Masalah Dan Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer Canon IP dan MP

Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer Canon IP dan MP – Printer Canon bertype IP dan MP merupakan dua printer tergolong murah dari besutan perusahaan elektronik Canon. Dua printer ini sudah terbilang memiliki kinerja sangat baik karena didukung dengan cartridge 811 warna dan 810 hitam.

Namun sayangnya printer ini masih memiliki kelemahan pada cartridge tersebut. Masalahnya sering terjadi pada hasil cetak bergaris atau Tidak Rata bahkan tintanya tidak keluar sama sekali. Oleh karena itu, berikut ini akan kami jelaskan cara mengatasi masalah ini sekaligus penyebabnya.

Penyebab dan cara mengatasi hasil cetak bergaris atau tidak Rata pada printer bertype IP dan MP

Pertama, anda cukup melakukan cleaning printer menggunakan software bawaan printer anda. Jika masih belum Berhasil, gunakan cara khusus berdasarkan penyebabnya di bawah ini.

1. Head Cartridge tersumbat

Hasil cetakan yang bergaris atau tinta yang tidak dapat keluar sering kali disebabkan oleh cartridge yang tersumbat karena tinta menggumpal atau pun tercampur dengan debu dan kotoran. Solusinya bersihkan cartridge menggunakan alat penghisap/ Penyedot cartridge. Alat Ini bisa anda dapatkan di toko Online khusus menjual Sparepart Printer, di Bukalapak.com dan di Tokopedia.com juga banyak seller yang menjual Sparepart Printer.

2. Aliran tinta printer tidak lancar

Masalah ini juga dapat disebabkan oleh sistem infus yang bermasalah atau mengalami kebocoran. Karena aliran tinta tidak lancar, tentu saja akan mengganggu kinerja cartridge sehingga hasil cetakan agan bergaris. Solusinya disarankan untuk menggunakan bagian tambahan yakni damper infus agar tinta mengalir lancar dan stabil, damper infus bisa anda dapatkan di toko online ekohasan.blogspot.com dan di klikbebasatore.com

Baca Juga: Alternative Lain Reset Printer Canon MP287 Yang Error E08

3. Head Cartridge lemah

Masalah ini tidak bisa di deteksi dengan kasat mata. Satu – satunya cara untuk mendeteksi kekuatan cartridge adalah dengan menempelkan tissu pada ujung head cartridge lalu cek tisu tersebut. Jika seluruh warna keluar, tapi saat digunakan untuk mencetak warnanya tidak muncul atau bergaris, maka itu tandanya cartridge printer anda sudah lemah.

Solusinya Untuk pemakaian sementara anda bisa mengganti setting print menjadi high quality. Namun lebih disarankan untuk segera mengganti cartridge agar kerusakan tidak meluas hingga ke board printer.

Demikian cara mengatasi masalah hasil cetak bergaris atau Tidak Rata pada printer Canon IP dan MP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Save

Leave a Reply