Jenis Prosesor Smartphone Tergolong Tangguh di Masa Kini

Jenis Prosesor Smartphone Tergolong Tangguh di Masa Kini – Prosesor atau CPU (Central Processor Unit) merupakan bagian dari smartphone atau komputer yang berfungsi sebagai pusat pemrosesan data, atau secara umum disebut sebagai otak dari suatu perangkat komputer atau handphone, atau perangkat lain yang mampu melakukan olah data secara logic.

Jika diperhatikan, jenis prosesor smartphone yang digunakan pada perangkat handphone yang beredar sekarang sangat banyak dan bervariasi. Dari mulai vendor yang memproduksi, kecepatan proses, lifetime, dan banyak ragam jenis lainnya.

Bagi sebagian orang yang memang hobi untuk otak-atik perangkat smartphone, penting untuk mengetahui kemampuan dan jenis prosesor smartphone yang bermacam varian itu. Hal terebut menguntungkan, karena selain memberi efek kepuasan karena hobi itu sendiri, juga pengetahuan tersebut sewaktu-waktu dibutuhkan ketika hendak membeli perangkat smartphone, melakukan service, atau sekedar untuk sharing diskusi dengan teman sesama hobi.

Dari tahun ke tahun, perkembangan jenis-jenis prosesor smartphone tidak ada hentinya. Selalu saja muncul prosesor baru dengan spesifikasi kemampuan yang lebih tangguh dari para pendahulunya. Oleh karena itu, bagi para penggemar teknologi, penting untuk selalu update pengetahuan seputar teknologi dan komputer. Untuk tujuan tersebut, berikut ini akan mengulas seputar beberapa jenis prosesor yang banyak di pasaran dan sering kita temui pada smartphone.

Merk Prosesor Smartphone Tergolong Tangguh

1. Exynos.

Jenis prosesor ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan elektronik terkemuka yakni Samsung Electronics. Exynos diciptakan dengan sistem yang berbasis SoC (System on a Chip). Belakangan ini perangkat prosesor dengan basis SoC banyak dikembangkan untuk kepentingan pengembangan smartphone.

Jika dilihat dari yang banyak beredar di pasaran, prosesor Exynos memiliki banyak ragam dan jenis spesifikasi. Pada keluaran pertamanya prosesor ini diciptakan dengan nama seri Exynos 3110. Nama seri ini juga dikenal dengan hummingbird.

Prosesor jenis pertama ini jarang dikenal untuk pada tahun-tahun sekarang yang sebagian produk smartphone menggunakan prosesor jenis terbaru. Exynos unggul dalam menjalankan proses game dan keperluan multitasking.

2. Tegra.

Prosesor Tegra diciptakan oleh sebuah perusahaan yang biasanya terkenal dengan produk teknologi grafis, yaitu NVIDIA. Prosesor ini selangkah lebih depan pada zamannya; yakni di saat ketika banyak vendor tengah mengunggulkan dan mengembangkan produk prosesor dengan teknologi dual-core.

Tegra sudah mendahului dengan memperkenalkan teknologi quad-core. Terdapat salah satu seri dari Tegra yakni NVIDIA Tegra 3, yang dikenal memiliki keunggulan dalam kemampuan visualisasi grafis dan tidak mengkonsumsi jumlah daya yang terlalu besar.

Jenis NVIDIA ini memang sangat cocok untuk komputer atau smartphone yang difungsikan untuk keperluan bermain game.

3. OMAP.

Prosesor dengan nama OMAX ini merupakan buah karya dari perusahaan Texas Instrument. OMAX dikenal dengan performanya yang sangat bagus untuk membuat tampilan internet seperti ketika sedang melakukan kegiatan browsing website dengan menggunakan komputer.

Selain itu, OMAX juga memberikan pelayanan interface yang cepat, sehingga dengan kemampuan tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai penunjang penggunaan kamera primer dan sekunder, dan juga menampilkan video dengan kualitas full HD.

Smartphone yang menggunakan Prosesor jenis ini biasanya jenis smartphone yang mempunya kinerja handal, seperti Huawei ascend P1s dan Samsung Galaxy Nexus

4. Snapdragon

Nama Snapdragon agaknya sudah banyak dikenal dan malang melintang di dunia perangkat gadget. Satu hal yang cukup sering dikenal dari jenis prosesor ini yaitu seringkali disebut sebagai prosesor qualcomm.

Snapdragon sering dianggap sebagai prosesor yang paling bagus daripada prosesor smartphone sesama pesaingnya yang lain.

5. MediaTek

Prosesor ini seringkali juga disebut dengan secara singkat yakni MTK. MTK merupakan perusahaan yang menangani di bidang pembuatan dan penjualan komponen yang khusus untuk perangkat komunikasi nirkabel.

Kalo anda perhatikan, penggunaan prosesor MediaTek banyak digunakan pada perangkat-perangkat smartphone. Hal tersebut dikarenakan harga untuk prosesor ini relatif lebih murah daripada harga prosesor lain dengan spesifikasi kemampuan yang sama.

Meski tergolong lebih murah, namun memiliki kemampuan yang tak kalah daripada prosesor lain yang cenderung lebih mahal. Dengan memperhatikan harga dan kemampuan tersebut, sangat banyak produsen smartphone yang menggunakan MediaTek sebagai CPU-nya.

6. PXA

Prosesor dengan sebutan tiga huruf ini merupakan hasil dari buah karya perusahaan Marvell. Di pasaran, prosesor ini sangat jarang ditemui digunakan sebagai CPU pada perangkat smartphone dan tablet.

PXA juga dianggap menggunakan sistem teknologi SoC atau System on Chip. Karena menggunakan teknologi sistem SoC, Prosesor PXA ini memiliki performa yang cukup handal dan irit dalam penggunaan sumber daya energi.
Itulah tadi enam jenis prosesor smartphone yang sudah banyak dikenal oleh para penggemar seputar teknologi gadget.

Sebenarnya selain enam jenis prosesor tersebut, juga masih terdapat jenis prosesor lain yang jarang diketahui oleh pihak umum. Selain itu, keenam jenis prosesor tersebut juga memiliki turunan jenis yang lain. yakni jenis seri yang dikeluarkan dari tahun ke tahun memiliki performa dan spesifikasi kerja yang semakin berkembang menyesuaikan perangkat yang diharapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis prosesor smartphone. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bersama.

Leave a Reply