Cara Membidik Kata Kunci Untuk Artikel Agar Tepat sasaran Pengunjung

Halo sahabat blogger bertemu lagi dengan saya disini untuk mengupas secara tuntas mengenai blogging dan juga pembahasan sekitarnya. Nah untuk kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Cara Membidik Kata Kunci Untuk Artikel Agar Tepat sasaran.

Mungkin teman-teman blogger untuk saat ini masih sempat berpikir bahwa penulisan sebuah artikel blog itu tidak menggunakan kata kunci atau menganggap bahwa penulisannya sendiri tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci.

Memang benar sahabat blogger, yang paling bagus untuk menyajikan artikel kepada para pembaca sebenarnya tidak menggunakan kata kunci sama sekali. Kata kunci digunakan untuk memberikan sinyal perayapan terhadap mesin pencari Google agar lebih mudah muncul di halaman pencarian.

Tapi sayangnya penggunaan kata kunci ini terlalu dianggap sebagai salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para blogger, Bagi saya pribadi penggunaan kata kunci ini ada batasnya juga. Tidak semua konten harus diberikan kata kunci, jika menurut saya artikel yang saya tulis sudah cukup bagus dan mudah untuk dibaca yah tidak saya kasih kata kunci.

Tapi jika saya menuliskan artikel yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi maka saya memberikan kata kunci perbagian dalam setiap artikel yang saya buat. Nah berikut ini saya akan mencoba menjelaskan cara membidik kata kunci untuk artikel yang akan kita tulis di blog.

Cara Membidik Kata Kunci Untuk Artikel  Agar Tampil di Halaman Pertama Google

a. Membidik kata kunci dari halaman penelusuran Google

Yang pertama kita bisa membidik kata kunci dari halaman penelusuran Google, cara ini memang sangat praktis dalam menentukan kata kunci untuk artikel di blog. Bagi saya pribadi menentukan kata kunci dari halaman google pencarian jauh lebih mudah dibandingkan harus melakukan riset secara langsung menggunakan Google planner atau keyword planner.

Nah tergantung dari pribadi masing-masing juga. Mungkin ada yang lebih menyukai mencari kata kunci dari halaman penelusuran Google dan juga ada yang memanfaatkan tools yang ada.

Sebenarnya tidak menjadi maslah ketika anda menggunakan prediksi kata kunci darik Penelusuran Google, yang menjadi masalah apakah cookie browser anda sudah dibersihkan atau belum. Bisa jadi hasil pencarian yang anda dapatkan masih mengikuti Cookie anda sehingga hasilnya bukan Murni pencarian secara umum.

Nah kalau kamu masih ragu dan ingin lebih meyakinkan hasil pencarian kamu. Maka kamu bisa menggunakan bantuan dengan Pergi ke warnet, biasanya warnet selalu memperbaharui sistem komputer setiap kali dimatikan. Dari sana anda bisa menemukan banyak sekali kata kunci yang nantinya bisa digunakan untuk pembuatan konten artikel.

b. Menggunakan Google Trends

Kemudian yang kedua dalam Membidik Kata Kunci Untuk Artikel adalah dengan memanfaatkan bantuan dari Google Trends.

Mencari kata kunci untuk menulis konten dengan memanfaatkan Google trend juga sangat bagus untuk dilakukan. Apa sih yang dimaksud dengan Google trend sendiri ? yaitu kumpulan kata kunci berdasarkan hasil pencarian Paling populer selama 1 bulan terakhir.

Sehingga Google akan merekamnya dalam database mereka untuk ditunjukan kepada para pembaca bahwa ada beberapa kata populer ditahun ini yang paling banyak dicari.

Dengan menggunakan google trends anda akan lebih mudah membuat Variasi kata kunci yang lebih akurat karena belum tentu website atau blog yang sudah populer menggunakan kata kunci tersebut. Lebih tepatnya disini anda akan bersaing dengan blog Viral atau blog berita lainnya yang sudah populer dihalaman pencarian.

