Cara Merawat Sistem Android Pada Smartphone Yang Sering Lag dan Hang

Merawat sistem android di smartphone, sebenarnya tindakan yang wajib anda lakukan . Dengan melakukan perawatan pada smartphone tentunya dapat mengurangi resiko kerusakan pada smartphone anda. Perlu anda ketahui, Jika smartphone menjadi lemot atau hang/ lag, sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang mengakibatkan perangkat smartphone bermasalah. Diantaranya Seperti:

  1. Banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang perangkat anda.
  2. Menginstal aplikasi berlebihan.
  3. file Chace yang menumpuk.
  4. Terjadi Overheating (panas berlebih) pada perangkat.
  5. Terinfeksi Virus/ malware.
  6. Dll.

Nah untuk mengatasi masalah- masalah tersebut, sebagai pengguna anda harus rutin merawat sistem android pada smartpone. Hal ini seharusnya wajib dilakukan oleh semua pengguna smartphone sekarang ini.

Bagaimana Cara Merawat Sistem android pada Perangkat Smartphone?

Untuk merawat sistem android pada perangkat smartphone, sebenarnya banyak caranya yang sangat mudah dilakukan. Dari semua cara tersebut, masing- masing tentunya menggunakan salah satu aplikasi utility yang sudah tersedia di playstore atau layanan lainnya. Jadi untuk melakukan perawatan di perangkat smartphone, anda mesti download terlebih dahulu aplikasinya.

Bagaimana Cara Memilih Aplikasi yang baik untuk perawatan sistem Android?

Seperti yang sudah saya katakan tadi banyak nama aplikasi utility atau aplikasi yang di buat untuk mengoptimalkan kinerja pada sistem android pada smartphone. Namun walaupun demikian anda sebagai pengguna aplikasi, mesti jeli untuk memilih aplikasi yang akan di gunakan untuk smartphone anda. Jika tidak, atau anda sembarangan dalam memilih aplikasi, bisa saja aplikasi yang anda instal bisa merusak sistem dan kinerja smartphone anda. Karena banyak aplikasi- aplikasi yang masih versi beta (versi uji coba) namun sudah dipubikasikan di layanan seperti playstore atau yang lainnya.

Lantas Bagaimana memilih aplikasi yang baik untuk digunakan? Jika anda menggunakan layanan playstore anda bisa melihat dari berapa banyak unduhan yang di capai, berapa banyak ulasan positif serta berapa banyak pula rating diperoleh oleh aplikasi tersebut. Semakin tinggi nilai dan komentar atau ulasan positifnya itu semakin baik untuk digunakan. Untuk mengetahuinya anda bisa kunjungi playstore atau layanan penyedia yang lain. Caranya bandingkan nilai unduhan, komentar positif, dan rating atau bintang yang di raih oleh aplikasi tersebut dengan aplikasi yang sejenis.

Aplikasi Apa Yang Digunakan

Kembali ke pokok pembahasan, Untuk Merawat sistem android di smartphone, saya lebih memilih aplikasi Clean Master dari Cheetah Mobil. Perlu anda ketahui aplikasi tersebut sampai sekarang telah di download sebanyak 500 juta kali. Itu berarti telah banyak yang menggunakan aplikasi clean master ini. Rating di capainya pun sekitar 4.7 di playstore. Dengan hasil tersebut itu membuktikan bahwa clean master salah satu aplikasi utility untuk merawat sistem android yang banyak digunakan dan terpercaya.

Merawat sistem android

Aplikasi Clean Master

Selain itu aplikasi tersebut cukup ringan digunakan pada smartphone yang mempunyai spesifikasi rendah. Untuk mengunduh aplikasi clean master anda silahkan kunjungi Google Playstore di kategori produktivitas. Aplikasi clean master ini bebas digunakan alias gratis.

Fitur- Fitur Clean Master

  • Pembersih file/ berkas Sampah
  • Pembersih Notifikasi
  • Mempercepat Ponsel
  • Antivirus.
  • Pendingin CPU
  • Penghemat Baterai

Untuk Keterangan atau manfaat fitur diatas, akan saya bahas lebih detil lagi di paragraf berikutnya. Selain fitur- fitur diatas aplikasi clean master ini sudah terintegrasi dengan fitur optimalisai lainnya seperti:

  • Charger Master : memberikan informasi atau pesan dari aplikasi yang ada di smartphone anda ketika sedang di charger.
  • App Lock : Fitur ini digunakan untuk memproteksi privasi pada smartphone anda. Dengan menggunakan pin atau pola kunci aplikasi, orang lain tidak dapat membuka aplikasi anda yang sifatnya privasi.
  • iswipe : tombol cepat untuk akses ke aplikasi yang anda mebutuhkan.
  • Game Booster : Mengakselerasi kecepatan aplikasi game pada smartphone.
  • Pengelola atau Manajer aplikasi : Fitur Untuk mengelola dan menghapus aplikasi.

Itulah beberapa fitur bermanfaat yang ada dalam aplikasi Clean Master. Untuk Informasi lebih detil lagi mengenai fitur clean master, anda bisa Lihat spersifikasinya di layanan google playstore. Selanjutnya kita beralih ke sesion cara dan tips menggunakan Clean Master, untuk merawat sistem android di smartphone anda.

Cara dan Tips Menggunakan Clean Master

Perawatan sistem android

Tampilan Beranda Clean Master

Perhatikan gambar pada tampilan beranda,

No 1: Informasi kapasitas Penyimpanan yang digunakan. Contoh di atas angka 37% itu berarti dari semua kapasitas memori yang tersedia di smartphone anda, baru terpakai sebanyak 37%. Tandanya masih banyak ruang penyimpanan yang tersisa. Jadi Semakin Kecil persentasenya maka masih banyak ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan data.

