Tips Menentukan Kata Kunci yang Populer Untuk Pembuatan Konten

Tidak mudah sebenarnya menentukan kata kunci paling populer untuk digunakan dalam pembuatan konten artikel, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dengan benar ketika kita mencoba menuliskan artikel dengan banyak referensi.

Salah satu yang sering saya gunakan adalah dengan memanfaatkan berita di Tevelisi. Penggunaan kata kunci dalam penulisan konten bagi saya bisa penting dan juga tidak penting sama sekali untuk diterapkan.

Penting ketika saya membuat sebuah artikel yang mebutuhkan keyword tertentu sehingga bisa meningkatkan hasil pencarian di internet dan tidak penting ketika ingin membuat artikel tapi tingkat persaingannya cukup rendah.

Penggunaan keyword sendiri sebenarnya tergantung situasi anda pada saat itu juga. Anda ingin membuat konten yang kompetitornya sangat tinggi maka anda perlu menggunakan kata kunci yang tertarget.

Kalau anda ingin membuat konten artikel yang lemah persaingannya maka anda tidak perlu menggunakan banyak kata kunci atau sama sekali tidak menggunakan kata kunci di konten artikel.

Nah sahabat blogger penggunaan kata kunci pada umumnya dianggap penting untuk sebagian Blogger diluar sana. Tidak tahu apakah itu benar-benar penting atau hanya sebagai salah satu kewajiban pada saat menulis konten artikel.

Yang pasti semua pemikiran blogger itu berbeda-beda, ada yang menganggapnya penting dan ada juga yang tidak menganggapnya penting.

Nah sahabat blogger disini saya ingin berbagi informasi kepada kalian mengenai cara untuk menentukan kata kunci paling populer dalam pembuatan konten artikel. Berikut pembahasan yang saya berikan untuk teman-teman blogger :

Cara Menentukan Kata Kunci yang Populer 

a. Mencari referensi artikel dari Berita

Yang pertama adalah dengan mencari referensi artikel yang berasal dari Berita di Televisi. Mungkin teman-teman akan bingung kok mencari referensi artikel dari berita ? Apa bisa menemukan kata kunci ? Bukan semua berita bisa kita tulis yah teman-teman.

Berita yang saya maksud disini adalah berita yang cukup menyita perhatian masyakarat di indonesia. Misalnya saja berita yang selalu dikupas tuntas oleh semua saluran TV dan tidak ada berhenti-hentinya sama sekali.

Berita seperti itu yang kita kupas tuntas didalam blog kita. Sehingga ada banyak orang menjadi penasaran dan mencoba mencari di Internet. Cara seperti ini memang simpel untuk dilakukan dan cepat untuk didapatkan.

Tapi tidak selamanya juga kita bisa memanfaatkan berita di TV hanya untuk mencari topik bahasan yang tepat. Nah bagaimana dengan anda apakah cukup tertarik untuk menggunakan cara ini ? Ataukah anda mempunyai cara lain yang lebih simpel ? Mungkin masih banyak cara lain seperti dibawah ini.

baca juga: Teknik Optimasi SEO Untuk Blog Yang Benar Untuk Pemula [ LENGKAP ]

b. Manfaatkan blogwalking

Yang kedua untuk menentukan kata kunci dimulai dari memanfaatkan blogwalking mungkin anda bertanya-tanya apa sih itu Blogwakling dan untuk apa dilakukan.

Bukan blogger namanya kalau anda sama sekali tidak tahu dengan istilah blogwalking. Blogwalking sendiri merupakan istilah yang digunakan para blogger ketika mereka berkunjung ke blog tetangga.

Blog teman dan blog orang lain untuk mencari sumber belajar dan referensi tambahan. Para blogger sering kali melakukan hal ini untuk mendapatkan konten artikel yang menarik.

Kemudian mencari ide dalam menulis artikel dan adapula yang memanfaatkan kegiatan ini untuk mencari dan membangun sebuah backlink untuk blog mereka.

