Masalah MicroSD Tidak Terbaca? Coba Cara Mudah Ini

Masalah MicroSD Tidak Terbaca – Kerusakan microsd merupakan hal yang jarang terjadi, namun bagi yang pernah mengalaminya, pasti merasakan betapa beratnya kehilangan data-data di microsd yang kita kumpulkan bertahun-tahun pada memori handphone kita.

Nah, karena merupakan hal yang penting, artikel ini akan membahas masalah yang sering terjadi pada memori handphone atau microsd.

Microsd secara fisik memang jarang mengalami kerusakan, misalnya microsd pecah, tergencet, atau bengkok. Kerusakan semacam itu jarang terjadi pada microsd. Namun, kerusakan microsd yang paling sering terjadi biasanya terdapat pada sistem penyimpanannya tersebut.

Maksudnya data yang ada dalam microsd bisa saja entah karena sebab atau tiba-tiba data tersebut tidak terbaca, tidak muncul, atau bahkan hilang sama sekali.

Serta Mengalami masalah microsd tidak terbaca ketika kita pasang di card reader. Maka dari itu sebelum kita membahas cara mengatasi masalah microsd yang error tersebut tadi, alangkah baiknya kita sedikit mengenal Penyebab- penyebab microsd rusak.

Penyebab Dan Mengatasi Microsd Tidak Terbaca

Penyebab Microsd Rusak

1. Microsd rusak akibat sering dilepas.

Memori handphone atau microsd yang sering lepas pasang dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu sebaiknya sebisa mungkin menghindari memindah-mindah microsd.

Jika ingin memindah data pada microsd, anda bisa menggunakan kabel data untuk melakukan pembacaan data. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan karena microsd sering dicopot.

Atau juga bisa menggunakan fasilitas nirkabel berupa Wi-Fi dan bluetooth. Mungkin kecepatan pemindahan data lebih lama, namun lebih aman. Poin ini juga dapat penyebab masalah microsd tidak terbaca.

2. Microsd rusak akibat terkena cairan.

Microsd juga berpotensi rusak apabila terkena cairan seperti minyak, oli, cairan kimia, dan sebagainya. maka dari itu semaksimal mungkin hindari cairan tersebut ketika hendak memindahkan microsd atau membuka microsd.

3. Sering di Format

Yang menyebabkan Memori handphone atau MicroSD cepat rusak biasanya karena sering di format. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena semakin sering di format maka mengurangi kualitas komponen bagian dalam memori atau microsd.

4. Menggunakan Microsd Kw atau Bajakan

Saya menganjurkan kepada anda hindari pemakaian atau membeli microsd murah dengan kapasitas yang banyak, biasanya pengguna smartphone sering melakukan hal ini, lebih baik kapasitas sedikit tapi tahan lama, dari pada kapasitas banyak tapi daya ke awetan microsd itu sendiri cepat rusak.

Perlu di perhatikan biasanya microsd yang KW atau bajakan menawarkan harga yang murah dengan kapasitas yang besar namun ketahanan dari microsd tersebut tidak lama.

Yang paling sering terjadi pada microsd yang palsu ini, ketika data penuh atau hampir 90% akan mengalami error dan microsd tidak terbaca.

Nah itu tadi  penyebab yang sering terjadi diantara banyak kemungkinan penyebab lainnya. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini akan saya dijelaskan beberapa cara alternativ Mengatasi Microsd tidak terbaca atau tidak terdeteksi.

Perlu di Garis bawahi cara ini adalah saya ambil cara mudah yang biasanya di lakukan banyak orang, untuk cara yang lebih expert lagi nanti saya bahas di artikel berikutnya.

Namun jangan khawatir cara ini pernah terbukti berhasil dilakukan oleh beberapa pengguna yang pernah mengalami masalah tersebut. Oke langsung saja simak langkah- langkah berikut ini:

Baca juga: Membedakan Micro SD Asli atau Palsu, Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Cara mengatasi Microsd Tidak Terbaca

1. Membersihkan bagian Tembaga atau Kuningan bagian dalam Microsd

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi microsd yang tidak terbaca yaitu dengan membersihkan bagian tembaga microsd tersebut.

Prosedurnya yaitu matikan terlebih dulu handphone. Kemudian secara pelan-pelan cabut microsd dari tempat slot. Dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih, gosok secara perlahan dan satu arah saja. Lakukan tersebut sampai lapisan tembaga terlihat bersih.

Perlu diperhatikan agar tidak menyentuh lapisan tembaga dengan jari, listrik tubuh juga bisa menjadi penyebab rusaknya microsd. Jika selesai, kembalikan memory ke slot, dan nyalakan kembali handphone. Check apakah data sudah terbaca. Jika belum, coba cara lain.

2. Format Di Computer/ laptop Selanjutnya Format di HP.

Sebenarnya cara yang ini tidak di rekomendasikan, karena cara ini dilakukan ketika memang sudah berbagai cara tidak Berhasil. kemudian jika berhasil dengan cara ini dan data bisa terbaca, Segera salin data yang ada di microsd ke komputer atau tempat lain yang sekiranya aman.

Dan jangan gunakan lagi mirosd tersebut untuk menyimpan data- data penting. Karena biasanya microsd yang sudah mengalami masalah ini akan error lagi ketika menyimpan data lebih dari 50%

3. Cara berikutnya yaitu sambungkan handphone anda dengan komputer melalui kabel data.

  • Kondisi handphone harus nyala. Pilih opsi mass storage, dan amati apakah komputer bisa mendeteksi microsd.  Jika terdeteksi,
  • silahkan pergi ke menu windows explorer.
  • Klik kanan pada drive, pilih properties-tools-error checking.
  • Centang semua opsi dialog, kemudian pilih start. Tunggu sampai proses berakhir.
  • Setelah itu, silahkan eject memori handphone.
  • Kebiasaan melakukan eject sebelum mencabut memori ataupun koneksi memori sangat dianjurkan supaya tidak merusak memori handphone.
  • Setelah selesai, coba untuk membaca kembali microsd lewat handphone.
  • Check apakah sudah terdeteksi atau belum.

Demikian cara mudah untuk mengatasi masalah microsd tidak terbaca atau corupt. Jika cara diatas tidak berhasil saya akan berbagi cara lainnya yang lebih expert lagi di artikel selanjutnya. terimakasih

Tags:

Leave a Reply

Saat Ini Moriuz.com Masih Membutuhkan Penulis Kontributor, Info Lebih Lanjut Silahkan Klik Disini
+ +