No 2: Informasi Ram yang digunakan. Contoh seperti di gambar menunjukan angka 81%, artinya ram yang digunakan sudah mencapai 81% berarti kapasitas ram yang tersisa sangat kecil. Hal ini akan membuat kinerja smartphone anda semakin lambat. semakin besar persentasenya maka semakin lambat proses/ kinerja smartphone anda. Bahkan jika berlebihan akan menyebabkan smartphone anda lag dan Hang.

No 3: Fitur ini untuk membersihkan file sampah atau chace yang sudah menumpu di sistem android. Ini wajib anda lakukan agar kapasitas penyimpanan menyisakan ruang lebih besar lagi.

No 4: Fitur Percepat ponsel fungsinya untuk meningkatkan kecepatan kinerja smartphone anda yang sudah menurun tadi. dengan menggunakan fitur ini akan sedikit lebih cepat sebelum dari fitur ini digunakan. Karena suhu CPU dan penggunaan ram dari aplikasi yang berjalan akan di optimalkan.

No 5: Menganalisa dan membersihkan virus pada sistem smartphone anda.

No 6: Fitur ini bekerja untuk menganalisa penggunaan daya baterai dari aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian sistem akan meminta konfirmasi kepada pengguna untuk menghibernasikan aplikasi- aplikasi yang berjalan. Jika pengguna menghibernasikan, maka akan bertambah masa tahan penggunaan baterai.

No 7: Beberapa tools disediakan sangat berguna dalam melakukan pengoptimalan sistem. Tapi  jika anda ingin menggunakan aplikasi ini secara sederhana atau tidak mau report, anda cukup menggunakan fitur yang ada di beranda saja. Karena fitur- fitur tersebut sudah cukup membantu megoptimalkan atau merawat sistem android anda.

Fitur Alat

merawat smartphone

tools- tools yang ada pada fitur alat

Untuk penggunaan pada fitur alat ini anda lakukan ketika dibutuhkan saja. Jika anda belum mengetahui fungsi dan manfaat dari fitur alat ini silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Pembersih Notifikasi: Berfungsi untuk membersihkan pemberitahuan/ notifikasi.
  • Pendingin suhu CPU: untuk mendinginkan suhu CPU/ prosesor. Agar Smartphone anda terhindar dari overheating/ panas berlebih.
  • Ahli Pengisian Daya: Lebih baik anda mengaktifkan fitur ini. dan memilih aplikasi mana saja yang di ijinkan untuk berjalan otomatis di latar belakang. aplikasi yang biasa di aktifkan biasanya aplikasi seperti BBM, facebook, email dan aplikasi lain yang di butuhkan oleh anda untuk menerima pemberitahuan.
  • Penelusuran Privasi aman: melindungi privasi penelusuran anda .
  • Pengelola Aplikasi : untuk mengeloa aplikasi lebih lanjut lagi. anda dapat menghapus aplikasi melalui fitur ini.
  • Pembersih Memori: Membersihkan file sambah, cache memori.
  • Permbersih Foto : Fitur ini dapat membantu mengelola foto di penyimpanan smartphone anda. dengan menggunakan fitur ini anda akan mengetahui beberapa foto yang buram dan foto yang terdeteksi sama (duplikat).

Tips Menggunakan Clean Master Untuk Merawat Sistem Android Secara Berkala

Selanjutnya saya akan memberikan beberapa Tips menggunakan aplikasi clean master untuk merawat sistem android pada perangkat smartphone anda. waktu yang tepat, untuk menggunakan aplikasi ini, Ketika smartphone anda sudah terasa lambat dan suhu perangkat panas. Berikut ini langkah langkah menggunakan clean master:

Langkah Pertama:

Pertama buka aplikasi clean master, pada tampilan beranda pilih fitur pembersih berkas, tunggu beberapa saat maka sistem akan menganalisa aplikasi mana yang sudah menumpuk banyak berkas sampah.

Klik tombol bersihkan sampah yang berada di bawah. kemudian tunggu beberapa detik, karena aplikasi sedang bekerja membersihkan file sampah. jika sudah kembali ke beranda dengan menekan tombol back di smartphone anda.

Langkah Kedua:

Klik tombol fitur percepat ponsel, setelah itu anda akan melihat halaman seperti dibawah ini:

Tampilan Percepat ponsel

merawat android

Mengoptimalkan suhu CPU

Perhatikan gambar pertama yang diatas, jika suhu CPU atau prosesor smartphone anda panas, tekan tombol perbaiki jika sudah selanjutnya tekan tombol Optimalkan. perlu di perhatikan ketika memperbaiki suhu prosesor, anda tunggu hingga angka yang di kasih tanda bulat putih diatas menjadi nol.

Langkah Ketiga

Pilih fitur penghemat daya, kemudian klik tombol “Hibernasi” yang berada di bawah. maka aplikasi aplikasi yang berjalan akan di hibernasi oleh sistem. di aksebilitas clean master di aktifkan.

Langkah Ke empat

Lakukan scan di fitur antivirus, agar perangkat anda bisa terhindar dari virus atau malware yang dapat merusak dan menghambat kinerja smartphone anda.

Nah demikian beberapa tips untuk merawat sistem android pada smartphone anda menggunakan aplikasi clean master. Lakukan tips diatas agar terhindar dari lag atau hang pada sistem android anda. Terimkasih semoga bermanfaat…..

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply