Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress (warisan para blogger)

Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress| Halo sahabat blogger bertemu lagi di blog ini untuk membahas mengenai dunia Blogging, untuk kali ini saya akan sedikit mencoba memberikan beberapa penjelasan mengenai cara setting Plugin yoast SEO yang ada di WordPress. Untuk para pengguna wordpress mungkin sedikit masih awam mendengar istilah Yoast SEO ini yah ? Terlebih untuk para pengguna awal dalam dunia blogging yang menggunakan platform WordPress.

Worpress memang terkenal dengan banyak sekali Fitur pendukung SEO yang cukup bermanfaat untuk para blogger awam yang masih belajar bagaimana memaksimalkan blog di mesin pencari, sebenarnya proses belajar dalam dunia blogging menggunakan Platform wordpress bisa saya katakan lebih sulit dibandingkan menggunakan Platform Blog dari Blogspot, Fitur dan tampilan yang diberikan oleh Blogspot memang cukup sederhana dan tidak selengkap yang diberikan oleh WordPress, maka dari itu banyak para blogger yang mencoba beralih ke wordpress, selain Fiturnya yang lengkap juga memberikan kesan yang cukup profesional bagi seorang blogger di internet.

Kalau saran dari saya sendiri jika ingin menekuni dunia bloggin maka hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu pelajari terlebih dahulu wordpress sebagai platform Blog, yang mana jauh lebih sulit dibandingkan dengan platform lainnya.

Nah dalam dunia blogging kita mengenal yang namanya SEO, SEO yang mempunyai kepanjangan ( Serp Engine Optimazation ) ini merupakan salah satu arti yang memiliki makna sendiri untuk setiap blogger yang menjalani dunia Blogging, Blogger berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai rangking yang bagus dimesin pencari sehingga tidak heran kalau banyak yang berhasil dan sukses dan banyak juga yang mundur karena kalah dalam persaingan.

Istilah SEO sendiri sering kali diartikan sebagai salah satu tolak ukur untuk seorang blogger yang sukses dalam pencapain blog yang mereka bangun, bagi saya itu memang benar.

SEO merupakan salah satu langkah dan tolak ukur bagaimana kita bisa sukses dalam menjalani dunia blogging. Lantas seperti apa bisa mendapatkan blog yang SEO ? Mudah sekali, salah satu cara yang bisa saya berikan adalah dengan mempelajari yang namanya PLUGIN yoast SEO Khusus untuk pengguna WordPress.

Untuk pengguna platform lain bisa bersabar menunggu update artikel kami selanjutnya. Langsung saja kita bahas untuk mengenai Plugin yoast SEO Khusus pengguna wordpress.

Plugin Yoast SEO untuk pengguna wordpress ini merupakan salah satu teknik SEO ON PAGE yang mengedepankan penggunaan konten dan optimasi untuk konten, jadi bisa dikatakan penggunaan Plugin ini sangat penting karena menentukan apakah Konten yang kita buat bisa mendapatkan rangkin yang baik dimesin pencari.

Untuk itu perlu anda ketahui terlebih dahulu tenang yoast SEO dan juga cara settingnya agar kedepannya anda bisa menggunakannya dengan benar. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai SEO by Yoast WordPress.

Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress

Fitur – Fitur yang disediakan Oleh Yoast by SEO wordpress :

  • Tersedianya Box untuk memberikan kata kunci, kata kunci ini mempunyai kegunaan untuk menargetkan Judul yang mana menjadi pokok pembahasan konten yang kalian buat, dengan begitu konten yang kalian buat bisa mendapatkan tempat di halaman pencarian dengan cukup mudah.
  • Dulu adanya Previews, Snippet Dari Google. Dulu penggunaan Previews Snnipet ini cukup berguna untuk memberikan gambaran seperti apa konten blog yang kalian buat duduk di halaman pencarian. Tapi setelah perkembangan dunia Internet, Google tidak lagi menggunakan cara ini untuk mendapatkan gambaran Konten yang jelas di halaman pencarian.
  • Konfigurasi Header RSS dan juga Footer RSS yang bertujuan untuk memberikan indeks tambahan kepada mesin pencari terhadap konten artikel yang anda targetkan.
  • Mengatur setiap Breadcums dari halaman post yang anda buat, Breadcums atau biasanya disebut dengan halaman perkategori > Spesifik Konten ini memberikan nilai tambah yang mana akan muncul dihalaman pencarian. Sehingga pengunjung akan lebih mudah dalam merayapi blog kalian hingga perkategori.
  • Konfigurasi meta Robot : Yang terakhir adalah konfirgurasi meta robot, Konfigurasi meta robot ini begitu penting sekali untuk setiap Konten yang dibuat. Karena akan menentukan cepat dan lambatnya sebuah artikel bisa terindeks oleh mesin pencari.
    Dan masih banyak lagi yang belum bisa saya sebutkan.

Yang pasti beberapa fitur yang saya sebutkan diatas tidak semuanya akan kalian temui, misalnya saja mengenai Google sennipert Tadi yang mana sudah tidak berlaku lagi untuk para pengguna blogger.

Tahapan Menginstal Plugin Yoast SEO Wordpress

Berikut ini saya akan mencoba memberikan gambaran dan langkah-langkah bagaimana untuk melakukan instalisasi Plugin SEO yoast di wordpress kalian, kemudian kalian bisa membaca artikel lanjutan mengenai penjelasan Fitur dari Yoast SEO.

Silahkan langkah pertama kalian masuk terlebih dahulu ke halaman dasbord Blog WordPress, dan klik pada kolom pencarian. Pada kolom ini kalian bisa mengetikan “ WP SEO By Yoast “ Dan akan muncul sebuah Plugin silahkan langsung saja di Instal.

Ingat aktifkan pembaruan Plugin ini karena ada beberapa pembaruan dalam 1 bulan ataupun 2 Bulan. Itupun akan memberikan fitur yang lebih lengkap lagi.

Kemudian Kita akan masuk ke Cara Setting plugin yost SEO, banyak blogger yang mempunyai cara-cara yang berbeda bagaimana melakukan settingan pada Plugin yoast SEO. Mungkin kalian bisa melihat beberapa langkah settingan yang bisa kalian baca dibawah ini.

Cara Setting Plugin yoast SEO Wordpress

a. Data Transfer

Yang pertama adalah settingan pada Data Transfer, untuk settingan data transfer ini mungkin ada yang sudah paham dan juga ada yang belum paham. Data Transfer merupakan salah satu Fitur yang diberikan oleh wordpress untuk para penggunaanya yang mana cukup memungkinkan para pengguna wordpress yang sudah lama melakukan Data transfer SEO Data ke Plugin baru. Khusus untuk pengguna wordpress yang sudah lama bisa menggunakan bantuan SEO DATA TRANSFER dalam bentuk Plugin untuk memudahkan memindahkan data Dari blog lama. Tapi untuk pengguna blog baru tidak perlu melakukan cara ini. Nah bagaimana sudah paham dengan pengertian data transfer dan penggunaanya ? Selamat mencoba.

b. General Setting

Yang berikutnya kita bisa masuk ke bagian GENERAL setting, General setting merupaakan sebuah settingan umum yang nantinya bisa anda pahami dengan mudah setelah membaca ulasan ini. Silahkan lihat dibagian menu yang ada di dasbord Blog wordpress kalian, disana kalian akan melihat Plugin SEO, Silahkan klik dan perhatikan beberapa menu yang ada di sana.

Di bagian general setting ini ada beberapa menu yang harus kalian isi. Misalnya saja Menu Tracking, Security Dan juga webmaster Tools. Untuk Tracking ini bisa kalian centang dan bisa kalian Hilangkan. Maksudnya disini.

