Cara Termudah Mengganti Halaman Login admin WordPress

Untuk Mengganti Halaman Login Admin (wp-admin) Default Di WordPress sebenarnya cukup mudah, anda tidak perlu merubah script php ataupun merubah file file bawaan wordpress . Karena hal seperti ini dapat beresiko error dan akan berdampak buruk jika anda gagal melakukannya.

Walaupun anda mempunyai keahlian khusus dalam bidang bahasa pemrograman php atau javascript sekalipun, dalam merubah halaman admin default wordpress ini hanya membuang waktu saja jika dilakukan dengan cara seperti itu. karena ada cara yang lebih mudah bahkan lebih cepat untuk mengatasi hal seperti ini. Anda mungkin perlu waktu 3 menit untuk melakukan ini.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin untuk anda sebagai orang baru atau pemula menggunakan platform wordpress self hosting, pasti cukup membingungkan atau belum paham tentang masalah ini.

Dan pasti anda juga bertanya- tanya mengapa hal ini harus dilakukan dan kenapa banyak blogger yang mengganti halaman login admin default wordpressnya? simak penjelasan berikut:

Perlu diketahui, untuk mengganti halaman login Admin default di wordpress yang saya maksud dalam tulisan ini bukanlah untuk mengganti tampilan login atau logo wordpress, melainkan saya akan membahas lebih spesifik tentang bagaimana caranya mengganti alamat Url halaman login admin di wordpress.

Hal ini perlu dilakukan untuk menambah keamanan blog anda. Dari tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau dari orang lain yang punya maksud tidak baik masuk ke area admin blog anda. nah sudah tau kan alasannya kenapa hal ini perlu dilakukan?

Nah kalo begitu kita langsung saja pada inti pembahasan. Halaman login admin (wp-admin ) adalah sebuah direktori bawaan cms wordpress yang berisi file script yang berkaitan dengan file- file php halaman admin. jadi untuk masuk ke halaman login admin pada suatu web/blog yang menggunakan platform wordpress biasanya melalui url: www.domainanda.com/wp-admin.

Dengan status default berarti semua pengguna cms wordress untuk melakukan login sebagai admin pasti melalui url tersebut. Hal ini otomatis banyak yang mengetahui. Sehingga sangat mudah sekali seorang peretas untuk menembus area admin blog anda.

Nah agar hal ini tidak terjadi anda harus mengganti halaman login admin defaultnya wordpress. untuk mengganti halaman tersebut tidak bisa diganti begitu saja. Karena script yang berada di dalam folder wp-admin ini berkaitan dengan file-file php yang lain. Jadi jika anda sembarang menggantinya akan bedampak fungsi script yang lainnya eror dan tidak berfungsi.

Solusi untuk mengatasi hal seperti ini anda hanya perlu sebuah plugin sederhana yaitu WPS hide Login, plugin ini banyak digunakan dan termasuk plugin yang sangat ringan. Untuk menggunakan plugin ini silahkan simak langkah langkah di bawah ini:

Langkah – Langkah mengganti Halaman login admin di wordpress

  1. Pertama Download plugin di link : https://wordpress.org/plugins/wps-hide-login/Untuk Mengganti Halaman Login Admin (wp-admin)07
  2. Aktifkan Plugin yang sudah didownload tadi
  3. Klik tombol setting yang berada di plugin wps hide login dan anda akan ditujukan ke halaman pengaturan umum (https://domain-anda.com/wp-admin/options-general.php).
  4. Selanjutnya scrool kebawah seperti digambar di bawah ini:Mengganti Halaman Login Admin
  5. Ganti nama yang ditandai bulat merah dengan nama yang unik dan susah ditebak, kemudian klik simpan perubahan.

Nah sampai sini anda sudah mengganti halaman login admin (wp-admin). Dan usahakan hanya anda saja yang mengetahuinya. Mudah bukan? Anda tidak perlu mengubah file atau script yang lain.

Demikian cara untuk mengganti halaman login admin default, semoga bisa bermanfaat dan solusi untuk anda. Terimakasih.

Leave a Reply