Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android Wajib Kalian Ketahui

Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android  |Halo sahabat Android, Selamat datang di blog ini. Kali ini saya akan mencoba memberikan informasi kepada kalian mengenai Keuntungan dan kerugian Rooting pada smartphne android.

Mungkin para pengguna android yang belum terlalu paham dengan oprek-oprek Smartphone android akan merasa bingung sebenarnya apa sih itu rooting dan untuk apa tujuan dengan melakukan rooting itu sendiri ? Nah akan saya jelaskan terlebih dahulu seperti apa itu rooting dan tujuannya untuk apa.

Pengertian Rooting : Rooting merupakan salah satu proses untuk masuk ke sistem yang lebih dalam pada bagian smartphone, istilah lain dari Rooting ini sendiri disebut dengan jail Break atau proses pembobolan sistem yang ada di smartphone.

Pembobolan sistem pada smartphone ini tidak bisa dilakukan dengan cara oprek Fisik smartphone itu sendiri melainkan dengan bantuan aplikasi yang bisa digunakan untuk proses rooting. Adapula aplikasi yang langsung bisa digunakan dengan perangkat smartphone ataupun langsung bisa di instal pada Laptop atau Komputer kalian.

Tujuan dengan adanya rooting ini yaitu memudahkan para pengguna android dengan secara bebas melakukan apa saja yang mereka mau, karena hal ini langsung berhubungan dengan sistem keamanan android untuk itu pengguna android dengan leluasa bisa melakukan apa saja.

Baik perubahan ROM android yang merupakana sistem Operasi android itu sendiri, penggantian Bootingtable, kemudian mengganti Font dan lain-lain. Lantas apakah Proses rooting ini bisa dikatakan sebuah tidakan Ilegal ? Jelas iya.

Alasannya cukup simple, setiap kali android rusak karena proses rooting namun kondisi masih dalam keadaan Garansi, maka Android kalian tidak bisa diperbaiki sebab Claim garansi hanya bisa didapatkan jika adanya kerusakan dari smartphone itu sendiri bukan berasal dari Sentuhan fisik dan benturan fisik terlebih adanya proses Rooting, Mereka para penyedia layanan servis tentu akan tahu apakah Smartphone kalian pernah di rooting atau tidak.

Hal semacam ini akan terjadi jika kalian tidak bisa melakukan proses rooting dengan cara yang benar. Maka keadaan smartphone bisa jadi Blank dan Bootloop. Untuk mendapatkan akses claim garansi kalian bisa melakukan yang namanya Unrooting yaitu pembatalan atau mengembalikan smartphone dalam kondisi seperti semula.

Nah untuk proses rooting ini sendiri hanya dibutuhkan beberapa menit tergantung dari kecepatan smartphone, alat yang dibutuhkan hanya Laptop, USB dan juga aplikasi Rooting. Lantas seperti apa sih keuntungan dari proses Rooting ini sendiri ? Mari kita simak langsung dibawah ini.

Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android

Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android

edited by moriuz

Keuntungan proses rooting smartphone android :

a. Akses Full sistem

Yang pertama adalah memberikan akses Full sistem pada setiap komponen sistem yang ada di Ponsel android, untuk kalian yang paham dengan apa itu Developer Mode mungkin sedikit saya jelaskan disini. Developer mode merupakan mode pengembang. Yang mana pada settingan developer mode ini memberikan kemudahan dan akses yang dibatasi oleh pengembang sistem.

Yang mana kalian pengguna smartphone tidak bisa pergi terlalu jauh untuk mengakses maupun mengedit sistem smartphone. Batasan ini diberikan dengan adanya Developer Mode.