Yah semua punya tujuan sendiri-sendiri ketika melakukan blogwalking, nah untuk kamu yang penasaran dengan cara ini bisa mencobanya terlebih dahulu dengan berkunjung terus ke blog ini yah. Disini banyak informasi yang bisa anda ambil dan bisa anda gunakan sebagai referensi juga.

c. Menentukan Kata Kunci dengan Memanfaatkan Google Trends

Kemudian yang ketiga adalah dengan memanfaatkan Google Trends, Google trend sangat populer dikalangan para blogger khususnya yang ada di indonesia. Karena masih banyak sekali blogger pemula maupun yang sudah senior memafaatkan fitur ini dalam menentukan kata kunci untuk pembuatan konten.

Kenapa bisa seperti itu ? Blogger di Indonesia lebih suka mencarin konten artikel yang memiliki pembahasan lebih populer terlebih dahulu baru mulai menjadikannya sebagai bahan artikel kedepannya.

Menurut saya pribadi hal seperti itu wajar-wajar saja untuk dilakukan. Tapi kita juga perlu hati-hati dalam melakukan hal ini. Bukan berarti ketika kita mengambil kata kunci yang populer juga akan banyak orang yang berkunjung, itu tidak bisa terjadi begitu saja.

Bisa jadi kata kunci paling populer sudah dikuasai oleh blogger-blogger yang sudah profesional dan konten mereka sudah berhasil masuk ke page one Google. Tidak masalah jika kalian ingn menggunakan cara ini.

Tapi pikirkan kembali sisi negatifnya jika kalian salah mengambil topik bahasan. Lebih baik menganalisis lagi sehingga hasilnya benar-benar bisa maksimal dengan baik.

d. Memanfaatkan pencarian Lanjutan Google

 

Tips Menentukan Kata Kunci yang Populer Untuk Pembuatan Konten

Hasil pencarian google lanjutan (sugest)

Kemudian yang keempat ini merupakan salah satu cara yang juga sering kali saya lakukan ketika ingin menulis sebuah konten artikel untuk blog baru saja.

Menggunakan hasil pencarian suggest atau lanjutkan yang diberikan oleh Google penelusuran itu jauh lebih baik manfaatnya diketimbang melakukan prediksi sendiri loh sahabat blogger.

Kenapa saya katakan jauh lebih baik. Karena dengan memanfaatkan hasil pencarian lanjutan ini kita bisa menentukan kata kunci yang tetap sesuai dengan ketikan para pengunjung ketika mencari artikel di internet. Dari sinilah peluang kata kuncinya juga sangat rendah sehingga bisa kita gunakan kapan saja.

Mungkin sebelum menulis konten artikel alangkah lebih baiknya kalau anda mengumpulkan terlebih dahulu kata kunci lanjutkan untuk dijadikan bahan penulisan konten artikel kedepannya. Nah silahkan langsung saja dicoba dengan mencari kaat kunci yang sesuai dengan apa yang ingin anda bahas.

e. Mencari kata kunci dari populer post

Yang kedua adalah dengan mencari kata kunci paling populer menggunakan bantuan widget populer post. Untuk saat ini populer post memang sering kali dijadikan sebagai salah satu referensi untuk mencari sumber kata kunci terbaik.

Dengan memanfaatkan populer post kita bisa menentukan kata kunci dengan baik. Sehingga pada saat menulis artikel kita tahu mau kemana arah konten artikel yang sedang kita buat ini.

Dari mana anda bisa mendapatkan kata kunci dari populer post ini. Bisa jadi langsung pada blog anda sendiri dan juga dari kegiatan Blogwakling/ blog orang lain yang sesuai dengan niche blog yang sama.

Nah itulah beberapa tips untuk mencari kata kunci paling populer. Dengan menggunakan berbagai jenis cara yang sifatnya mungkin hanya bisa dikuasai sebagian orang atau anda sendiri dan adapula yang semuanya anda kuasai. Tergantung seperti apa jenis kata kunci yang paling anda pahami dengan baik.

Saya banyak merekomendasikan kepada teman-teman blogger. Baik dari blog ini maupun dari Grub di facebook untuk menggunakan bantuan dari google penelusuran lanjutan yang terletak dipaling bawah sendiri. Cara ini cukup berhasil untuk mendapatkan kata kunci yang tertarget.

Ok sahabat blogger semoga konten artikel ini bisa menjadi inspirasi dalam menentukan kata kunci terbaik pada saat anda ingin membuat konten artikel. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru kami yah

Tags:

Leave a Reply