Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 dan Tips agar Kinerjanya Maksimal

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 dan Tips agar Kinerjanya Maksimal |Seperti yang kita tahu, windows 10 merupakan update terbaru dari seri-seri sebelumnya. Akan tetapi tampaknya tak serta merta membuat semua orang langsung mau menggunakan OS ini.

Nah buat anda yang lagi bimbang dan belum tahu bagaimana review dari OS ini, berikut kami bagikan rangkuman tentang kelebihan dan kekurangan windows 10. Semoga dengan membaca ulasan ini anda akan lebih mantap dalam mengambil keputusan.

Kelebihan Windows 10

1. Tombol Start Hadir Kembali

Pada seri Windows 7, memang terdapat tombol navigasi yang ikonik pada Microsoft “Start”. Secara fisik, tombol tersebut ‘menghilang’ di windows 8 digantikan dengan klik pojok bawah atau menekan tombol start pada keyboard. Sebenarnya tombol ikonik ini telah dihadirkan kembali di edisi Windows 8.1 Pro. Hal ini dipicu karena banyaknya feedback negatif mengenai hilangnya tombol yang bersimbol empat buah persegi panjang tersebut.

2. Cortana

Windows 10 memberikan fitur baru berupa digital assistant yang membantu pengguna dalam mengaktifkan berbagai perintah yang diaktifkan dengan suara penggunanya. Lebih daripada itu, Cortana mampu mempelajari kegiatan yang sering dilakukan oleh penggunanya dan juga mampu menjadi tempat curhat dan jokes. Menakjubkan bukan?

3. Microsoft Edge Web Browser

Internet Explorer sudah umum menjadi bahan bullying netizen karena performanya yang kurang baik, kurang responsive, dan sangat memakan memori. Kini Microsoft menghadirkan Microsoft Edge sebagai pengganti IE yang diklaim lebih ringan, bahkan ada fitur untuk note-taking pada halaman web tersebut secara langsung.

4. Multi-tasking

Windows mencoba memanjakan para penggunanya menggunakan fitur Virtual Desktop yang mampu menampilkan berbagai aktifitas dan beralih dari satu virtual desktop ke virtual desktop lainnya. Apalagi pengguna juga bisa menampilkan tiga desktop sekaligus dalam satu layar. Menakjubkan.

Kekurangan Windows 10

1. Tidak Semua Perangkat Cocok

Inilah hal yang paling membuat beberapa pengguna Windows kecewa, karena masih dalam tahap perkembangan, beberapa perangkat belum kompatibel atau bekerja maksimal dengan windows 10. Disarankan untuk memeriksa spesifikasi minimum pada laman resmi windows agar tidak kecewa ketika update OS telah dilakukan.

2. Size Master yang cukup Besar

Pengguna windows terdahulu dapat memperbaharui OS nya ke Windows 10 secara gratis. Dengan catatan Proses download yang Uninterruptable (tidak dapat dijeda atau dipause) dengan size 3GB tidak terganggu oleh jaringan Internet yang sedang bermasalah.

Tips agar Windows 10 Kinerjanya Maksimal

Windows 10 juga perlu dipelihara kesehatannya seperti OS lainnya. Maka ada beberapa tips yang bisa diikuti agar kinerja dan performa windows 10 bisa maksimal, antara lain:

1. Mematikan Start-up Program yang Tidak Diperlukan

Start-up program adalah program aplikasi yang secara otomatis dijalankan oleh sistem komputer ketika komputer baru saja menyala. Pada Windows 10, semua aplikasi tersebut dapat anda lihat di taskbar, Jika anda merasa ada aplikasi yang jarang digunakan, maka anda dapat menon-aktifkannya.

2. Mematikan Animasi

Sebagian besar aktivitas di Windows 10 seperti minimize, maximize, akan ditampilkan juga animasi atau visual effectnya. Visual Effect juga menggunakan kapasitas memori juga yang semakin membuat komputer anda lelet. Untuk memaksimalkan performa dari windows 10, anda bisa klik start > Adjust the appearance and performance of Windows” kemudian pilih “Adjust for the best performance”.

3. Menghapus Crapware

Terkadang aplikasi dari third party atau pihak ketiga dapat memunculkan pop-up yang tidak penting. Memang biasanya aplikasi tersebut membantu kinerja komputer anda, tapi tidak semua seperti itu. Seperti menghapus aplikasi lainnya, anda dapat menghapus aplikasi aplikasi yang kurang penting tersebut dengan menuju “Add or Remove Program…”

Demikianlah Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 dan Tips agar kinerja Windows 10 anda dapat bekerja secara optimal.

Leave a Reply