Kuota Boros, ini 7 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet – Sekarang ini, sepertinya semakin hari harga paket data internet semakin mahal saja Jika di rumah anda ada wifi atau jaringan gratis lainnya, tentu hal ini tidak masalah. Tetapi jika tidak, maka sebaiknya harus pintar-pintar dalam mengatur penggunaan paketan internet anda.

Jika tidak, bukan tidak mungkin paket data anda akan habis lebih cepat dari yang seharusnya.
Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan sahre beberapa trik buat pembaca semua, agar penggunaan paket data android anda bisa di tekan, atau diminimalisir sehemat mungkin.

Baca Juga: #5 Tips Menghemat RAM Smartphone yang Sering Lemot

Penasaran kan pengen tahu caranya? Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara menghemat kuota Internet di smartphone android

1. Jangan Aktifkan Sinkronisasi yang Tidak Penting

Cara menghemat paket data yang pertama  adalah non-aktifkan sinkronisasi aplikasi yang tidak penting atau tidak Anda gunakan setiap hari. Sinkronisasi akan menyedot kuota Anda setiap kali Anda aktifkan mobile data. Cara untuk men-non-aktifkannya, Anda bisa masuk meuju menu Setting → Accounts lalu pilih saja akun yang harus kamu non-aktifkan. Mudah kan?

2. Batasi Penggunaan Data Background

Cara menghemat kuota internet berikutya adalah  membatasi penggunaan data backround. Anda bisa matikan penggunaan data background agar kuota Anda tidak cepat habis. Caranya masuk ke menu Setting → Data Usage lalu klik tiga garis vertikal di sebelah kanan atas, lalu klik Restict background data lalu OK atau YES.

Cara ini dapat memotong aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan bersamaan, namun kelemahannya, notifikasi yang Anda dapatkan akan terlambat masuk.

3. Batasi Penggunaan Data dari Masing-masing Aplikasi yang Anda Gunakan

Berikutya cara menghemat kuota di android yakni dengan membatasi penggunaan data aplikasi yang digunakan. Setiap aplikasi memiliki opsi datanya tersendiri, Data Usage bukan satu-satunya cara agar kota Anda dibatasi. Caranya Anda bisa masuk saja ke menu setting dari applikasi tersebut, sebagai contoh Google Photos, masuk ke Settings lalu Back Up & Sync dan lihat opsi penghematan data Anda,

4. Gunakan Opsi “Data Saver” Untuk Browsing di Google Chrome

Jika Anda memilih Google Chrome sebagai perantara browsing, maka Anda bisa membatasi penggunaan data untuk aktifitas browsing Anda. Caranya menu lalu Setting → Data Saver lalu ON. Cara menghemat kuota yang ini sangatlah menguntungkan, karena Anda dapat membatasi pemakaian kuota internet Anda hingga 50%.

5.Batasi Penggunaan Data Internet dan Aktifkan Peringatan

Selanjutnya cara menghemat kuota data di hp android adalah membatasi penggunaan kuota Anda di Data Usage yang ada di menu setting. Anda bisa batasi penggunaan data sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga bisa gunakan fitur pengingat apabila penggunaan data Anda sudah melampaui batas. Caranya masuk ke menu Settings → Celular Data → Set Cellular Data Limit. Klik untuk mengaktifkan peringatanya.

6. Ketahui Aplikasi yang Boros Kuota Data Anda ini cara menghemat kuota yang umum dilakukan.

Beberapa aplikasi memang di desain baik untuk menyaring infromasi, namun data yang diambilpun tidak sedikit. Maka dari itu coba anda cek aplikasi apa sajakah yang memakan banyak kuota Anda.

Caranya buka menu Settings -> Data Usage lalu scroll ke bawah dan cek daftar aplikasi yang boros kuota Anda. Salah satu cara paling ampuh adalah menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Dengan hal ini tentu saja kuota Anda akan lebih hemat lagi.

7. Non-Aktifkan Aplikasi yang Akan di Update Otomatis

Cara terakhir agar Anda lebih menghemat kuota adalah dengan menon-aktifkan aplikasi yang di update otomatis. Apabila Anda pengguna Google Play Store, maka tentu saja aplikasi dengan versi terbaru pun akan secara otomatis di update. Tapi Anda tetap bisa mengganti pengaturan ini. Caranya dengan mengaktifkan menu Wifi Only untuk meng-update aplikasi. Apabila Anda menggunakan jaringan mobile data maka tentu saja akan menguras kuota Anda. Caranya masuk pada menu Settings -> Auto Update Apps lalu pilih opsi Auto Update Apps Over Wifi Only.

Itulah 7 cara menghemat kuota paket data di android yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba

Leave a Reply