Penggunaan Format dan Ukuran Gambar Yang Di Rekomendasikan Untuk Blog

Penggunaan format dan ukuran gambar dalam artikel di blog sebetulnya hal penting yang mesti diperhatikan. Jika anda tidak tepat mengolah gambar dalam postingan, ini akan berpengaruh buruk pada blog anda. Karena bisa saja blog anda akan mengalami loading yang berat jika gambar yang anda sisipkan mempunyai kapasitas yang besar. Dan tentunya trafik pengunjung blog anda akan menurun secara drastis.

Berkaitan dengan hal tersebut kali ini saya akan berbagi kepada anda mengenai penggunaan format dan ukuran gambar yang tepat dan ideal dalam sebuah artikel di blog. Namun sebelum itu ada yang perlu saya sampaikan mengenai peranan gambar atau foto di dalam sebuah blog.

Perlu anda ketahui gambar atau foto dalam sebuah blog merupakan salah satu elemen yang sangat penting. Karena selain mempunyai nilai lebih secara optimasi mesin telusur hal ini juga akan mempunyai pengaruh besar terhadap pengunjung yang membaca artikel dalam blog tersebut.

Bagaimana tidak, coba saja anda rasakan membaca artikel tanpa dukungan gambar dengan yang menggunakan gambar/ foto. Atau anda bisa baca berita yang menggunakan foto kejadian dengan yang tanpa menggunakan.

Tentunya anda akan tertarik membaca berita yang didukung foto kejadian dalam situs berita tersebut. Inilah salah satu alasan mengapa gambar atau foto menjadi elemen yang penting dalam artikel sebuah blog/ web.

Dengan begitu penggunaan format dan ukuran gambar dalam artikel yang akan di posting, ini juga akan menjadi sesuatu yang akan di pertanyakan oleh seorang blogger terutama blogger pemula.

Memang awalnya ini bukanlah hal yang sangat diperhatikan oleh para blogger namun lama- kelamaan, semakin anda aktif didunia blogging maka anda akan mencari tahu mengenai masalah ini. Seperti :

“Bagaimana menggunakan format dan ukuran gambar yang benar dalam artikel sebuah blog?”
“Berapakah ukuran gambar yang ideal untuk digunakan dalam postingan blog?”
“Apa typefile/ format gambar yang banyak digunakan oleh para blogger?”

Nah dalam pembahasan kali ini dalam saya akan mencoba menjawab sekaligus berbagi kepada anda mengenai penggunaan format dan ukuran gambar yang ideal digunakan untuk artikel di blog. Silahkan simak ulasannya di bawah ini:

Format dan ukuran Gambar Yang Digunakan Untuk Blog

Penggunaan format dan ukuran Gambar artikel di Blog

Format Gambar Yang Umum Digunakan Di Blog

PNG (Portable Network Graphic)

Format PNG adalah format gambar yang mempunyai ektensi file *.png. format gambar ini banyak digunakan untuk mendukung graphic dalam sebuah blog dan banyak digunakan juga oleh para web administrator. Karena type PNG ini ketika dilakukan kompresi gambar tidak menguransi banyak kualitas dari gambar originalnya.

Sehinnga gambar masih terlihat bagus dan kecepatan atau performa blog masih terjaga. Keuntungan lain dari format PNG ini dapat menyimpan hasil edit foto dengan gaya transparansi yang dapat anda terapkan ketika membuat logo.

JPEG (Joint Photographic Experts Group)

Format gambar JPEG adalah format gambar yang mempunyai extensi file *.jpg. Dalam metode format dan ukuran gambar pada sebuah blog format JPEG ini menjadi pilihan para web administrator. Biasanya format gambar ini digunakan oleh blog- glog yang bertema travelling, restoran, hotel dll. Karena dengan kualitas warna dan ketajamannya format gambar ini menjadi pilihan untuk di terapkan di blog- blog tersebut.

GIF (Graphics Interchange Format)

Format Gambar GIF adalah format gambar yang mempunyai extensi file *.gif. format gambar yang satu ini mempunyai kombinasi warna lebih sedikit dari JPEG. Namun dapat menghasilkan penyimpanan dengan gaya background transparent dan animasi gambar.

Selain kedua format gambar diatas GIF juga sering digunakan dalam pengelolaan grafis untuk blog/ web. Biasanya format file ini diterapkan untuk gambar animasi seprti benner iklan, atau benner header di dalam blog.

Nah dari ketiga format gambar di atas merupakan format gambar yang sering atau umum digunakan oleh para blogger maupun web administator.

Walaupun sedikit penjelasannya saya harap anda dapat memahami berdasarkan fungsi dan penggunaannya. Sehingga dalam masalah format dan ukuran gambar yang digunakan, anda tak perlu lagi bingung menerapkannya.

contoh menggunakan format jpeg

Perhatikan logo moriuz, ini contoh menggunakan format JPEG

 

Contoh menggunakan Format PNG

Perhatikan Logo Moriuz, Contoh menggunakan Format PNG

Sekarang kita beralih membahas bagaimana sih ukuran atau dimensi gambar atau foto yang tepat berdasarkan template atau layout blog? Silahkan simak pembahasan berikut ini:

Ukuran atau Dimensi Gambar Yang Tepat Digunakan di Blog Berdasarkan Template

Dalam masalah dimensi gambar/ foto ini penting juga untuk di perhatikan. Karena mesti di sesuaikan dengan template yang digunakan pada blog anda.

Ada beberapa jenis template yang umum digunakan berdasarkan layoutnya, ada template dengan layout 1 kolom, 2 kolom dan 3 kolom. Jika anda bingung silahkan anda simak rekomendasi ukuran gambar berdasarkan layout templatenya:

  • Layout Template 1 Kolom

Bisanya lebih menarik dan sesuai jika menggunakan ukuran gambar atau foto 700x 360 pixel atau minimal 600×400 Pixel

  • Layout Template 2 Kolom

Layout dengan 2 kolom dapat menggunakan ukuran gambar sebesar 600x 320, atau 600×400 pixel, dengan menggunakan ukuran gambar ini blog bisa terlihat lebih menarik.

  • Layout Template 3 Kolom

Yang umum digunakan pada layout 3 kolom ini sebesar 320x 250 Pixel. Dengan anda menerapkan ukuran gambar tersebut makan blog anda akan terlihat lebih rapih dan gambar tidak menimpa tampilah secara keseluruhan blog anda.

Baca Juga: Cara terbaik memilih Thema Blog yang Berkualitas Dan Human Friendly

Nah bagaimana jika menemukan gambar tidak sesuai dengan gambar yang di rekomendasikan seperti ukuran diatas? mudah, Anda hanya perlu melakukan edit pada gambar tersebut.

Caranya gunakan aplikasi editor foto yang sekiranya mudah digunakan. Anda bisa gunakan Adobe photoshop atau aplikasi editor lainnya.

Rekomendasi Bobot atau kapasitas Size gambar yang bagus untuk blog.

Selain masalah format dan ukuran gambar di atas ada yang perlu anda lakukan sebelum gambar tersebut di posting. Jadi sebelum anda menggunakan gambar untuk artikel atau cover postingan anda, alangkah baiknya jika gambar tersebut anda kompres.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kecepatan Loading Gambar, Penting Untuk Blogger Pemula!

Melakukan kompres gambar adalah tindakan untuk memperkecil kapasitas gambar. Hal ini dilakukan agar kecepatan load gambar tersebut tidak terlalu berat. Sehingga halaman blog anda akan lebih cepat di akses jika dibandingan tanpa kompresing gambar.

Tetapi dalam hal kompresing gambar jangan terlalu berlebihan Karena dapat mengurangi kualitas gambar lebih banyak lagi, sehingga gambar akan tampak tidak jelas dan terlihat jelek.

Kapasitas gambar dari hasil compressing usahakan berkapasitas 65 – 125 kb. Sebenarnya semakin kecil nilai/ size kapasitasnya makan akan semakin cepat loading gambar tersebut. Yang paling penting usahakan foto/ gambar masih terlihat jelas setelah hasil kompres.

Demikian penjelasan mengenai penggunaan format dan ukuran gambar yang baik dan ideal untuk blog. Metode diatas saya dapatkan dari berbagai sumber yang sudah berpengalaman di dunia blogging. Sampai saat ini juga saya selalu menggunakan metode seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Leave a Reply