Inilah Cara Promosi Produk Bisnis Online, Secara Offline

Cara promosi Produk Bisnis Online – Promosi merupakan factor penting yang harus diperhatikan oleh pengusaha/ pembisnis dari semua jenis usaha yang sedang dijalankan. Termasuk juga pada bisnis online. Keberhasilan suatu bisnis online yang dijalankan oleh semua pembisnis tentunya mempunya stratregi yang berbeda. Termasuk dengan penerapan strategi dalam prosmosi.

Untuk melakukan promosi pembisnis online biasanya terlalu focus mempromosikan produk terbarunya atau brand usahanya dengan cara online atau melalui internet. Seperti memasang iklan/ banner di situs advertising, promosi di media sosial, menyewa jasa review dan membangun backlink. Sebenarnya dalam strategi promosi bisnis online yang sedang kita tekuni tidak mesti bergantung dengan hal tersebut.

Mengingat sebagian besar dari pengusaha menghabiskan waktunya untuk aktivitas offline, maka manfaatkan waktu tersebut dengan cara promosi produk bisnis yang sedang kita jalankan dengan cara promosi offline. Sama hal nya dengan stragtegi promosi yang diterapkan oleh pembisnis konvesional atau pembisnis offline.

Tapi bagaimana caranya? Anda tidak perlu khawatir dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba memberikan referensi bagaimana cara promosi produk secara offline. Ini bisa dilakukan oleh pelaku bisnis UKM maupun pembisnis sekala besar.

Berikut ini beberapa cara promosi produk secara offline yang harus anda coba terapakan

1. Ngobrol dengan Teman

Jangan salah, berbincang – bincang dengan kerabat atau teman juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berpromosi usaha anda. Dengan cara menceritakan aktivitas- akctivitas anda termasuk bisnis anda itu akan menjadi daya tarik kepada lawan bicara. jangan lupa untuk memberitahukan alamat website bisnis atau toko online anda.

2. Membuat Brosur dan Pumflet

Menyebarkan brosur dan pumflet adalah salah satu cara promosi produk secara offline yang sangat tepat. anda bisa menyebarnya di tempat- tempat pusat keramain. Biayanya pun murah hanya membuat satu dan fotocopy perbanyak anda sudah bisa menempelkan pumflet dimana saja. Jangan lupa cantumkan gambar produk utama, alamat website dan gunakan Bahasa ala sales later. Jika kesulitan dengan bahasanya anda bisa mendapatkan contohnya di internet.

3. Pasang Iklan Di Koran dan Televisi

Kegiatan promosi produk secara offline yang berikutnnya adalah dengan cara memasang iklan bisnis anda di koran atau televisi. Jika merasa bahwa ini perlu biaya besar, anda coba cari yang lebih murah seperti memasang iklan baris di koran atau memasang iklang running text ( text berjalan) di stasiun televisi local. Biasanya chanel-chanel tv local mengajak pemirsanya memasang iklan text di acara- acara tertentu.

4. Promosikan Di Pertemuan Non Formal.

cara promosi produk bisnis secara offline dalam point ini, maksudnya, singgung bisnis anda ketika mengadakan pertemuan seperti Rapat kepanitian atau arisan mingguan. Sebenarnya masih termasuk pada poin yang pertama di atas. Namun perbedaannya acara ini lebih banyak lagi Audiensnya.

5. Cantumkan Alamat Web/ Toko Online Di Signature SMS.

Dengan mencatumkan alamat web/ toko online anda ini merupakan salah satu strategi promosi untuk bisnis anda. Mulai biasakan untuk mencatumkan alamat situs bisnis online anda di sms balasan. Hal ini akan mengundang rasa penasaran penerima sms tersebut. Tanpa harus menjelaskan bisnis anda. Orang yang menerima sms dari anda pasti penasaran dan berkunjung ke web bisnis anda.

6. Cantumkan Alamat Web/ Toko Online Di Kartu Nama.

Walaupun sekarang kartu nama sudah jarang digunakan. Tetapi terbukti masih ada yang menggunakannya. Anda bisa membuat kartu nama di percetakan, sekarang biaya membuat kartu nama tidak mahal. Atau jika anda ingin lebih hemat lagi, anda bisa membuatnya sendiri menggunakan computer dan printer anda dirumah. Dan anda bisa menggunakan kertas foto untuk mencetak kartu nama tersebut.

7. Membuat Sticker Dinamis

Cara ini sebenarnya bukan cara promosi produk bisnis secara offline saja, ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan brand atau alamat web bisnis anda. Dan maksud dari membuat sticker dinamis adalah buat sticker tersebut bisa di tempel dimana saja. Seperti di kendaraan, di HP, dan di tempat – tempat umum lainnya. Tentunya tempelkan di tempat yang sekiranya orang lain dapat melihatnya.

8. Membuat Kaos Brand Bisnis Anda

Selanjutnya cara promosi produk bisnis anda dengan cara membuat kaos promosi. Anda bisa memesannya di konveksi di wilayah anda atau secara online. Tidak perlu banyak, karena sekarang sudah banyak konveksi atau sablon kaos yang bisa di order per lusin.

9. Membuat Walpapper

Cara promosi produk secara offline yang berikutnya yaitu dengan cara membuat wallpaper untuk di pasang dikomputer. Desain wallpaper tersebut dengan mencantumkan produk utama anda dan alamat web bisnis anda. Anda bisa memasang wallpaper tersebut di computer kantor atau bisa juga di computer warnet. Untuk memasang wallpaper di computer warnet memang sifatnya sementara tetapi ini sedikit membantu mendatangkan pengunjung ke web bisnis anda.

10. Bergabung Di Komunitas

Dengan bergabung di komunitas anda bisa mendapatkan teman- teman baru dan disitulah anda mempunyai kesempatan mempromosikan produk bisnis anda. Cari waktu yang pas untuk mempromosikan di komunitas anda yang ikuti.

Baca Juga: Tips Jualan Di Instagram Agar Laris, Mudah Dan Sederhana

11. Memasang Iklan Di Radio

Memasang iklan di radio merupakan salah satu cara promosi produk yang mesti anda coba. Memasang iklan di radio tentunya lebih murah jika di bandingkan memasang iklan di tv. Anda bisa melakukannya di radio- radio terpopuler di wilayah anda. Anda buat pertemuan dengan crew bagian periklanan. Diskusin dan negosiasi masalah harga penayangan. Jika tidak cocok dengan harga di radio tersebut anda bisa mencari radio lain.

12. Menjadi Sponsor.

Mengenai cara promosi produk bisnis anda yang berikutnya yaitu dengan cara menjadi sponsor dalam sebuah acara. Tidak perlu acara besar, anda bisa menjadi sponsor di acara- acara kecil seperti perlombaan peringatan hari kemerdekaan, parade band local dan acara lainnya. bentuk sponsorship yang anda berikan bisa berupa uang atau produk anda

Banyak bukan mengenai cara promosi produk bisnis anda secara offlline. Jadi selain anda promosi seca online anda juga bisa menarik konsumen dengan cara promosi secara offline. Tentunya ini akan meningkatkan pelanggan untuk bisnis anda. Mungkin hanya itu saja yang saya sharing pada pembahasa kali ini. semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam permasalahan bisnis online anda. Terimakasih.

Leave a Reply