Membedakan Micro SD Asli atau Palsu, Lebih Mudah Dengan Cara Ini

Membedakan Micro SD Asli atau Palsu, Lebih Mudah Dengan Cara Ini – Pada zaman modern ini setiap smartphone sudah ditanami memori internal berkapasitas besar untuk menyimpan segala data dan file dari penggunanya. Namun sering kali kita merasa memori internal tersebut kurang, khususnya buat mereka yang memiliki banyak file.

Untuk itu, banyak orang memilih menambah kapasitas memori tersebut dengan menggunakan micro SD sebagai memori eksternalnya.

Namun, saat hendak membeli memori eksternal atau micro SD, banyak dari konsumen yang merasa dibingungkan dengan adanya micro SD palsu atau replika. maka dari itu kita harus bisa membedakan micro sd asli atau palsu. Karena Micro SD replika atau umumnya sulit dideteksi karena memiliki bentuk fisik yang mirip dengan aslinya.

Nah, untuk menjawab kebingungan anda, disini kami berikan tips membedakan micro SD asli dan palsu yang ampuh dan bisa di andalkan kebenarannya.

Cara membedakan micro SD asli atau palsu

1. Teliti kemasan

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika membeli kartu SD adalah perhatikan kemasannya. Micro SD asli pasti memberikan informasi lengkap pada kemasan mereka. Berbeda dengan micro SD palsu, dalam kemasan micro SD palsu, umumnya hanya tertera beberapa keterangan dan biasanya dipalsukan.

2. Jangan tertipu harga

Akhir – akhir ini sering kita mendengar promo – promo micro SD dijual super murah. Misalnya micro SD 16 GB yang dijual hanya dengan harga Rp. 30.000,-. Sebaiknya jangan terburu – buru percaya dengan harga murah tersebut. Karena umumnya micro SD 16 GB asli dibanderol dengan harga di atas 80 ribu rupiah. Oleh karena itu sebelum membeli dan tergiur dengan harga yang murah, lebih baik tanyakan kepada teman yang tahu tentang hal ini, terutama tanya bagaimana caranya membedakan micro sd asli atau palsu.

Baca Juga: Tips Memilih dan Merawat Flasdisk serta cara Memunculkan Data terhiden Virus

3. Tampilan

Selain kemasan, anda juga bisa memperhatikan tampilan dari micro SD itu sendiri. Micro SD palsu biasanya memiliki cetakan tulisan yang acak – acakan dan terkesan tidak rapi. Namun, ada juga micro SD palsu yang bisa membuat cetakan rapi mirip seperti aslinya. Jadi jangan mudah tertipu.

4. Lihat cetakan nama merk

Anda juga bisa mengenali micro SD asli atau palsu dari merk dagangnya. Merk pembuat micro SD asli pastinya tercetak langsung pada permukaan memori produksinya tersebut. Berbeda dengan micro SD palsu, mereka menggunakan stiker yang ditempelkan di atas memori untuk memalsukan merk dan meyakinkan calon konsumennya.

5. Cek kapasitas sebenarnya

Selain memeriksa dari segi fisik, anda juga bisa membedakan micro SD asli dan palsu dari kapasitasnya. Micro SD palsu umumnya memiliki kapasitas yang berbeda dengan yang tertera di label. Misalnya, pada label tertulis kapasitas 2 GB. Namun setelah dicek, ternyata kapasitasnya hanya 1,8 GB.

Berbeda dengan micro SD asli, memori ini memiliki kapasitas yang sesuai dengan yang tertera di label. Kalau pun ada kekurangan, kekurangan tersebut tidak terlalu signifikan. Misalnya pada label tertera 1 GB, biasanya kapasitas memori bisa mencapai 987 MB.

6. Gunakan aplikasi SD Insight

Aplikasi SD Insight adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membedakan micro SD asli atau palsu. Aplikasi ini akan memberikan semua informasi terkait kartu SD yang sedang anda gunakan.
Caranya, download dan install terlebih dahulu SD Insight, setelah itu buka.

Nah, disini anda bisa melihat tanggal produksi dari kartu SD anda, kemudian cocokkan dengan yang tertera pada label. Jika tidak sesuai, bisa dipastikan micro SD tersebut adalah palsu.

Selain itu, jika SD Insight tidak bisa memunculkan detail data dari micro SD anda, itu artinya micro SD anda palsu karena tidak terdaftar secara resmi.

Demikian 6 tips cara membedakan micro SD asli atau palsu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply