Cara mengubah bahasa di mozilla dan chrome

Cara mengubah bahasa di mozilla dan di chrome – Aplikasi browser yang sangat banyak diminati adalah mozilla fire fox dan chrome. Dari kedua browser ini secara defaultnya menggunakan bahasa inggris. Memang ini bukan suatu kendala atau masalah bagi anda yang mengerti bahasa inggris.

Tetapi ada beberapa pengguna juga masih terbiasa menggunakan bahasa indonesia. Nah kali ini saya akan memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Untuk mengubah bahasa di mozilla maupun di chorome sebenarnya bukan hal yang sulit. Tetapi hal ini akan menjadi pertimbangan buat pengguna yang sudah mempunyai banyak bookmark di web browsernya khususnya pengguna mozilla firefox.

Karena yang biasa dilakukan pengguna untuk menggunakan bahasa indonesia di mozia firefox.  Biasanya mendownload mozilla versi indonesia ini memang cukup mudah tinggal klik dan downoad. Tetapi bagaimana nasib boorkmark yang ada sebelumnya?

Oleh karena itu saya akan memberikan solusi untuk mengubah bahasa di mozilla dan di chorome. Dengan mudah dan tanpa menghilangkan bookmark yang ada.Silahkan simak cara dan langkahnya berikut ini:

Langkah- Langkah mengubah bahasa di mozilla dan di chrome

Cara mengubah bahasa di Mozilla firefox:

pertama buka isntal dan download add-ons indonesia (ID) language Pack for firefox di link https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/indonesian-langpack/.

cara mengubah bahasa di mozila dan di chrome

addons Language Pack

  • Ketik url “about:config” (tanpa tanda Kutip) pada adress bar mozilla firefox
    selanjutnya cari “general.useragent.locale” setelah ketemu ganti valuenya menjadi id-ID untuk bahasa indonesia, jika anda menggunakan bahasa yang lainnyabisa download addons nya di  https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/language-tools/

Dan untuk nilai value nya anda bisa mengikuti seperti yang ada di link ini:

https://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms533052%28v=vs.85%29.aspx?f=255&MSPPError=-2147217396

Nah di atas adalah tahap- tahap untuk mengubah bahasa mozilla firfox, selanjutnya kita ke tahap mengubah bahasa di browser chrome:

Cara mengubah bahasa di Chrome

untuk mengubah bahasa di chrome ini berbedia dengan cara mengubah bahasa dimozilla. jika di mozilla anda perlu mendownload addons language pack nya terlebih dahulu. Namun di chrome tidak perlu mendownload atau instal apapun. untuk mengubah bahasa di chrome simak caranya berikut ini:

  • Yang pertama anda lakukan, klik menu customize and control google chrome atau icon yang bergammbar titik 3 seperti pada gambar 02.
mengubah bahasa di mozilla

Gambar 02

  • Selanjutnya Klik “settings” dan anda akan dibawa kehalaman chrome://settings/.
  • Geser/ scrool kebawah selanjutnya klik link “show advanced setting…” persis yang saya kasih tanda merah.

mengubah bahasa di mozilla 06

Klik Language and input settings seperti pada gambar 3 kemudian akan tampil kotak doialog language.

mengubah bahasa di mozilla mm

  • Setelah itu klik add dan pilih bahasa indonesia atau bahasa yang akan di gunakan oleh anda. jika sudah memilih bahasa yang dituju klik OK. Dan tampilan bahasa indonesia sudah di sediakan.

mengubah bahasa di mozilla f

  • Kemudia pilih indonesia dan klik “display google chrome in this language” yangberada di kotak sebelah kanan. lalu klik “done” Terakhir restart google chrome anda.

Sampai disini anda sudah selesai mengubah bahasa di google chrome. demikian langkah langkan untuk menggubah bahasa di mozilla dan di chrome. Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat anda. terimakasih.

Leave a Reply