Tapi itu tidak menjadi masalah bagi anda sendiri. Yang pasti dengan adanya google trends ini akan memudahkan anda untuk menulis konten yang unik,menarik dan juga simpel.

c. Menggunakan Ide atau Prediksi Pribadi

Nah kemudian yang ketiga dalam membidik kata kunci untuk artikel di blog adalah dengan menggunakan ide atau prediksi secara pribadi. Biasanya cara ini sering kali saya lakukan untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan konten yang akan saya bahas.

Namun sayang sekali kalau cara ini memang hanya bisa diterapkan untuk para blogger profesional atau blogger yang sudah paham betul cara membidik kata kunci yang sesuai. Tidak usah khawatir, anda juga bisa membidik kata kunci dengan prediksi diri sendiri.

Caranya mudah sekali. Jangan memikirkan terlebih dahulu apakah konten artikel yang akan anda buat nanti bisa nangkring dihalaman pertama atau tidak. Yang anda pikirkan cukup judul konten artikel yang akan anda buat.

Buatlah judul artikel yang menarik, unik dan menggunakan variasi beberapa kata kunci yang paling sering diketikan. Dengan begitu nantinya anda akan sukses membuat sebuah artikel tanpa melakukan riset sama sekali tapi hasilnya bagus di Internet.

Cara ini sering kali digunakan oleh blogger-blogger yang sudah berpengalaman cukup dalam dalam dunia Blogging. Tinggal bagaimana anda mau mempelajarinya atau tidak.

d. Referensi dari Keyword Planner

Kemudian yang keempat dalam menentukan keyword untuk artikel di blog adalah dengan mencari referensi dari Keyword planner. Penggunaan Google keyword planner ini menurut saya pribadi sangat baik untuk dilakukan.

Dengan adanya Google keyword planner kita akan lebih mudah dalam menentukan kata kunci yang akan kita gunakan untuk membuat artikel. Untuk kamu yang masih belum mengerti apa itu Keyword planner dan untuk apa penggunannya silahkan langsung saja baca artikel saya mengenai cara penggunaan Keyword planner untuk menentukan kata kunci dalam pembuatan konten artikel.

Baca Juga :Tips Riset Kata kunci Yang Tepat Dengan Menggunakan Keyword Planner

Nah sekarang yang kita bicarakan apakah penggunaan Keyword planner ini cukup akurat dalam membidik kata kunci yang kita cari ? Jawabannya tergantung dari situasi kita pada saat mencarinya.

Kalau anda memang sangat membutuhkan informasi yang ada di Google keyword planner maka bisa dianggap bahwa penggunaan Tools ini sangat penting dan hasil yang diberikan bisa jadi sangat akurat.

Nah terus seperti apa untuk penggunaanya nanti ? Untuk penggunaannya nantinya bukan dilihat informasi kata kunci paling tinggi tapi dilihat variasi kata kunci yang bisa dibuat. Dengan begitu anda sudah bisa menentukan kata kunci paling baik untuk digunakan dalam proses pembuatan artikel nantinya.

e. Menggunakan Kata kunci paling Populer

Kemudian yang terakhir adalah dengan menggunakan kata kunci paling populer, cara ini merupakan cara terakhir yang bisa anda lakukan ketika anda sudah tidak punya ide lagi untuk menulis konten artikel dengan menggunakan kata kunci.

Dengan memanfaatkan pencarian Populer dan dijadikan sebagai variasi kata kunci atau keyword. Maka saya anggap cara ini cukup simpel namun tidak akurat.

Nah sahabat blogger, itulah beberapa cara untuk membidik kata kunci untuk artikel di blog. Semoga cara-cara diatas bisa menjadi referensi tersendiri bagi sahabat blogger dalam menentukan kata kunci yang tepat sebelum menulis artikel.

Yang pasti semua cara diatas mempunyai kelebihan dan juga kekurangan sendiri-sendiri baik dari tingkat pencarian yang diberikan dan tingkat keakuratan kata kunci yang ditampilkan. Semoga cukup membantu dan terimakasih sudah berkunjung sahabat blogger.

Leave a Reply