Cara Resetter Canon IP2870 yang eror 5B00 Blink 7x, Terbukti berhasil..!

Cara Reset Printer Canon IP2870 – IP2870 merupakan salah satu jenis printer yang dikeluarkan oleh perusahaan elektronik ternama, Canon. Canon IP2870 ini dirilis resmi tepat setelah mereka mengeluarkan seri printer Canon IP277. Printer rilisan terbaru dari Canon ini memiliki mesin dasar yang mirip dengan MG2570 dan juga dilengkapi dengan scanner.

Namun sayangnya printer Canon seakan selalu akrab dengan masalah. Salah satunya adalah absorber full yang menyebabkan timbulnya error 5B00 atau pun blink 7x. Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan reset.

Berbeda dengan versi terdahulunya yang memiliki tombol reset sendiri, IP2870 ini tidak memiliki tombol reset. IP2870 hanya mempunyai satu tombol power yang menyebabkan penggunanya merasa bingung jika hendak mereset printer yang satu ini.

Sebenarnya ada software yang dapat digunakan untuk mereset printer, namun sayangnya sampai sekarang belum ada software yang compatible atau setidaknya bisa digunakan untuk mereset printer Canon seri IP2870 ini. Oleh karena itu satu-satunya jalan yang harus dilakukan untuk mereset IP2870 adalah dengan cara manual.

Cara reset printer Canon IP2870 Secara Manual

Untuk mereset printer Canon IP2870 ini, dibutuhkan IC Counter pengganti. Canon IP2870 tidak seperti MG2570 yang memiliki IC Counter terpisah, IC Counter pada Canon IP2870 langsung menjadi satu dengan Firmware dan IC Bios nya. Jadi, jika hendak mereset Canon IP2870, harus dengan menggunakan IC Counter yang sudah diisi firmware sebelumnya. Berikut langkah-langkah reset printer Canon IP2870.

  1. Pertama buka casing bagian atas printer.
  2. Setelah itu ambil board printer. Dikarenakan bagian ini cukup sensitif, jadi lakukan dengan sangat hati – hati.
  3. Lepaskan IC Counter pada board printer tersebut (berbentuk persegi kecil berwarna hitam )
  4. Pasang IC baru yang sebelumnya sudah diisi File Eproom atau Firmware yang baru.
  5. Masukkan kembali board printer dan tutup casing atas.
  6. Jalankan printer seperti biasa, maka printer akan kembali berjalan normal tanpa error.

Itu dia langkah-langkah reset Canon IP2870 karena error 5B00 dan blink 7x. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Save

Leave a Reply