Tidak seperti pengembang Pabrikan yang benar-benar mempunyai akses Full sistem pada ponsel yang mereka buat, nah dengan adanya Rooting ini memiliki Keuntungan yaitu kalian bisa masuk secara Full sistem ke semua komponen yang ada di smartphone, kalian bisa mengganti Font, mengganti icon, mengganti ROM dan meningkatkan performa ponsel android milik kalian.

b. Mengganti ROM dan lain-lain

Keuntungan kedua yang bisa kalian dapatkan adalah akses untuk mengganti ROM android ponsel kalian dengan ROM android lain yang bisa dilakukan secara manual, secara harafiah kegiatan seperti ini cukup legal dilakukan, namun hal ini dilakukan untuk membuang rasa bosan dengan tampilan yang hanya itu-itu saja.

Kalian bisa menggunakan ROM modifikasi dan menginstalnya di smartphone kalain dengan bantuan aplikasi lain. Proses ini sama saja dengan proses Flash, yang membedakan hanya caranya sendiri. Jika kalian menggunakan ROM resmi bisa dikatakan masih Legal, namun kalau sudah menggunakan ROM modifikasi bisa dikatakan ilegal.

c. Meningkatkan performa ponsel smartphone android

Yang berikutnya dengan melakukan rooting maka kalian dengan bebas melakukan settingan apapun yang kalian inginkan, misalnya ingin meningkatkan performa ponsel menjadi lebih cepat ataupun menghilangkan kondisi panas yang terlalu berlebihan. Kalian bisa melakukan apa saja yang bisa membuat ponsel memiliki performa yang meningkat.

Nah itulah sedikit bahasan mengenai keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika melakukan rooting pada ponsel android, lantas bagaimana dengan kerugiannya ? Apakah kerugian yang diberikan cukup besar untuk ponsel yang sudah di root ? Mari kita simak dibawah ini.

Kerugian Ponsel yang sudah di root :

a. Akses claim Garansi HANGUS

Yang pertama adalah Garansi ponsel android kalian akan hangus, walaupun masih berlaku hingga 5 bulan ataupun 3 bulan kedepan, hal seperti ini memang diberlakukan untuk kerusakan yang disebabkan karena Fisik maupun kegiatan yang membuat claim garansi Hilang walaupun keadaan ponsel dalam kondisi yang masih tersegel. Untuk karena itu jika ingin mengklaim garansi maka hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan unrooting kembali ponsel android kalian kembali seperti semula.

b. Potensi mati total

Kemudian kebanyakaan orang yang suka melakukan oprek ponsel android mereka akan paham seperti apa kerusakan yang nantinya diakibatkan setelah melakukan rooting, salah satunya kerusakaan yang diakibatkan kegagalan sistem yang kemudian mengakibatkan ponsel mati total atau sudah tidak bisa dihidup kembali, Ada langkah terbaik kalau kalian ingin memperbaiki ponsel kalian yaitu dengan cara instal ulang, kebanyakan khasus proses rooting yang gagal tidak akan menyerang bagian komponen kelistrikan melainkan menghilangkan database sistem OS ataupun mengapusnya secara total. Jadi masih ada peluang untuk memperbaiknya.

c. Adanya error saat digunakan

Kemudian yang terakhir adalah error pada saat digunakan, kebanyakan pengguna android yang melalukan oprek pada ponsel mereka mempunyai tujuan untuk menginstal aplikasi yang sebelumnya membutuhkan hak akses Root sehingga setelah di rooting ponsel bisa menerima semua aplikasi yang sebelumnya tidak support.

Dari situ muncul beberapa kegagalan atau error dari aplikasi sistem atau bawaan yang tidak support dengan aplikasi baru yang sebenarnya sudah tidak mempunyai ijin instal. Maka dari itu pastikan spesifikasi ponsel juga jika ingin melakukan instaliasi aplikasi lain yang dianggap memiliki potensi merusak.

Nah itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang disebabkan oleh proses rooting android yang bisa kalian dapatkan jika tidak memperhatikan dengan benar-benar. Silahkan dipahami dengan baik-baik, antara keuntungan dan kerugian yang dihasilkan jika dipersentasekan sekitar 70% keuntungan dan 30% kerugian yang didapatkan. Mulai dari cara kerjanya, pemilihan aplikasi dan proses rooting yang dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Tags:

Leave a Reply