Ketika kalian melakukan centang pada bagian tracking ini maka secara bijak kalian menginjinkan para pembuat Plugin melakukan Tracking pada setiap data wordpress kalian, Namun alangkah lebih amannya kalau kalian matikan saja. Kemudian menu security.

Menu Security ini merupakan menu keamanan yang cukup penting bagi admin atau pengguna wordpress, alasannya jika kalian memiliki authors atau seorang penulis yang langsung menulis di wordpress maka mereka hanya bisa mengakses secara default menu yang ada, untuk menu keamanan lainnya hanya kalian saja yang bisa melakukannya. Ibaratnya menu security ini cukup membatasi gerak para authors untuk mengolah data wordpress.

Dan berikutnya adalah menu webmaster Tools, pada bagian menu ini juga cukup berguna untuk perkembangan blog wordpress kalian. Silahkan masukan beberapa kode yang diperlukan untuk menu ini. Misalnya saja kode webmaster tools, kemudian Bing Webmaster dan lain-lain.

Cara ini merupakan cara manual yang mana khusus untuk para pengguna yang belum paham bagaimana memasukan kode webmaster secara otomatis. Lebih baik gunakan cara ini kalau kalian masih belum sepenuhnya paham menggunakan wordpress. Langkah berikutnya untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan klik Save Changes.

c. Pengaturan Titles Dan metas

Kemudian yang berikutnya kita menuju pengaturan Titles atau metas, Pengaturan ini bertujuan untuk memberikan tampilan Judul dan meta data. Untuk settingan yang biasa saya lakukan menggunakan settingan Dafault khusus untuk settingan Taxonomies, Post Type dan lain-lain. Berikut ini saya akan membahas bagaimana melakukan settingan pada bagian Home dan juga General. Mari perhatikan dengan baik- baik.

General

Pada bagian ini Ada beberapa menu yang perlu kalian kenali terlebih dahulu yaitu Title Setting, sitewade setting metas, dan clean Up to Head. Untuk masalah pencentangan sendiri setiap blogger memang mempunyai cara sendiri apa saja yang ingin dia aktfikan dan tidak diaktifkan.

Biar lebih mudahnya untuk bagian Titles tidak usah dicentang, kemudian pada bagian sitewide Meta Setting silahkan centang setelah nomor 1, Jadi pada kolom pertama tidak usah dicentang dan mulai centang pada kolom Use meta keyword tags sampai akhiir. Dan pada bagian clean Up to Head ini centang kolom 1 – kolom 3. Untuk kolom selanjutnya biarkan saja secara dafault. Mudah bukan ?

Home

Kemudian pada bagian ini berisikan settingan judul, kemudian deskripsi penelusuran dan dekrispsi blog kalian. Saya menyarankan kalau kalian menggunakan settingan ini harus benar-benar singkat, padat dan jelas. Karena settingan ini akan menentukan keberhasilan blog kalian dimesin pencari, penggunaan meta deskripsi yang tidak tepat tentu akan membuat perayapan blog di mesin pencari juga tidak akan maksimal.

Untuk itu perhatikan penggunaannya. Ada 3 Kolom yang perlu kalian isi. Yang pertama kolom judul, isikan sesuai dengan topik dan blog kalian, kemudian pada kolom deskripsi penelusuran isikan dengan jelas seperti apa nantinya orang bisa mengetahui blog kalian di internet, dan kolom kata kunci isikan dengan jelas. Gunakan Koma untuk memisahkan satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Misalnya “ Bisnis marketing, Bisnis online ).

d. Pengaturan sosial media

Yang berikutnya adalah pengaturan sosial media, pengaturan sosial media ini ternyata cukup penting untuk dilakukan karena tanpa adanya sosial media pengunjung tidak akan mengetahui siapa pemilik blog tersebut, untuk karena itu isikan dengan jelas settingan sosial media dengan link akun kalian seperti Link facebook, Kemudian Twitter, dan Google plus. Cukup dengan copy Link dan pastekan ke kolom yang sudah disediakan. Klik save changes atau simpan perubahan.

e. Pengaturan XML Sitemaps

Kemudian yang berikutnya adalah pengaturan XML sitemaps, Sitemaps ini juga terdapat pada jenis platform blog lainnya yaitu seperti blogger. Pada sitemaps ini berguna untuk memberikan sinyal kepada Google untuk melakukan perayapan dengan mudah sesuai dengan kata kunci yang ditarget. Jadi bisa dikatakan settingan dari sitemaps ini cukup memungkinkan memberikan nilai tambah perayapan yang cukup baik untuk blog kamu. Lakukan settingan sitemap secara dafault kalau kamu sulit memahaminya.

f. Permalink website

Yang berikutnya adalah settingan permalinks pada website, settingan ini mempunyai pengaruh yang cukup baik untuk perkembangan blog kamu di mesin pencari Google, pasalnya dengan memberikan permalinks yang tepat maka Google akan lebih cepat merayapi semua isi konten yang ada di blog kamu.

Jadi lebih cepat dan lebih terarah. Settingan ini bisa disetting secara dafault langsung dan juga bisa disettingan secara manual, tergantung dari mana kemudahan kamu untuk melakukan setting. Kalau saya lebih menyarankan kamu menggunakan settingan manual yang langsung di lakukan dibagian dasbord blog, Dengan begitu settingan ini akan berjalan dengan baik, kebanyakan settingan yang dilakukan secara dafault tidak memberikan target yang pas sehingga penggunaanya sendiri sama sekali kurang maksimal.

g. Internal link

Kemudian yang berikutnya adalah internal Links, pada bagian ini kalian dengan mudah bisa melakukan settingan pada setiap laman blog kalian dengan memberikan bradcums dan lain-lain yang diperlukan. Settingan Internal link pada blog wordpress berbeda dengan blog platfrom lainnya, Untuk pengguna wordpress dalam melakukan settingan internal Link bisa memasukan kode yang sudah disediakan ke halaman thame kalian. Letakan di bagian single.php persis diatas Tag content. Hal ini untuk membantu proses perayapan blog dan memberikan sinyal tambahan kepada robot pencarian.

h. RSS

Pada halaman ini merupakan salah satu settingan yang memudahkan pengunjung untuk berlangganan artikel yang kita buat, dengan begitu mereka bisa terus memantau setiap kali kita melakukan update konten artikel. Dengan begitu pengunjung blog akan semakin banyak dan semakin sukses blog kalian kedepanya. Tapi ingat penggunaan RSS ini juga tidak terlalu aman karena banyaknya Scrapers yang ada di internet, untuk itu Klaim settingan dengan memberikan informasi pemilik asli.

i. Import Dan Export

Seperti yang sudah saya bicarakan diawal tadi, kalau kalian pernah menggunakan all in one seo Pack maka dengan mudah kalian bisa melakukan Import pada settingan ini dengan bantuan seo data tranfser, Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi melakukan pemindahan data secara manual atau menulis meta data kembali. Langkah ini sangat cocok untuk kalian yang masih pemula menggunakan Plugin SEO yoast.

j. Edit Files

Yang berikutnya adalag Settingan Edit Files, dibagian ini kalian bisa melakukan settingan robot.txt yang berguna memberikan Sinyal perayapan, pastikan settingan yang kalian lakukan aman. Karena jika salah bisa mengakibatkan blog hilang dari perayapan mesin pencari.

k. Extensions

Kemudian yang berikutnya Fitur dan settingan SEO terakhir ini adalah Premium dan hanya bisa kalian dapatkan dengan cara membelinya, apa saja yang akan kalian dapatkan dari extensions Premium si pembuat Plugin ? Yaitu Video Local SEO,Training SEO dan lain-lain.

Ok sahabat blogger itulah ulasan lengkap mengenai settingan Plugin yoast SEO yang bisa saya berikan kepada kalian pengguna wordpress. Semoga bermanfata dan selamat mencoba.

Leave a Reply