5 Tips Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online Yang Wajb Diterapkan

Moriuz.com – Tips Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online. Smartphone saat ini sudah menjadi fasilitas utama bagi para pelaku bisnis online. Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen, smartphone juga banyak digunakan sebagai alat untuk mempromosikan produk yang akan di pasarkan atau dijual oleh pelaku bisnis online. Baik produk bisnis berbentuk jasa maupun bisnis penjualan barang.

Mengapa demikian? Karena dalam memasarkan suatu produk yang akan dijual, biasanya seorang pelaku bisnis online maupun pembisnis offline harus giat dalam melakukan promosi. Promosi seperti apa yang harus dilakukan seorang pembisnis online atau internet marketing tersebut?.

Dalam strategi promosi tidak bisa ditentukan secara pasti karena masing-masing mempunyai strategi yang berbeda- beda. Walaupun demikian beberapa strategi promosi yang umum dilakukan oleh seorang internet marketing salah satunya yaitu melalui perantara media online. Diantarnya seperti memasang iklan di situs pengiklan, menggunakan jasa situs review produk, share produk di media sosial dan menjual produknya menggunakan situs marketplace ternama.

Nah dengan begitu untuk melakukan promosi dalam sebuah bisnis online kita membutuhka yang namanya fasilitas atau alat. Biasanya salah satu alat atau fasilitas untuk menunjang kegiatan promosi tersebut, kita membutuhkan smartphone. Smartphone seperti apa yang dapat membantu kegiatan bisnis online tersebut?

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara memilih smartphone untuk bisnis online anda. Maksudnya kriteria smartphone seperti apa yang cocok digunakan untuk kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis online tersebut.

Dalam memilih smartphone untuk bisnis online, ada beberapa factor penting yang perlu di perhatikan. Factor yang dimaksud ialah mengenai spesifikasi smartphone itu sendiri. Bagaimana spesifikasi ponsel atau smartphone yang harus di pilih? Silahkan simak tips memilih smartphone atau ponsel berikkut ini:

Tips Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online Berdasarkan spesifikasi

1. Berdasarkan Sistem Operasi (OS)

Pertama dalam memilih ponsel yang cocok untuk kelangsungan bisnis online dapat di lihat berdasarkan Sistem Operasinya (OS). Perlu di ketahui sistem operasi yang diterapkan pada smartphone sekarang ini diantaranya: Android, iOs, dan windows Mobile. Ketiga OS tersebut dalam kinerja dan fitur mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing- masing. Selain itu ketiga Os ini  juga yang umum diterapkan oleh produsen- produsen dalam memproduksi smartphone saat ini.

Lantas OS yang mana cocok untuk kelancaran bisnis online itu sendiri? Pilihlah Os yang mudah digunakan, support dengan aplikasi- aplikasi pendukung yang gratisan.
Jika saya boleh merekomendasikan, saya lebih memilih OS Android. Karena banyak aplikasi pendukung yang gratis yang tersedia di platform android.

2. Berdasarkan Kapasitas RAM

Dalam Memilih smartphone untuk bisnis online anda, ada Komponen penting yang harus diperhatikan. Komponen yang dimaksud salah satunya adalah Kapasitas RAM. Definisi ram secara detil anda dapat kunjungi situs Wikipedia.

Namun akan saya jelaskan sedikit mengenai fungsi Ram dalam sebuah smartphone. Dalam sebuah smartphone, secara kinerjanya RAM berfungsi untuk membantu kecepatan proses kinerja. Misalnya seperti dalam menjalankan aplikasi, proses mengcopy file atau data, browsing dan kinerja lainnya yang dilakukan pada smarphone tersebut. Semakin besar kapasitas ram pada sebuah smartphone atau ponsel maka semakin cepat kinerja smartphone itu sendiri. Untuk masalah kecepatan pada sebuah smartphone sebenarnya bisa dipadukan dengan kapasitas prosesor.

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai fungsi RAM dalam smartphone. Tetapi jika anda ingin mengetahui definisi dan fungsi RAM secara detil silahkan kunjung disitus- situs terpercaya yang membahas mengenai smartphone ata bisa kunjung situs seperti Wikipedia.

Lantas RAM berkapasitas berapa Gb yang mesti di pilih untuk membantu kelangsungan bisnis online tersebut. Intinya semakin besar kapasitas ram maka semakin bagus untuk digunakan dalam bisnis online anda. JIka saya boleh merekomendasikan pilihlah RAM yang berkapasitas diatas 3 GB.

3. Berdasarkan Kamera

Factor yang penting untuk memilih smartphone untuk bisnis online anda berikutnya adalah Kualitas kamera. Mengapa kamera menjadi salah satu yang mesti di perhatikan? Karena kamera akan sering digunakan untuk kegitan dalam berbisnis.

Misalnya jika bisnis online anda menjual fashion atau aksesories tentunya anda membutuhkan hasil gambar yang lebih bagus dan jernih. Kecuali jika anda mempunyai kamera berjenis SLR kamera dalam smartphone Sudah bukan hal terpenting lagi untuk kelangsungan bisnis online yang anda jalankan.

Tetapi jika kamera ini menjadi hal penting untuk anda saya rekomendasikan, pilih smartphone yang berkualitas kamera diats 13MP. lebih besar lagi lebih bagus.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Smartphone Di Online Shop, Wajib Anda Lakukan

4. Media Penyimpanan

Selanjutnya mengenai cara memilih smartphone untuk bisnis online,  yang mesti anda perhatikan juga ialah media penyimpanan. Ada dua jenis media penyimpanan yang biasanya ada dismartphone diantarnya, memory internal eksternal. Tentunya anda mengetahui fungsi dari media penyimpanan ini.

Perlu diketahui beberapa smartphone saat ini, ada yang menyediakan slot untuk memory eksternal dan ada juga yang tidak menyediakan. Namun saya lebih merekomendasikan untuk membeli smartphone yang tersedia slot memory eksternal yang support diatas 32 GB.

5. Daya Tahan baterai

Selain media penyimpanan, kapsitas daya tahan baterai juga merupakan factor penting yang mesti anda perhatikan. Semakin besar kapasitas daya tahan baterai dalam sebuah smartphone yang dipilih maka semakin bagus untuk mendukung kegiatan bisnis online anda. Mengenai ketahanan Baterai pada sebuah smartphone saya rekomendasikan untuk memilih baterai yang berkapasitas lebih dari 4000 mAh.

Demikian diatas beberapa tips memilih smartphone untuk bisnis online. Selain point diatas anda perlu perhatikan juga budget yang ada. Saya sarankan cari smartphone yang murah tapi multifungsi untuk bisnis online anda. Jangan melihat dari gaya dan merk paling ternama.

Semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda, silahkan share atau jika ada kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply