Google Rilis Datally, Aplikasi Android untuk Menghemat Data

Setelah merilis YouTube Go, yang berfungsi untuk menghemat penggunaan data saat streaming video d YouTube, Google kembali memperkenalkan aplikasi Android penghemat data lainnya bernama Datally.

Dikutip dari Mashable, Kamis (30/11/2017), Google meluncurkan aplikasi ini sebagai salah satu solusi bagi para pengguna Android khususnya di kawasan India dan Asia Tenggara, yang mana umumnya masih menggunakan kartu SIM prabayar dengan kuota data terbatas.

Datally dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan tersedia untuk semua perangkat berbasis Android. Aplikasi ini akan menyajikan grafik penggunaan kuota data harian, mingguan maupun bulanan. Anda juga bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan data, baru-baru ini dan sepanjang waktu.

Aplikasi Datally juga mempunyai fitur Data Saver, yang berfungsi untuk memblokir aplikasi menggunakan data di latar belakang. Ketika Data Saver diaktifkan, maka akan muncul bubble di layar untuk memberitahu Anda secara real time mengenai berapa banyak kuota yang telah dihabiskan selama aplikasi digunakan. Dengan menekan bubble tersebut, maka Anda dapat memblokir penggunaan data pada aplikasi tersebut seketika.

Menariknya, Datally juga dapat membantu Anda menghemat data dengan memberi peringatan ketika ada WiFi publik yang terbuka dan membantu Anda untuk terkoneksi.

Dengan menggunakan aplikasi Datally, diharapkan dapat membantu para pemilik ponsel Android terutama bagi pengguna ka1rtu SIM prabayar atau siapa saja yang mempunyai kuota data terbatas.

Leave a Reply