Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Upgrade VGA Laptop

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Upgrade VGA Laptop – Masalah upgrading spesifikasi dan hardware, mungkin bukanlah hal yang sulit untuk pengguna komputer desktop atau PC. Karena mereka akan dapat dengan mudah membeli dan mendapatkan hardware yang dibutuhkan, dan kemudian memasangnya dan mengupgrade dengan mudah tanpa suatu kendala yang berarti.

Lain halnya dengan pengguna laptop, kemampuan laptop dalam hal upgrade sangat terbatas mengingat slot yang disediakan terkadang terbatas. Mungkin lazim pada laptop jika dilakukan upgrade RAM, dan Hard Disk Drive. Akan tetapi, bagaimana jika yang akan diupgrade adalah VGA?

Hal itu bisa saja terjadi karena semakin berkembangnya teknologi, kini telah dikembangkan VGA Eksternal untuk laptop dengan berbagai spesifikasi yang dijamin top. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan tips di bawah ini sebelum memutuskan untuk membeli VGA buat Laptop kesayangan Anda.

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Upgrade VGA Laptop

1. Pastikan Support Perangkat lain terhadap Graphic Card

Tidak menutup kemungkinan bahwa VGA yang kita beli membutuhkan dukungan atau support dari perangkat lain seperti Power Supply, Prosesor, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untu menghindari masalah yang biasa dialami seperti daya yang kurang, atau tidak tersedianya kabel untuk PCI-E. Nah, disarankan Power supply memiliki daya dua kali lipat dari yang dibutuhkan VGA tersebut, juga ketersediaan konektor PCI-E 8 pin atau 6 pin.

2. Pastikan Dimensi Graphic Card Muat pada Motherboard

Hal ini sepele, namun nyatanya penting juga. Pastikan dimensi dari VGA Card yang Anda beli muat atau tidak melebihi ruang kosong yang tersedia. Ada VGA Card yang panjangnya melebihi dari panjang motherboard yang anda pasang sehingga kesannya akan kurang rapi dan nyaman. Informasi tentang dimensi VGA Card dapat dilihat pada website resmi pabrikan VGA Card.

3. Pemasangan Dilakukan dengan Berhati-hati

Dibutuhkan ketelitian dan berhati-hati ketika memasang VGA Card. Pastikan Laptop dalam keadaan mati. Alat yang diperlukan mungkin hanyalah obeng untuk membuka kunci-kunci yang terdapat pada motherboard. Jika terdapat dua slot PCI-E, pilihlah slot yang terdekat dengan prosesor. Kemudian, jangan lupa untuk menghubungkan kembali kabel-kabel yang tadinya terlepas.

4. Pastikan VGA Card dilengkapi Program Instalasi Software Driver

Ini adalah hal yang sangat penting. VGA Card mungkin dapat dikenali oleh laptop setelah baru saja diupgrade, akan tetapi tanpa adanya software driver, kinerja dari VGA card tersebut akan mengalami gangguan atau bekerja kurang optimal. Setelah instalasi driver telah selesai dilakukan, direkomendasikan untuk menghidupkan ulang laptop untuk performa maksimal VGA laptop Anda.

Baca Juga: Bermain Game Berat Tanpa VGA Card di PC, Coba Sotware Ini!

5. Dibutuhkan Alat Pengenal jika Menggunakan VGA Eksternal

VGA Eksternal yang disebutkan di atas tidak serta merta mampu bekerja dengan cara menghubungkannya ke laptop Anda. Anda membutuhkan perangkat pengenal VGA Card tersebut sebagai socket serta penambah daya yang akan digunakan pada VGA Card. Perangkat pengenal yang lazim digunakan biasanya bernama ViDock Nano.

ViDock Nano ini sendiri telah dibekali sebuah power supply 200 Watt. Calon pembeli yang tidak ingin repot dengan pemasangan dan Pembelian yang terpisah, sudah dimudahkan dengan adanya program ViDock Nano yang bekerja sama dengan salah satu produk VGA Card yaitu MSI GeForce GTX 660. Perangkat ini kemudian dapat Anda hubungkan dengan layar monitor sebagai output dari VGA Eksternal ini. Menakjubkan bukan.

Demikianlah artikel mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Upgrade VGA Laptop Anda sendiri. Semoga bermanfaat sebagai referensi sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah VGA Card baru untuk laptop kesayangan Anda.

Leave a Reply