Mahalnya Biaya Reparasi iPhone X, Bisa Beli 1 Smartphone Baru

Pre-order iPhone X yang dimulai pada akhir pekan lalu menuai kesuksesan besar. Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, ponsel pintar terbaru Apple itu langsung ludes dipesan. Hal itu membuktikan bahwa harga mahal iPhone X tidak menjadi penghalang bagi para konsumen yang telah menanti.

Banderol iPhone X sendiri adalah sekitar USD 999 atau Rp 13,5 juta. Akan tetapi, bukan harga belinya saja yang mahal, ternyata biaya perbaikannya di luar garansi juga cukup menguras isi dompet.

iphone x tearurb

Seperti dikutip dari The Verge, Senin (30/10/2017), baru-baru ini Apple mengumumkan biaya perbaikan iPhone X (di luar garansi), yang bisa mencapai Rp 7 jutaan. Namun, biayanya sangat bervariasi bergantung dari kerusakannya. Misal untuk kerusakan layar iPhone, biaya perbaikannya dipatok USD 279 atau sekitar Rp 3,8 jutaan.

Angka ini jelas lebih tinggi jika dibanding biaya reparasi iPhone 8, bahkan dua kali lipat dari biaya perbaikan iPhone 6. Hal ini tidak lepas dari komponen andalan pada iPhone X, yaitu layar bezel less. Begitu pula dengan display OLED, yang kemungkinan dipasok secara terbatas.

Biaya termahal adalah perbaikan kerusakan yang diakibatkan karena air (water damage). Tarif flat reparasi iPhone X karena kerusakan ini bisa sampai USD 549 atau Rp 7,5 juta. Biaya-biaya tersebut berlaku untuk reparasi resmi oleh

Apple, di luar garansi selama 1 tahun. Di satu sisi, garansi tidak akan berlaku jika kerusakan diakibatkan oleh kelalaian pengguna.

Leave a Reply