Google Lens Akan Rilis Assistant untuk Semua Ponsel Pixel dalam Waktu Dekat

Google akan segera menyematkan lensa dengan kecerdasan buatan pada seluruh ponsel pintar Pixel dan Pixel 2 dalam beberapa pekan ke depan, sebagai bagian dari pembaruan pada Google Assistant. Hal itu diumumkan oleh perusahaan Google melalui blog mereka.

Lens, yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei lalu di ajang konferensi pengembang I/O, merupakan sebuah sistem pengelihatan komputer yang memungkinkan mengguna mendapatkan informasi tentang objek tertentu secara real time, dengan cara mengarahkan kamera perangkat Pixel atau Pixel 2 ke objek terkait.

Lens pertama kali tersedia di Google Foto pada bulan Oktober lalu bersamaan dengan peluncuran Pixel 2. Saat ini, Google akhirnya mengonfirmasi bahwa Lens akan segera menjadi fitur bawaan Google Assistant. Namun, peluncuran akan dilakukan bertahap, mulai dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, serta disusul dengan dua negara Asia, India dan Singapura dalam beberapa minggu ke depan.

Namun demikian, Lens tidak akan bisa mengidentifikasi benda apapun yang ada di sekitar kita. Menurut Google, penggunaan terbaik Lens adalah pada benda-benda yang sederhana. Lens juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi teks, misal saat kita ingin menyimpan informasi dari kartu nama, poster, atau membuka Google Maps dengan menuliskan alamat di kertas.

Dalam fitur ini scanner untuk bar code dan QR code juga dikembangkan agar menjadi lebih efisien. Google menambahkan bahwa ke depannya, Lens akan dikembangkan lagi agar bisa mengenali lebih banyak hal di lingkungan sekitar dan bahkan bisa mengenali orang lain di dunia nyata.

Leave a Reply