Faktor Penyebab Handphone Meledak Berikut Cara mencegahnya

Moriuz.com – Faktor Penyebab Handphone Meledak. Handphone ataupun Smatphone ibarat sahabat bagi sebagian besar orang, kemana pun kita pergi perangkat yang satu ini selalu menyertai bahkan ketika sedang tidur pun ia selalu berada didekat kita.

Tapi, tahukah Anda ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata berakibat buruk bagi daya tahan baterai handphone yang kita pakai?

Tidak hanya berakibat buruk bagi handphone tapi juga berbahaya bagi penggunanya seperti kasus meledaknya baterai handphone yang terjadi pada seorang gadis di Texas atau seorang pria di India beberapa waktu dulu. Over heat dan kualitas baterai yang buruk diklaim sebagai salah satu penyebab handphone meledak atau terbakar.

Lalu adakah penyebab lain dari peristiwa ini? Nah, berikut ini ulasan penyebab handphone meledak dan pencegahannya yang sebaiknya Anda tahu.

Penyebab handphone meledak dan solusi pencegahannya

1. Menggunakan charger yang tidak original

Setiap produsen handphone pasti selalu menyarankan penggunanya untuk menggunakan charger original yang sudah terjamin keamanannya dan sesuai dengan jenis handphone tersebut.

Bagi Anda yang sering menggunakan charger tidak original bagi handphone Anda. Sebaiknya hindari tindakan tersebut guna menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi karena tidak semua handphone kompatibel dengan charger non original. Selalu gunakan charger bawaan handphone atau yang sesuai dengan tipe handphone yang Anda pakai.

2. Menggunakan handphone ketika mengisi baterai

Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan handphone meledak adalah menggunakan handphone ketika proses pengisian baterai sedang berlangsung. handphone akan bertambah panas ketika ponsel digunakan untuk tethering Wi-Fi, bermain game, browsing atau mencari sinyal ketika proses pengisian daya baterai sedang berlangsung.

Sebaiknya jangan gunakan samrtphone ketika sedang mengisi daya atau lebih baik matikan dahulu handphone ketika hendak dicharge.

3. Menggunakan baterai berkualitas buruk

Salah satu faktor penyebab handphone meledak yaitu karena menggunakan baterai berkualitas buruk atau baterai non original merupakan salah satu penyebab utama handphone terbakar. Baterai non original memang memiliki harga yang lebih murah daripada baterai original, namun kualitas dan daya tahan yang dimiliki oleh baterai KW tersebut tentu tidak sebaik dibandingkan dengan baterai original.

Jika memungkinkan, ketika Anda harus mengganti baterai handphone, belilah baterai cadangan yang sesuai dengan tipe handphone atau disarankan oleh produsen handphone tersebut dan pastikan baterai memiliki bentuk yang masih baik tidak penyok atau tergores.

4. Mengisi baterai terlalu lama

Mengisi baterai terlalu lama juga bisa menjadi penyebab handphone meledak atau terbakar. Baterai yang diisi terlalu lama akan mengurangi umur baterai dan menyebabkan panas berlebih sehingga bisa memicu ledakan.

Tidak ada salahnya jika sesekali mengisi daya baterai ketika telah mencapai 0% untuk memperpanjang usia baterai. Jangan mengisi baterai sambil ditinggal tidur dan jangan terburu-buru mengisi baterai jika baterai masih memiliki daya yang cukup.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Cepat Panas

5. Menempatkan handphone di tempat tertutup

Kalau Anda terbiasa mengecas handphone sambil meletakkannya di bawah bantal atau menyimpannya dalam kondisi lubang charger tertutup, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Lubang charger yang tertutup bisa menyebabkan panas berlebih karena sirkulasi udara terhambat sehingga meningkatkan resiko ponsel terbakar atau meledak.

Hindari meletakkan handphone di tempat bertemperatur atau bertekanan tinggi dan letakkan handphone di tempat yang terbuka atau berventilasi yang baik. Jika Anda harus mengisi baterai ketika sedang mengemudi, tidak ada salahnya meletakkan handphone di dekat lubang AC untuk mengurangi panas berlebih.

6. Tidak mengeringkan dengan baik setelah handphone tertumpah air

handphone yang tercebur ke air memiliki resiko mengalami korosi dan korsleting meskipun telah dikeringkan. Oleh sebab itu, ketika handphone terkena air, pastikan handphone dikeringkan dengan baik di bagian permukaan maupun di bagian dalam. Bila perlu segera bawa ke service center untuk menjalani pengecekan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab handphone meledak dan pencegahannya. Rawat baterai handphone Anda dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga dan usia baterai bisa lebih tahan lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply