07

Menunjukan hasil file dan kecepatan loading

6. Jika anda untuk mengompress atau mencoba coba mengurangi kecepatan gambar tersebut anda tinggal coba satu per satu opsi yang seperti gambar di bawah ini, sedikit perubahan dari opsi yang di pilih maka akan berubah kecepatan load pada gambar itu sendiri.

Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar 03

A

Cara Mengetahui Kecepatan loading Gambar 04

B

Sampai tahap ini anda sudah bisa mengetahui keceptan loading gambar, sekaligus mengompress gambar untuk upload pada blog atau web anda. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply