Inilah Cara Mereset Printer Canon MG2570 Error 5B00 Tanpa Aplikasi Reseter

Cara Mereset Printer Canon MG2570 Error 5B00 – MG2570 merupakan salah satu seri printer keluaran Canon. Printer ini didesain sedemikian rupa untuk melakukan kegiatan cetak dengan intentensitas sedang.

Namun pada kenyataannya banyak MG2570 justru dipakai untuk keperluan kerja yang intensitas percetakannya tergolong tinggi. Oleh sebab itu sering kali printer Canon MG2570 ini mengalami full IC Counter. Sama seperti printer-printer keluaran sebelumnya,

Canon MG2570 juga harus dilakukan reset IC untuk mengembalikan IC ke posisi nol agar siap digunakan kembali. Jika biasanya anda dapat mereset printer menggunakan software resetter, maka hal ini tidak berlaku untuk printer Canon MG2570. Pasalnya belum ada software yang dapat digunakan untuk mereset IC printer ini.

Mungkin anda pernah mendengar atau membaca dari seseorang bahwa software bernama Resetter V3400 dapat digunakan untuk mereset printer Canon MG2570. Namun pada kenyataannya software ini tidak bisa melakukannya. Saat anda mereset menggunakan Resetter V3400, maka software tersebut akan mengalami Not Responding.

Baca Juga: Masalah Error P07 dan E08, ini Cara Jitu Reset Printer Canon MG2270, MG2170, dan MG5270

Karena tidak ada software yang bisa mereset printer canon MG2570, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan reset secara manual. Yakni mengganti IC508 pada printer dengan IC yang baru. Berikut langkah-langkah melakukan reset pada MG2570.

Mereset printer Canon MG2570 Tanpa Aplikasi

  • Pertama bongkar beberapa bagian printer untuk mengambil boardnya.
  • Setelah itu lepas IC508 yang mengalami error 5B00 dan ganti dengan IC yang baru yang bisa anda beli di toko online sparepart printer
  • Pasang IC508 yang baru dengan menggunakan blower/solder uap (jangan lupa saat melepasnya gunakan solder uap juga)
  • Setelah terpasang, rakit kembali printer dan kembalikan board pada tempatnya.
  • Printer siap digunakan kembali.

IC508 sendiri adalah sebutan lain dari IC Counter. Bagian ini memiliki fungsi untuk menghitung berapa kali printer melakukan pencetakan. IC ini juga memiliki batas maksimal dimana jika batas ini sudah tercapai maka IC akan mengalami error B500.

Error ini dapat diatasi dengan cara melakukan reset pada IC. Untuk mereset sendiri, terdapat dua cara yakni dengan software dan secara manual.

Itulah langkah-langkah mereset printer Canon MG2570. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Save

Save

Leave a Reply