Bagaimana Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Memory Internal?

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus – Pada era sekarang ini hampir semua orang mempunyai smartphone. Dari sekian banyak pengguna smartphone diantara meraka menggunakan smartphone dengan sistem operasi android. Namun seperti yang telah banyak terjadi.

Dari beberapa pengguna pernah mengalami kehilangan data pada smartphone yang digunakannya. Dengan demikian hal ini menjadi suatu masalah bagi pengguna smartphone, terutama bagi pengguna yang masih awam dalam menggunakan smartphone android.

Ketika kita mulai kehilangan data pada smartphone biasanya rata- rata pengguna melakukan recovery data untuk mengembalikan data dalam smartphone tersebut. Memang tindakan ini bukan hal yang sulit bagi pengguna yang mempunyai pengetahuan cukup tentang smartphone. Namun tentunya akan menjadi hal yang sulit bagi pengguna yang masih awam atau orang yang tidak mempunyai pengetahuan di bidang tersebut.

Nah kali ini saya akan berbagi tutorial untuk mengembalikan data yang terhapus atau recovery data yang hilang di smartphone yang digunakan.

Dalam tutorial kali ini saya akan berbagi cara mengembalikan data yang terhapus di memory internal pada sebuah perangkat android. Perlu diketahui dalam sebuah smartphone ada dua jenis tempat penyimpanan data, diantaranya memory internal dan memory eksternal.

Apa itu memory internal? Memory internal adalah media penyimpanan yang sudah disediakan sebelumnya dalam perangkat smartphone itu sendiri (memory bawaan).

Nah bagaimana caranya untuk mengembalikan data yang terhapus di mermory internal?

Seperti biasanya untuk recovery data atau mengembalikan data yang terhapus di memory internal kita membutuhkan sebuah aplikasi recovery data. Aplikasi yang digunakan dalam pembahasan kali ini saya akan menggunakan aplikasi EaseUS MobiSaver for Android.

Mengapa saya menggunakan aplikasi EaseUS MobiSaver for Android? Karena aplikasi tersebut mempunyai beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan dari softwart atau aplikasi ini yaitu mampu untuk mengembalikan data yang terhapus di memory internal dan di memory eksternal.

Aplikasi EaseUS MobiSaver for Android merupakan aplikasi yang dapat digunakan memulihkan data atau mengembalikan data yang terhapus dan hilang. Jenis file yang dapat di pulihkan dengan aplikasi ini diantaranya foto, kontak, video, music dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan aplikasi EaseUS MobiSaver kita bisa unduh di situs resminya. Aplikasi ini berbayar namun anda jangan khawatir karena disediakan versi free trialnya. Jadi kita bisa memanfaatkan EaseUS MobiSaver versi trialnya untuk merecovery data pada smartphone kita.

Berikut langkah langkah mengembalikan data yang terhapus di memory internal menggunakan EaseUS MobiSaver:

  1. Peratama download Aplikasi EaseUS MobiSaver di situs resm www.easeus.com.
  2. Install dan jalankan aplikasi EaseUS MobiSaver di laptop atau pc anda.
  3. Hubungkan perangkat android yang akan di recovery datanya ke pc/ laptop.
  4. Klik tombol start. Perlu diketahui aplikasi ini dapat bekerja pada perangkat smartphone yang sudah di root.
  5. Scan atau pindai, hal ini untuk menemukan file yang hilang atau terhapus pada perangkat smartphone anda.
  6. Jika sudah selesai di scan anda akan melihat file- file dari hasil scan tersebut. Diantara file atau data tersebut anda bisa seleksi file- file yang terhapus atau hilang.
  7. Untuk meng eksekusi silahkan kill tombol “recovery”. Dan pilih lokasi folder untuk menyimpan file hasil recovery tersebut. Jangan lupa untuk seleksi file- file yang anda butuhkan saja karena semakin sedikit file yang akan di recovery maka akan lebih cepat kinerja dalam proses recovery ini.

Nah demikian beberapa langkah untuk mengembalikan data yang terhapus di memory internal pada perangkat smartphone android. Jika bermanfaat silahkan share di akun media sosial anda. terimaksih.

Leave a Reply