Iphone Anda Tidak Bisa Di Charger? Ini Solusi dan Cara Memperbaikinya

Bagi Anda pengguna Iphone pasti sering mengalami kejadian ponsel error seperti Botloop atau mati secara tiba-tiba. Selain itu, masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna ponsel jenis ini adalah iphone tidak bisa di charger.

Saat kejadian ini menimpa Anda, cobalah beberapa cara memperbaikinya terlebih dahulu seperti yang telah kami rangkum dibawah ini.

Solusi Iphone tidak bisa di Charger

1. Periksa Kabel Pengisi Daya

Lakukan langkah ini jika di Iphone Anda hanya muncul layar warna hitam atau ada ikon baterai dengan warna merah dan tidak berubah untuk waktu yang lama. Hal ini berarti mungkin perangkat tidak dapat terisi daya atau lama terisi.

Untuk mengatasi masalah ini Anda harus memeriksa kondisi kabel pengisi daya serta adaptor USB. Segera ganti perangkat charger jika terjadi tanda-tanda kerusakan seperti ujung retak atau bengkok.

2. Bersihkan Port Charge

Iphone tidak bisa di charger mungkin juga disebabkan oleh kotornya port pengisi daya di bagian bawah ponsel Anda. Cobalah untuk membersihkan port tersebut dari debu dan kotoran, kemudian cobalah kembali men-charger Iphone Anda.

3. Hubungkan Iphone dengan PC

Jika Iphone tidak bisa di charger namun kemungkinan kondisi kabel USB normal, Anda dapat melakukan cara ini untuk memastikan apa masalahnya. Cobalah hubungkan Iphone Anda dengan PC menggunakan kabel USB. Pastikan untuk menancapkan kabel USB di port bagian belakang CPU karena memiliki tegangan yang paling sesuai untuk Iphone dibandingkan port bagian depan. Jika dengan cara ini Iphone Anda dapat terisi daya, berarti terjadi kerusakan di bagian adaptor dinding USB.

4. Kombinasi Tombol On/Off dan Menu

Jika diasumsikan perangkat charger Anda berfungsi dengan baik dan tidak rusak, maka kemungkinan Iphone tidak bisa di charger karena masalah sistem. Cobalah untuk memasang charger di Iphone Anda, kemudian tekan terus tombol On/Off dan tombol Home secara bersamaan sekitar 10 detik sampai muncul logo Apple. Setelah itu, biarkan Iphone Anda terisi daya selama setengah jam lagi.

5. Reset Factory

Jika Anda telah melakukan langkah nomor 5 dan tetap saja Iphone tidak bisa di charger, maka Anda dapat mempertimbangkanuntuk me-reset factory ponsel Anda. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa reset factory akan membuat semua data di dalam Iphone hilang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tombol Home Di Iphone Yang Error Dan Tidak Berfungsi

6. Bawa ke Apple Retail Store

Jika semua cara mulai dari poin 1 hingga 6 telah Anda lakukan, namun kondisi error masih belum terjawab, maka cara terbaik adalah dengan membawa Iphone ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple yang ada di daerah Anda.

Iphone tidak bisa di charger mungkin karena faktor yang tidak bisa kita prediksi dan langkah yang paling baik adalah menyerahkan kepada ahlinya. Jangan sampai berusaha untuk mengotak-atik ponsel atau perangkat charger sendiri karena justru akan merusak Iphone Anda.

7. Peringatan Perangkat Tidak Resmi

Jika Iphone tidak bisa di charger karena ada peringatan bahwa aksesoris tidak didukung / tidak resmi, maka ada beberapa kemungkinan. Bisa saja hal ini disebabkan oleh port pengisi daya Iphone yang rusak atau kotor. charger cacat / rusak / tidak resmi dari Apple, serta desain pengisi daya USB yang tidak sesuai dengan Iphone Anda.

Jika peringatan ini muncul, maka Anda dapat melakukan:

– Bersihkan debu dan kotoran dari port pengisian daya di ponsel.
– Mulai ulang sistem iOS di ponsel Anda.
– Coba kabel pengisi daya USB yang lain.
– Pastikan sistem iOS Anda adalah versi terbaru.

Nah demikian 7 cara yang dapat Anda lakukan jika Iphone tidak bisa di charger. Walaupun Anda dapat memperbaiki masalah ini sendiri, namun pastikan bahwa apa yang Anda lakukan tidak malah merusak Iphone Anda.

Leave a Reply