Lanjutan: Tips Optimasi SEO untuk Pemula

1. Daftarkan blog ke mesin pencari

Yang pertama adalah dengan mendaftarkan blog ke mesin pencari, mendaftarkan blog ke mesin pencari ini mungkin sudah banyak yang tahu yaitu dengan menggunakan webmaster yang sudah disediakan oleh Google sendiri, penggunaan webmaster ini sendiri saya rasa sudah cukup paham untuk semua blogger diluar sana.

Yang pasti dengan adanya webmaster ini cukup memudahkan para blogger untuk mengoptimasi blog mereka dengan mudah dan cepat. Terlebih Google juga memberikan akses gratis secara Cuma-Cuma kepada semua blogger pemula. Kemudian yang berikutnya yaitu dengan menggunakan Google analysis.

Penggunaan Google analysis ini juga sangat bagus untuk perkembangan sebuah blog, khususnya untuk anda yang ingin serius dalam dunia blogging, dengan menggunakan Google analysis ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menganalisisa seperti apa pengunjung anda.

Baik mulai dari kunjungan perhari, kemudian melihat demografi dan umur pengunjung, melihat perangkat yang digunakan, dan melihat konten seperti apa yang paling sering diibaca. Dari situ nanti anda bisa memperoleh gambaran konten artikel yang paling baik untuk blog anda.

2. Mulai Bangun backlink

Yang berikutnya yaitu dengan membangun sebuah backlink, banyak blogger pemula yang belum paham seperti apa itu baclink dan bagaimana cara mendapatannya. Akan saya jelaskan sedikit mengenai backlink, Fungsinya dan manfaatnya untuk blog kita. Backlink merupakan istilah dalam dunia blogging, lebih dikenal dengan credit link.

Backlink ini sendiri bisa anda dapatkan dengan cara mencarinya dari blog lain yang cukup profesional dan sudah mendapatkan otoritas yang baik di mesin pencari, blog atau website seperti ini yang cocok untuk membangun sebuah backlink. Namun untuk saat ini banyak situs yang tidak menyediakan tempat kolom komentar karena banyak spamming yang dilakukan oleh blogger-blogger yang tidak bertanggung jawab.

Kegunaan backlink sendiri sangatlah bermamfaat untuk sebuah blog baru, paslnya blog yang mempunyai sedikit backlink namun cukup berkualitas maka bisa dipastikan mendapatkan nilai rangking yang bagus di mesin pencari. Terlebih lebih cepat untuk mendapatkan rangking sebuah blog. Nah perbedaanya apa sih backlink yang berkualitas dan tidak berkualitas ?

Perbedaanya sendiri sangat mencolok, perbandingannya cukup menjakjubkan. Anda mempunyai 10 backlink berkualitas dari situs yang sudah mempunyai otoritas yang baik dimesin pencari dengan 100 backlink dari situs yang masih belum stabil yang artinya trafik masih naik turun. Maka perbandingannya tetap 10 : 1.

Ada beberapa cara penanaman backlink yang baik dari internet untuk blog anda. Anda bisa memanfaatkan situs dengan ekstensi EDU,misalnya Academia.edu, kemudian Org, dan juga situs-situs yang mempunyai paga rank yang tinggi, tapi untuk saat ini penggunaan page rank sudah tidak berlaku lagi,

Tapi penggunaan DA dan PA sebuah blog masih berlaku. Yang pastinya tinggal bagaimana anda bisa memilih sebuah bloh atau situs yang cukup bagus dijadikan ladang backlink. Menggunakan sistem Blogwalking juga cukup bagus untuk anda lakukan.

3. Promosikan konten

Yang berikutnya adalah dengan mempromosikan konten, dalam memasarkan atau mempromosikan konten di internet itu mudah dilakukan. Tinggal bagaimana anda bisa memilih jenis promosi yang tepat. Ada banyak sekali jenis promosi yang bisa didapatkan secara gratis maupun dengan cara berbayar, tergantung dana yang anda miliki. Kalau saran saya sih lebih baik gunakan yang sistem premium.

Ini untuk mempercepat perkenalan blog anda di mata pengunjung internet, ada beberapa sistem promosi yang berbayar seperti menggunakan Google adwords, kemudian bisa menggunakan facebook, bisa beriklan dengan blog orang lain yang mana harus satu topik dan ada cara lain yang mungkin belum bisa saya sebutkan disini.

4. Gunakan Outbound Link

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan outbounf link, penggunaan Outboud link begitu bermanfaat untuk semua blogger yang mau menggunakannya, pasalnya penggunaan link keluar ini bisa memberikan sinyal yang baik untuk mendapatkan backlink berkualitas, selain itu memberikan link keluar yang mempunyai keterkaitan dengan konten yang dibahas akan membuat para pengunjung tidak bosan dan lebih lama membaca-baca konten blog anda.

Penggunaan outbound atau link keluar setidaknya juga mengandung kata kunci yang hampir sama dengan konten pembahasan, alasannya yaitu untuk memudahkan Google dalam merayapi semua isi konten, jadi tujuannya disini bukan hanya koten utama saja yang dirayapi. Melainkan link keluar pun juga bisa dirayapi sehingga memungkinkan untuk muncul dihalaman mesin pencari Google.

Nah itulah beberapa teknik SEO paling lengkap mulai dari awal ngeblog sampai optimasi SEO, semoga konten artikel yang saya buat ini cukup bermanfaat sebagai media pembelajaran bagi para blogger-blogger yang masih awam dan masih memulai dalam dunia blogging. Tidak usah menggunakan sistem yang rumit jika sistem yang sederhana saja masih bisa digunakan.

Jangan dahulu mementingkan penghasilan jika kalian ingin berhasil bersaing dengan blogger lain yang ada di luar sana, persaingan dalam dunia blogging memang begitu ketat, Siapa yang rutin, konsisten dan displin dialah yang akan berkuasa di atas sendiri.

Berbeda dengan blogger-blogger pemula yang sampai saat ini masih menggunakan sistem Rumit yaitu melakukan optimasi blog terlalu berlebihan dan akibatnya membuat blog sulit sekali terindeks oleh mesin pencari dan pada akhirnya hilang dari peryapan.Cara seperti itu sudah tidak berlaku lagi untuk diterapkan, yang pasti penggunaan dan pembuatan konten orisinil dan berkualitas menjadi penentu pertama keberhasilan sebuah blog di internet.

Berbeda dengan blogger yang mengandalkan optimasi Blackhat SEO yang pada akhirnya pinalty Google.
Ok sahabat blogger, disini saya akan memberikan tips sederhana untuk mengelola blog baru, walaupun sudah saya jelaskan dengan panjang lebar, Tapi ada sedikit tips simple yang bisa kalian terapkan untuk seorang blogger yang masih baru.

a. Tentukan ide dan topik sebuah blog
b. Tentukan tampilan blog, usahakan ( seo Friendly, Reponsive dan Mobile Friendly )
c. Buat KONTEN yang unik, menarik dan mempunyai nilai bobot yang tinggi
d. Gunakan teknik promosi dan pemasaran konten yang benar. Manfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lain
e. Bangun backlink dan ciptakan penghasilan ngeblog kalian bisa menggunakan Google adsense, media periklanan lain, menggaet pemasang iklan, menjual Digital ebook dan membuka toko online.

Terimakasih dan selamat berjuang. Salam Blogger.

artikel ini lanjutan dari: Pembuatan Konten SEO Untuk Blog anda, Sudah Mencoba?

Leave a Reply